Oleh : Tarjum
Anda pernah mengalami stres di tempat kerja? Tugas anda menumpuk, kerjaan lama belum selesai, kerjaan baru sudah menunggu. Boss memberi tugas yang minta diselesaikan segera, sementara teman kerja tak ada yang bisa membantu kerena sibuk dengan urusannya sendiri. Anda bingung mana yang harus dikerjakan lebih dulu? Anda hanya termangu di depan meja kerja dengan kepala mulai terasa pening? Anda kemungkinan mengalami stres ringan!
Saya yakin, banyak orang yang mengalami ketegangan mental yang mengarah ke stres di tempat kerja. Semoga anda bukan salah satunya. Stres di tempat kerja memang hal yang biasa, tapi jika dibiarkan berlarut-larut dan berulang kali terjadi tanpa ada solusi, kurang baik untuk kesehatan fisik dan psikis. Lalu bagaimana cara mengatasi stres di tempat kerja? Silakan simak tulisan trik simpel namun cukup jitu di bawah ini.
Kalau pikiran, perasaan dan urat syaraf mulai terasa menegang tentunya harus dikendurkan, agar kembali tenang, santai dan rileks. Salah satu cara paling mudah dan murah mengendurkan ketegangan adalah dengan tersenyum atau tertawa lepas. Maksudnya bukan tertawa sendiri tanpa ada sebab, tapi tertawa karena memang ada yang pantas di tertawakan. Tapi jangan menertawakan (meledek) teman kerja apalagi atasan, bisa kena damprat…he..he..he..
Lalu bagaimana caranya agar bisa tertawa di tempat kerja? Bercanda atau membicarakan hal-hal yang lucu dan konyol dengan teman kerja bisa mengudang senyum dan tawa. Dalam satu departemen biasanya ada orang yang memang kocak dan suka melucu, baik dengan tingkahnya ataupun kata-katanya.
Nah, nggak ada salahnya di sela-sela waktu kerja atau saat jam istirahat kita bercanda ringan dengan teman-teman dalam satu departemen atau lingkungan terdekat kita. Selain membuat suasana kerja lebih cair dan rileks, juga bisa menumbuhkan keakraban antar personal. Tak ada salahnya juga atasan sesekali diajak bercanda, agar dia ikut tersenyum dan merasa lebih akrab dengan bawahannya. Canda riang yang mengundang senyum dan tawa seperti itu akan mampu mengendurkan ketegangan urat syaraf dan menjauhkan diri dari stres di tempat kerja.
Sekedar contoh, di kantor ada dua orang teman satu departemen yang suka melucu. Yang satu di depan meja kerja saya, klo mendengar nada dering HP teman lain yang unik, dia berdiri melakukan gerakan-gerakan seperti menari yang bisa membuat kami tersenyum, setelah itu duduk kembali. Satu orang lagi yang duduk di samping saya, setiap saya atau teman lain bertanya tentang suatu hal, jawaban pertama yang keluar dari mulutnya, adalah jawaban yang gak nyambung namun lucu dan membuat kami tersenyum bahkan tertawa. Canda ringan yang terkesan remeh tersebut saya rasakan mampu meredakan ketegangan dan membuat saya rileks.
Tapi jangan salah, walaupun suka bercanda dan melucu, kedua orang teman saya ini melakukan tugas-tugas kantornya dengan sangat baik. Salah satunya bahkan kami anggap senior, tempat saya dan teman-teman lain bertanya serta meminta masukan.
Ya, tentu saja bercandanya jangan kelewatan sampai mengganggu aktivitas kerja! Berabe nantinya, bisa-bisa kena semprot boss atau malah kena SP (Surat Peringatan)..he..he..
Bercanda yang melewati batas kadang tanpa kita sadari bisa membuat teman bercanda tersinggung. Jadi bercanda juga harus lihat sikon (situasi dan kondisi) dan mengenali karakter orang yang diajak bercanda, agar tak berujung negatif. Celetukan-celetukan kecil di sela-sela waktu kerja kadang cukup ampuh membuat seseorang tersenyum bahkan tertawa lebar.Tertenyum dan tertawalah! Buatlah juga teman kerja dan atasan tersenyum dan tertawa. Suasana kerja yang rileks akan membuat diri kita nyaman, lebih semangat, dan lebih produktif dalam bekerja.
Selamat bekerja!
Artikel Terkait:
Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.
Komentar :
Iya bercanda emang harus liat SItuasi KONdisi TOLeransi PANdangan JANGkauan GErakan DEmikian yang saya tau.
Posting Komentar
Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)