BUKU: 2 KUTUB

Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal gangguan bipolar, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah buku “2 KUTUB: Perjalanan Menantang Di Antara Dua Kutub”.

Info Buku >> KLIK DISINI

Antara Biaya dan Cita-Cita

    

Pengalaman Pribadi

Oleh : Mustopa

Aku adalah anak desa yang dilahirkan dari keluarga yang punya latar belakang ekonomi lemah, kedua orang tuaku hanyalah petani yang punya penghasilan bisa dibilang kurang. Untuk membiayai hidup enam orang anaknya beliau harus banting tulang setiap hari demi mencukupi kebutuhan rumah tangga. yach….itulah sedikit gambaran tentang kehidupan keluarga kami.

Dari deretan keluarga kami, aku termasuk anak keempat dari enam bersaudara itu dan aku satu-satunya anak yang bisa tamat SMA. Mengingat kehidupanku sejak SD sampai SMA, mungkin lebih parah dari kehidupan si Ikal dalam novel Laskar Pelangi . Dulu waktu aku masih SD aku harus bekerja setiap hari demi meringankan beban orang tuaku. Kalau musim kemarau, sebelum berangkat sekolah aku harus menyiram tembakau, dan apabila musim hujan aku harus membantu kedua orang tuaku menanam padi dan menjaganya agar tidak diganggu oleh hama tanaman seperti aym,burung, dan lain-lain.Meskipun hidupku demikian aku tetap semangat untuk terus belajar demi meraih cita-citaku. tak heran jika aku tamat SD dengan peringkat siswa siswa terbaik kedua.

Setelah nganggur selama satu tahun, aku baru bisa melnjutkan pendidakanku ke Madrasah Tsanawiyah (Mts). Hari-hariku selama menempuh pendidikan di MTs tetap sama seperti waktu aku masih SD, aku harus membantu orang tuaku setiap harinya . Selama di MTs semangatku untuk terus meraih cita-cita semakin besar. setiap hari aku belajar sampai Pukul 12 malam agar akau bisa berprestasi. semangatku waktu itu tidak sia-sia karena selama aku duduk di bangku MTs aku tidak pernah lengser dari posisi rengking pertama dan aku bisa lulus sebagai siswa terbaik pertama.

Setelah aku lulus dari dari MTs, aku bingung mau melanjutkan atau tidak, faktor biayalah yang membuat aku kebingungan . Namun aku tetap percaya diri aku akan bisa membiayai sekolahku. akupun memutuskan untuk masuk di SMA favorit di kotaku. bisa dikatakan sekolah itu biayanya cukup mahal dan harus benar-benar orang yang terpilih yang bisa masuk di sekolah itu. serangkaian seleksi yang cukup rumit telah aku ikuti tepat pada tanggal 11 juli 2006 aku dinyatakan diterima di sekolah itu. yang menjadi masalah pada saat itu ialah ketika aku harus mendafatar ulang dan harus membayar uang daftar ulang dan uang seragam sebesar Rp. 428.000. karena pada saat itu orangtuaku tidak punya uang sebanyak itu, alhamdulillah atas pertolongan Allah, akhirnya ada orang yang mau memberikan pinjaman.

Selama SMA aku harus jauh dari kedua orang tuaku, aku harus tinggal bersama saudaraku yang juga termasuk orang yangt tidak mampu dari segi ekonomi. aku baru bisa bertemu ortuku seminggu sekali, itupun kalu aku punya ongkos untuk pulang. biaya SPP di SMA ku terlalu mahal bagi keluargaku (Rp. 65000/bulan).berbagai macam cara telah aku lakukan yag aku lakukan untuk bisa meminimalisir biaya tersebut. akhirnya aku dapat beasiswa selama setengah tahun yang besarnya cukup untruk membayar SPP satu semester.

Sekali lagi aku bersyukur kepada Allah, Karena berkat pertolongannya dan karena prestasiku aku bisa masuk ke kelas unggulan dan aku dibebaskan dari biaya sekolah. setelah tiga tahun belajar, kini aku sudah lulus dari SMA namun sampai saat ini aku tidak bisa melanjutkan kuliah karna orang tuaku tidak mampu membiayaiku apalagi biaya kulih sekarang sangat mahal.

Mustopa
Email : elabdy5137@gmail.com



logo sivalintar



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Antara Biaya dan Cita-Cita”

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

Tiga Serangkai eBook Bipolar

3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.
eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial