Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

36 Cara Mengurangi Stres

    

Oleh : Anwariansyah

Jangan pernah mencemaskan masa depan. Jika anda cemas akan apa yang mungkin terjadi besok dan kemudian hal itu tidak terjadi, perasaan stres akibat kecemasan yang dirasakan menjadi sia-sia. Dan apabila apa yang dicemaskan menjadi kenyataan, berarti anda harus menanggung stres dua kali.

Sebagian orang stres karena mencemaskan masa depannya. Sedangkan sebagian yang lain stres karena menghadapi kenyataan yang tidak sesuai dengan harapannya. Dalam kenyataanya stres selalu berhubungan dengan perasaan kuatir dan cemas, selebihnya berhubungan dengan rasa marah dan kecewa.

Ketika anda dimarahi oleh pimpinan di kantor karena kesalahan anda dalam pekerjaan, mungkin anda akan menanggung rasa tertekan dari kejadian tersebut selama beberapa hari. Marah dan kecewa atas kejadian tersebut, tindakan pimpinan terhadap anda dan juga kekecewaan akan kinerja anda sendiri akan berakhir dengan rasa kuatir dan cemas akan masa depan anda di tempat kerja.

Stres harus ditanggulangi dengan benar. Salah satunya dengan mengurangi tekanan yang dirasakan. Berikut adalah 36 cara mengurangi stres dalam kehidupan yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan dijadikan suatu kebiasaan. Semoga bermanfaat.

1. Berdoa dan beribadah.

2. Tidur jangan terlalu larut malam.

3. Bangunlah tepat waktu supaya Anda bisa memulai hari kerja tanpa terburu-buru.

4. Berani untuk berkata “tidak” dan jangan memaksakan diri untuk menerima pekerjaan yang bertabrakan dengan jadual anda. Rundingkan dengan pimpinan unit kerja anda mengenai hal ini. Bila tidak, bersiap-siaplah untuk mengalami ketegangan.

5. Percayakan pekerjaan-pekerjaan kepada orang lain yang mampu untuk melaksanakannya. Jangan menerimanya apabila anda sebetulnya tidak mampu.

6. Sederhanakan hidupmu dengan tidak membikinnya semraut dan kacau.

7. Sedikit itu sebenarnya sudah lebih dari cukup. (Meski satu sering tidak cukup, tapi dua bisa jadi terlalu banyak.)

8. Sediakan waktu ekstra untuk melakukan hal-hal lain (kesenangan dan hobi) dan untuk pergi ke tempat-tempat yang tertentu sebagai selingan dari rutinitas.


9. Distribusikan pekerjaan-pekerjaan berat dan sulit ke dalam waktu-waktu yang berbeda; jangan memaksakan diri untuk menyelesaikannya sekaligus.

10. Jadualkan kegiatan rutin anda di hari dan waktu yang tetap.

11. Jauhkan kekuatiran-kekuatiran pada saat anda memikirkan suatu hal. Jika anda sedang mengatasi suatu keadaan, cari dan laksanakan petunjuk Tuhan yang terdapat dalam ajaran agamamu. Jika anda tidak bisa melakukan apa pun, maka biarkanlah.

12. Hiduplah sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Jangan berhutang atau menggunakan kartu kredit untuk pembelian-pembelian yang biasa dan rutin.

13. Milikilah cadangan-cadangan. Bikin duplikat kunci kendaraan atau rumah anda, dan simpan di tempat yang aman. Usahakan menabung atau mempunyai asuransi untuk hal-hal darurat.

14. Jagalah mulut anda tetap tertutup. Nasehat ini bisa menghindarkan anda dari sejumlah permasalahan besar.

15. Lakukan sesuatu untuk memenuhi tuntutan jiwa kanak-kanak di dalam diri anda. Sesekali bermain game atau having fun dengan program-program lucu di internet.

16. Jangan lupakan untuk membuka dan membaca kitab suci agama anda.

17. Ambilah istirahat yang cukup, untuk tubuh dan jiwa anda.

18. Makan dengan benar dan memakan makanan yang tepat.

19. Tempatkan segala sesuatu pada tempatnya yang tetap.

20. Mendengarkan lagu pada saat mengemudi atau di waktu lain dapat membantu memperbaiki kualitas hidup anda.

21. Tulislah pemikiran-pemikiran dan inspirasi-inspirasi yang diperoleh.

22. Setiap hari, sempatkan untuk menyendiri dan merenung.

23. Sedang menghadapi masalah? Kembalikan kepada Tuhan dengan segera. Cobalah untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kecil, jangan menunggu sampai waktu tidur tiba.

24. Bersahabatlah dengan orang-orang yang dekat dengan Tuhan.

25. Rajin-rajin membaca buku-buku keagamaan dan tingkatkan terus kualitas kerohanian anda.

26. Ingatlah bahwa jalan pintas antara keputusasaan dan harapan seringkali adalah ucapan pendek “Terimakasih Tuhan.”

27. Tertawalah.

28. Tertawalah lebih banyak lagi.

29. Bekerjalah dengan serius, tapi jangan lupakan kepentinganmu sendiri.

30. Kembangkan sikap pemaaf. Banyak orang selalu berusaha memaafkan, walau seorang pendendam sekalipun, karena menanggung rasa marah dan dendam adalah sangat menyakitkan.

31. Ramahlah terhadap orang-orang yang tidak ramah. Sebetulnya orang yang tidak ramah sekalipun menyukai orang-orang yang ramah.

32. Atasi egomu.

33. Berbicara lebih sedikit, jadilah pendengar yang baik.

34. Jangan terburu-buru.

35. Ingatkan diri anda bahwa anda bukan pengatur alam semesta.

36. Setiap malam sebelum tidur, pikirkan sesuatu yang belum pernah disyukuri, kemudian segera ucapkan rasa syukur kepadaNya tentang hal tersebut. Tuhan selalu mempunyai jalan untuk mengembalikan segala sesuatu di sekitar anda.

Sumber : www.wikimu.com


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “36 Cara Mengurangi Stres”

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial