Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Ebook “BERDAMAI DENGAN BIPOLAR”

    


Hari Senin, 2 Januari 2012, ebook “BERDAMAI DENGAN BIPOLAR” resmi dirilis.

Pertanyaan-Pertanyaan tentang Bipolar :
  • Apa dan bagaimana sebenarnya Gangguan Bipolar?
  • Seperti apa rasa (sakitnya) mengalami Gangguan Bipolar?
  • Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
  • Bagaimana cara orang lain mengatasi Gangguan Bipolar?
  • Bagaimana meyakinkan orang terdekat bahwa anda mengalami Gangguan Bipolar?
  • Jika anda Bipolar, bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
  • Jika anda Bipolar dan orang-orang terdekat tidak memahami anda, bagaimana menyikapinya?
  • Jika orang yang anda cintai mengalami Gangguan Bipolar, Apa yang sebaiknya anda lakukan?

Ebook ini mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Mencoba memberi solusi dari masalah-masalah yang dihadapi teman-teman ODB dan keluarganya.

Karena, saya merasa selama ini apa yang saya sampaikan kepada mereka belum memadai, hanya penjelasan sepotong-sepotong.

Apakah jawaban dan solusi yang diberikan ebook ini akan memuaskan? Saya tak akan mengumbar janji di sini. Anda sendiri yang bisa menilainya setelah membaca ebook ini


Materi Ebook

Ebook ini terdiri dari 5 bagian :

  • Bagian 1 : Devinisi Bipolar, menjelaskan secara singkat pengertian gangguan kejiwaan secara umum dan gangguan bipolar secara khusus.
  • Bagian 2 : Opini Bipolar, menampilkan beberapa opini tentang bipolar.
  • Bagian 3 : Curhatku, menceritakan bagaimana saya mengenali, memahami, mengelola dan mengatasi bipolar.
  • Bagian 4 : Curhat Sahabat, menceritakan pengalaman pribadi beberapa teman ODB mengelola dan mengatasi bipolar dengan caranya masing-masing yang unik dan inspiratif.
  • Bagian 5 : Solusi Bipolar, menjelaskan beberapa solusi penanganan bipolar, baik solusi medis maupun non medis.

Saya berharap, setelah membaca ebook ini, anda bisa memahami gangguan bipolar dari beberapa sudut pandang. Anda juga akan memiliki pemahaman yang lebih jernih dan proporsional tentang bipolar.


Tim Editor

  • Prof. Dr. Ling Tan, Professor of Psychiatry di Pennsylvania Psychiatric Institute & Pennsylvania State University
  • Yeni Rosa Damayanti, Ketua Umum PJS (Perhimpunan Jiwa Sehat)
  • Bagus Utomo, Ketua Umum KPSI (Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia)
  • dr. Tika Prasetiawati, Aktivis Keswa
  • Arie Dabo (Arie Qurniawan), Penyandang Bipolar yang Tak Pandai Menyerah
  • Aniek Wijaya, Teman Dekat Bipolar


Kata Pengantar

Pengantar ahli untuk ebook ini ditulis oleh seorang psikiater yang sangat aktif menulis di berbagai media (online maupun offline), Dr. Andri, SpKJ, Penanggung Jawab Klinik Psikosomatik RS OMNI, Alam Sutera.


Kontributor

Beberapa teman facebooker dan blogger (tulisan, catatan, status fb, obrolan dan komentarnya) menjadi bagian dari ebook ini. Diantara mereka adalah :
Juminten Larasati, Inilah Diriku, Dian Nugraha, Dee Wardani, Veronica, Robi Krucil, Arie Dabo, Heri Pureness, Islandria Gobed, Kristi Swastiani dan Elma Marviani, Ana Geboy, Michael Comes Back dan Anto SG (ilustrasi).


Testimoni

Apa pendapat ODB, keluarga ODB, Blogger, aktivis dan professional keswa tentang ebook ini?

Saya sangat bangga dengan Anda yang bisa berdamai dengan Gangguan Bipolar, resiliensi. Menstigma diri sendiri tidak terdapat dalam kamus Anda, luar biasa. Anda mampu mengendalikan gangguan bipolar bukan sebaliknya (penyakit yang mengendalikan), salut untuk Anda.

Anda aktif membangun identitas yang positif sehingga Anda mempunyai perasaan positif terhadap diri sendiri, oh oh hebatnya. Anda gigih membuat tujuan atau aktivitas yang bermakna sehingga hidup Anda penuh makna, tidak sia-sia.

Selalulah yakin bahwa kehidupan yang berbahagia selalu milik Anda. Semoga sikap Anda menginspirasi teman-teman yang lain sehingga mereka mengikuti jejak Anda. Jangan pernah kehilangan harapan. Berusahalah selalu mengembangkan ketrampilan dan menggapai kesembuhan.

Jangan lupa kontrol yang teratur ke dokter Anda he..he.. Anda tidak sendiri, Kami selalu bersama Anda. Saya ingin sekali berjumpa Anda. Selalu lah berada dalam kelompok karena dukungan dari teman kelompok yang berkesinambungan, besar manfaatnya.

Berdoalah selalu kepada YMK, karena Dia lah Sang Penyembuh, Amiin.


Dr. dr. Nurmiati Amir SpKJ(K),
Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta.



Pertama-tama saya mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas karya Tarjum penulis ebook ini yang juga seorang yang mengalami gangguan bipolar atau dulu dikenal dengan gangguan manik depresif.

Ini membuktikan bahwa orang dengan gangguan bipolar adalah luar biasa, orang jenius dan penuh talenta bila dia mendapatkan terapi yang komprehensif. Tidak hanya obat saja, tetapi juga terapi psikososial serta dukungan dari keluarga dan teman-teman yang mencintainya, maka dia akan mengalami pemulihan yang sempurna.

Ebook ini informatif sekali dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga dapat menjadi solusi terhadap berbagai kebingungan, keputus-asaan bagi orang maupun keluarga yang sudah didiagnosis dengan gangguan bipolar.

Saya berharap ebook ini juga dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kesadaran orang dengan bipolar, keluarga maupun masyarakat luar, sehingga stigma yang selama ini melekat pada orang dengan gangguan bipolar semakin hari semakin berkurang.


dr. Eka Viora, SpKJ,

Kepala Pusat Inteligensia Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI
Jln HR Rasuna Said Blok X5 Kav 4-9 Jakarta
email: ekaviora@yahoo.com, HP: 08161464070



Ebook ini bukan hanya penting dibaca oleh pasien dan keluarga pasien gangguan bipolar, tetapi juga oleh para profesional di kalangan kesehatan jiwa dan psikiatri agar lebih memahami apa yang dialami oleh para pasien gangguan bipolar.

Saya yakin ebook ini akan sangat bermanfaat sebagai penambah khasanah pustaka terkait gangguan jiwa khususnya gangguan bipolar.


Dr. Andri, SpKJ,
Penanggung jawab Klinik Psikosomatik RS. OMNI, Alam Sutera.


Andaikata boleh memilih, tidak ada seorangpun di dunia ini yang mau mengalami gangguan bipolar ataupun gangguan jiwa lainnya. Namun, jika kita memang telah digariskan untuk hidup dengan bipolar maka penyesalan, ratapan, keluh-kesah dan keputus-asaan bukanlah sebuah jawaban. Bangkit, berusaha pulih dengan ikhtiar maksimal dan menaikkan selaksa do'a kepada Tuhan Yang Maha Segala adalah solusi terbaik.

Ikhtiar maksimal tentunya harus dilandasi dengan pengetahuan tentang prosedur pemulihan yang benar. Saya, pernah kehilangan hampir seluruh hidup saya karena 'ketidaktahuan'. Saat itu saya dan orang terdekat saya tidak terpapar pengetahuan kesehatan jiwa.

Terapi medis adalah gerbang pemulihan. Tentu saja selanjutnya harus didukung dengan terapi-terapi lainnya seperti psikoterapi, pendekatan spiritual, aktivitas yang menyenangkan (kalau bisa) yang produktif juga, sosialisasi dan lain-lain. Selain itu, dukungan dan pendampingan yang dilakukan oleh keluarga ataupun orang terdekat sangatlah penting.

Melalui ebook ini saudara Tarjum berusaha berbagi pengetahuan mengenai gangguan bipolar. Juga tip-tip bagaimana berdamai dengannya.

Bagi rekan-rekan sesama penyandang gangguan bipolar, ebook ini bisa dijadikan referensi untuk lebih mengenali diri dan belajar mengelola gejala-gejala yang dialami. Semoga bisa menjadi pemacu semangat untuk bangkit dan berusaha pulih maksimal. We're not alone!

Dan bagi keluarga, pacar atau pasangan penyandang gangguan bipolar, ebook ini bisa membawa anda semakin memahami apa yang dialami dan dirasakan 'sang' penyandang. Sehingga selanjutnya bisa memberikan 'unconditional acceptance' alias menerima apa adanya. Memberikan motivasi bukan tuntutan, memberikan pendampingan bukan penghakiman.


Aniek Wijaya



Charles Baudelaire. Ludwig van Beethoven. Richard Dreyfuss. Paul Gascoigne. Mel Gibson. Linda Hamilton. Axl Rose. Sidney Sheldon. Frank Sinatra. Mike Tyson. Jean-Claude Van Damme. Vincent van Gogh. Catherine Zeta-Jones.

Anda tahu kesamaannya antara mereka? Mereka sama-sama didiagnosa penyandang bipolar. Mereka semua, kita tahu, adalah orang-orang yang hebat di bidang masing-masing.

Orang-orang penyandang bipolar hebat itu juga ada di sekitar kita. Dalam e-book ini Anda diajak menyelami perjuangan para penyandang bipolar di tanah air, termasuk Tarjum (sahabat saya) yang penulisnya sendiri, yang secara berani, jujur dan terbuka, telah bertutur tentang apa yang mereka alami sebagai penyandang bipolar.

Kita dipandu untuk membuka wawasan dan pembelajaran betapa kondisi diri yang menakutkan dan kadang membingungkan itu, justru memacu mereka untuk mencari solusi. Tidak mudah, tetapi juga tidak mengenal kata menyerah. Akhirnya, mereka mampu membalikkan kondisi tersebut menjadi prestasi yang patut kita kagumi. Termasuk hadirnya e-book yang sarat inspirasi dan sarat manfaat ini.


Bambang Haryanto,
Blogger dan penulis humor politik.
Menulis buku Komedikus Erektus : Dagelan Republik Kacau Balau (2010) dan Komedikus Erektus : Dagelan Republik Semangkin Kacau Balau (2012).
Tinggal di Wonogiri. Blog : komedian.blogspot.com.


Berapa Harga Ebook ini? Dan Bagaimana cara mendapatkannya?


Harga ebook “Berdamai dengan Bipolar”

Ebook dengan tebal 50 – 200 halaman biasanya dijual dengan harga antara Rp. 100.000,- s/d Rp. 500.000,-.

Tapi saya tak akan menjual ebook semahal itu. Ebook setebal 198 halaman ini saya jual dengan harga yang sangat terjangkau.


Anda hanya perlu membayar : Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah)


Meski dijual dengan harga yang murah, ebook ini bukan barang murahan lho :). Saya lebih mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas.


Bagaimana cara mendapatkan ebook ini?

Sangat mudah dan praktis!

Anda tinggal transfer ke rekening :


BANK MANDIRI
Cabang Kalijati-Subang
a/n TARJUM
No. Rek. 132-00-1097739-6

Untuk memudahkan identifikasi transfer, tambahkan tiga angka terakhir nomor handphone Anda pada jumlah yang ditransfer. Contohnya, bila nomor handphone Anda 085221074133, maka jumlah yang Anda transfer adalah Rp.50.133,-

Setelah transfer, segera konfirmasi pembayaran via email sivalintar@yahoo.com dengan subjek: “Pembayaran Ebook Bipolar” atau sms ke 085221074133. Sertakan nama dan alamat email.

Ebook akan dikirim via email paling lambat dalam waktu 2 x 24 jam setelah konfirmasi pembayaran.

Praktis dan mudah bukan?

Anda bahkan tak perlu beranjak dari ruang kerja atau rumah anda.
Anda bisa memesan, membayar dan membaca ebook ini langsung dari PC atau laptop anda!

Saya tunggu konfirmasi anda di sivalintar@yahoo.com.

Demikian pemberitahuannya, terima kasih.


Subang, 2 Januari 2012
Salam Sehat Jiwa,

Tarjum
Curhatkita & Solusibipolar



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 23 komentar ke “Ebook “BERDAMAI DENGAN BIPOLAR”
Anonim mengatakan...

bagus lah Pak Tarjum semoga bermanfaat. Bagi Bidang PSIKIATRI agar tidak menambahi mengada-ada dlm mengkategorikan penyakit mental, saya kuatir nanti PSIKIATRI akan jadi paling buanyaaak didunia yg memiliki istilah "penyakit", sehingga menjadi kesulitan tersendiri bagi kita semua. dan juga tak kalah pentingnya tentu menjadi sasaran yg tak jelas utk orang yg normal menjadi masuk ke "tak Normal".

Tarjum on Senin, 02 Januari 2012 21.25.00 WIB mengatakan...

Anonim,
Makasih atas kunjungan dan apresiasinya. Saya berharap ebook ini bisa memberikan sumbangan informasi dan pemikiran tetang solusi penanganan problem psikologis khususnya bipolar.

RiMuTho on Selasa, 03 Januari 2012 15.41.00 WIB mengatakan...

bipolar itu apa sih pak?

Tarjum on Selasa, 03 Januari 2012 20.39.00 WIB mengatakan...

RiMutho,
Tentang bipolar, silakan anda bacar di link ini : http://www.solusibipolar.com/2011/10/apa-itu-gangguan-bipolar.html

Dan baca juga artikel-artikel tentang bipolar di blog ini.

Ilham on Sabtu, 07 Januari 2012 17.10.00 WIB mengatakan...

yah, ndak gratis ya kang.. :(

Tarjum on Senin, 09 Januari 2012 08.07.00 WIB mengatakan...

Ilham,
Maunya yang gratisan aja :)
Software pun klo yang gratisan biasanya gak power full atau hanya untuk uji coba 30 hari, iya kan?
Emang sih tidak semua yang gratisan jelek. Tapi tentu saja yang berbayar lebih bagus dari yang gratisan.

Lagian harganya gak mahal kan, sama dengan harga buku cetak :)

Anonim mengatakan...

Assalamualaykum Pak Tarjum
Berapa lama bipolar dapat sembuh ketika terdiagnosa pada umur 35 tahun ternyata penderita ini baru mengetahuinya setelah berobat ke psikiater dilihat dari semua gejala menunjukkan ke arah gangguan bipolar.Psikiater yg menangani penderita bipolar ini selalu mengatakan "Jangan terlalu memikirkan,pasrahkan selalu pd Allah SWT".

Anonim mengatakan...

Assalamualaykum Pak Tarjum
Berapa lama bipolar dapat sembuh ketika terdiagnosa pada umur 35 tahun ternyata penderita ini baru mengetahuinya setelah berobat ke psikiater dilihat dari semua gejala menunjukkan ke arah gangguan bipolar.Psikiater yg menangani penderita bipolar ini selalu mengatakan "Jangan terlalu memikirkan,pasrahkan selalu pd Allah SWT".

Tarjum on Rabu, 18 Januari 2012 20.51.00 WIB mengatakan...

Soal berapa lama bipolar bisa disembuhkan, itu tak bisa ditentukan. Tergantung tingkat gangguannya dan terapi/pengobatan yang dijalani.

Pasrah kepada Tuhan memang keharusan. Tapi kita juga harus ikhtiar untuk meraih kesembuhan. Ikhtiar maksimal, berdo'a dengan sabar dan ikhlas, lalu bertawakal kepada-Nya.

Coba konsultasi dengan psikiater yang lain. Mungkin akan mendapatkan saran dan terapi yang lebih baik.

Anonim mengatakan...

selamat mas Tarjum, saya tidak yakin anda telah menderita seperti yg diistilahkan diagnosis itu, ternyata anda sangat kreatif dan imajinatif yg berarti ini diatas kemampuan rata2 orang, lupakan semua diagnosis itu, semua orang2 terkenal yg hebat2 konon mengalami diagnosa itu, ah.. itu hanya keunikan watak seseorang bukan disorder atau illness... selamat buang jauh jaket bipolar anda

Anonim mengatakan...

apa ada istilah kejiwaan monopolar, bipolar dan multipolar??

Anonim mengatakan...

saya mengalami bipolar 26 tahun, rasanya hanya bisa sembuh dengan NARKOBA resep

Tarjum on Rabu, 18 April 2012 21.40.00 WIB mengatakan...

@anonim, saya tak tahu pasti soal ada tidaknya istilah gangguan kejiwaan monopolar atau multipolar. yang populer emang bipolar. tapi semua itu sebenarnya kan cuma istilah untuk memudahkan identifikasi jenis gangguan kejiwaan..:)

@anonim2, wah lama sekali ya 26 tahun...saya aja yang 5 tahun terasa sangat lama. Hemat saya jangan memvonis diri seperti itu. masih banyak jalan penyembuhan yang bisa kita tempuh. Untuk mencapai puncak gunung kan gak hanya dengan satu jalur pendakian, ya gak. Semangat sob :D

Anonim mengatakan...

Bipolar = minum Abilify, ada pertanyaan dulumana Abilify dg bipolar?? setau saya abilifi muncul dulu baru bipolar dimunculkan..,.. sungguh ilmu yg sama sekali ga ilmiyah, ada karena diada-adakan,. mengada-ada

Anonim mengatakan...

wah senang nya membaca
semoga bisa berguna bagi kita yang bipolar ni

Muhammad Adam Hussein on Senin, 15 Oktober 2012 06.37.00 WIB mengatakan...

sangat bermanfaat, sepertinya, sayang enggak gratis, hehe.

Tarjum on Senin, 15 Oktober 2012 11.49.00 WIB mengatakan...

Barang gratisan biasanya dianggap murahan atau kurang bernilai. walaupun banyak juga ebook gratis yang bermutu.
Ebook ini bukan ebook murahan, karena itu gak gratis..:D

Dyta on Rabu, 16 Januari 2013 16.28.00 WIB mengatakan...

Ass. Hy kak Tarjum. Sy tertarik dgn tulisan Anda krn membahas ttg penyakit bipolar. Mmg bukan hal mudah utk melawan penyakit ini, krn sy jg sedang berjuang mengatasi bipolar sy. Mudah2an Ebook dan buku terbitan Anda sdh ada di toko buku Gramedia kota tempat tinggal sy. Beberapa komentar yg sy baca, tdk meyakini testimoni Anda telah sembuh dari bipolar tanpa pengobatan dari psikiater. Menurut sy tdk ada yg tdk mungkin bagi Allah swt. termasuk kesembuhan Anda.

Ika Mardiah on Senin, 21 Januari 2013 14.28.00 WIB mengatakan...

Kang Tarjum, saya siap beli ya. Saya sangat mengapresiasi adanya e-book ini. Luar biasa, dan pembaca sangat dimudahkan. Terimakasih.

Tarjum on Senin, 28 Januari 2013 07.34.00 WIB mengatakan...

@Dyta, Makasih atas apresiasinya untuk buku dan ebook saya. Buku “Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah” bisa dibeli di tb. Gramedia di seluruh Indonesia, klo stoknya masih ada. Di beberapa tb. Gramedia Jakarta dan Bandung sudah habis.
Ebook “Berdamai dengan Bipolar” bisa dibeli langsung secara online (caranya lihat di bag. Atas halaman blog ini).

@Ika, makasih atas kepercayaanya untuk membeli dan membaca ebook saya. Semoga ebooknya bermanfaat untuk banyak orang.

PAK JORDAN DI PALEMBANG on Minggu, 01 Juni 2014 22.52.00 WIB mengatakan...

Ass.wr.wb...aku ingin berkomentar sekaligus mencurahkan isi hati,aku ini cuma seorang sopir angkot,yang pendapatannya tidak seberapa yang tidak bisa memenuhi kebutuhan keluarga saya sehari2,atas bantuan MBAH MACENNING saya sekaran sudah punya usaha kecil2an,dan saya juga sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya itu semua berkat bantuan MBAH yang memberikan angka 4D alhamdulillah berhasil dapat 125jt..bagi saudarah2 penggemar togel ingin merasakan kemenangan ini solusi yang tepat lansung hubungi 0852-4283-2547 MBAH MACENNING nomor ritual MBAH MACENNING memang selalu tepat dan terbukti.

hermi rosalinda on Jumat, 16 Januari 2015 18.58.00 WIB mengatakan...

Angka Ramalan, Jitu Dan Akurat SGP/HKG 2d 3d 4d yang bisa anda menangkan eyang woro manggolo di 082-391-772-208 Atau angka yang di berikan eyang benar2 jebol langsung 6D tak saya sangka saya menang 250 jt sudah 3 kali putaran berturut-turut saya menang sudah banyak yang lain tapi tidak ada bukti hanya eyang lha yang bisa membuktikan angka nya eyang saya sangat berterimah kasih eyang.

hermi rosalinda on Selasa, 20 Januari 2015 18.52.00 WIB mengatakan...

Angka Ramalan, Jitu Dan Akurat SGP/HKG 2d 3d 4d yang bisa anda menangkan eyang woro manggolo di 082-391-772-208 Atau angka yang di berikan eyang benar2 jebol langsung 6D tak saya sangka saya menang 250 jt sudah 3 kali putaran berturut-turut saya menang sudah banyak yang lain tapi tidak ada bukti hanya eyang lha yang bisa membuktikan angka nya eyang saya sangat berterimah kasih eyang.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial