Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

3 LANGKAH PRAKTIS MENJADI LEBIH ”PEDE”

    


”Pede aja lagi…” kalimat gaul ini mungkin sering anda dengar dalam percakapan
sehari-hari para remaja. Mungkin diantara anda ada yang berpikir, “Saya merasa kurang
pede, gimana ya, biar lebih pede?” Berikut akan saya jelaskan 3 langkah praktis agar
anda menjadi lebih ”pede” alias percaya diri.

Pertama, terimalah diri anda apa adanya, dengan segala kelebihan dan kekurangan yang
anda miliki. Yakinkan bahwa diri anda punya kelebihan dan keunikan yang belum anda gali
dan kembangkan. Cobalah lebih fokus pada kelebihan yang anda miliki bukan pada hal yang
tak anda miliki. Manusia tak ada yang sempurna, punya kelebihan juga punya kekurangan.

Kedua, coba anda perhatikan orang-orang di lingkungan anda. Mungkin anda pernah memperhatikan orang yang sebenarnya menurut anda biasa saja bahkan punya kekurangan secara fisik tapi sangat percaya diri. Orang tersebut secara materi tak lebih baik dari anda, penampilan fisiknya pun tidak lebih menarik dari anda tapi tampak menarik dalam pandangan anda, mengapa? Saya yakin karena orang tersebut memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi dibanding anda. Silakan anda perhatikan dan renungkan, benar atau tidak?

Ketiga, gali dan kembangkan keunikan dan kelebihan yang anda miliki. Saya yakin anda punya keahlian khusus dalam hal tertentu yang selama ini belum dikembangkan. Bisa keterampilan di bidang olah raga, seni atau hoby tertentu yang suka anda lakukan. Yang penting itu adalah sesuatu yang anda sukai dan anda senang melakukanya. Coba anda kembangkan kemampuan itu sampai anda benar-benar menguasainya, atau bahkan menjadi spesialis di bidang tersebut. Memiliki keahlian yang menonjol di bidang tertentu membuat anda lebih percaya diri dan bangga pada diri sendiri.

Sekedar contoh :
Saat remaja saya hoby main voley. Di beberapa event turnamen voley saya memperhatikan seorang pemain yang skillnya cukup menonjol, loncatnya tinggi, pukulannya keras dan cepat, Ido, namanya. Penampilan fisiknya tidak menarik, kulitnya hitam wajahnya agak serem, badanya kurus tinggi, orangnya sangat pendiam. Jarang sekali saya melilhat dia berbicara atau teriak di lapangan. Tapi jika dia sudah berada di depan, dibawah net, pemain lawan gentar dibuatnya. Dia jadi idola dan selalu dikagumi sekaligus ditakuti lawan mainya.
Dia punya kekurangan, baik penampilan maupun karakternya (pendiam) tapi dia punya skill yang menonjol di bidang olahraga, itu membuatnya sangat percaya diri di dalam maupun di luar lapangan. Dia tidak fokus pada kekurangan dirinya tapi lebih fokus pada kelebihannya. Orang lain pun tidak melihat kekuranganya tapi melihat kelebihannya.


Jangan pernah merasa rendah diri dan merendahkan diri sendiri. Tuhan menciptakan anda dengan keadaan sekarang bukan suatu kebetulan apalagi kesalahan. Ciptaan Tuhan sempurna, tak ada yang cacat. Jadi mengapa anda merendahkan diri sendiri atau merasa rendah diri dihadapan orang lain, sesama mahluk tuhan? Anda punya keunikan dan kelebihan dibanding orang lain. Jangan hanya melihat kekurangan diri.



Jika anda merasa kurang pandai bergaul, cobalah bergaul, kumpul-kumpul atau ikut nimbrung dalam kegiatan apa saja. Jika anda malu berbicara, berbicaralah! Seburuk apa pun perkataan anda. Jika anda kikuk berbicara dengan perempuan, cobalah sapa perempuan yang lewat didepan anda, apa pun reaksinya. Toh dunia takan kiamat jika anda di ledek atau dicaci maki seseorang misalnya. Beranikanlah untuk bertindak! Jangan pedulikan apa pun pendapat orang tentang anda, itu hanya pikiran negatif anda sendiri.

Saya pernah mengalaminya. Dulu saya tak berani menyapa perempuan yang sudah kenal sekalipun, apalagi menggoda perempuan yang belum kenal. Tapi saya beranikan diri untuk menyapa walau dengan satu dua patah kata. Berat rasanya mau ngomomg. Tapi setelah ngomong terasa plong rasanya. Dan reaksinya ternyata tak seburuk yang saya bayangkan. Perempuan yang saya sapa malah tersenyum.

Ketakutan dan keraguan hanya bisa dikalahkan dengan tindakan nyata.
Jadi cobalah ! Bertindaklah saat ini juga !


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “3 LANGKAH PRAKTIS MENJADI LEBIH ”PEDE””

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial