Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Sebenarnya Kenapa Aku ini?

    

Tulisan ini dikirim seorang pemuda melalui Forum Curhat tgl. 24 Desember 2008.

Saya pemuda 23 tahun,

Saya di lahirkan di keluarga yang sederhana. Mas Tarjum, saya mau bertanya, apakah rasa takut berinteraksi dengan orang lain (karena merasa tak mampu bergaul), dan kadang ada rasa ketakutan yang sangat mendalam, apakah bisa di katakan sebagai gejala-gejala gangguan bipolar? Saya sering sekali rasakan hal tersebut. Dan kadang saya merasa takut yg berlebihan. Seperti contoh, dulu saya pernah berselisih paham dengan teman saya. Hampir 1 sampai 2 minggu saya mengurung diri di dalam rumah. Dan yang membuat saya gak nyaman adalah, seolah-olah saya dihantui oleh fkiran, kalau teman saya datang dan membawa banyak masalah dan perselisihan.

Saya banyak gunakan waktu mengurung diri di kamar pada waktu itu, untuk menghindari perselisihan tentunya. Padahal pada waktu saya skolah di SLTP dan SMU saya terkenal sebagai siswa yang pemberani. Dan satu hal lagi, seberapa berat dan seberapa besar pengaruh alkohol dan psikotropika dalam merusak keadaan psikologis seseorang.
Saya mohon petunjuk dari mas Tarjum dan teman teman forum. Dan bila saya benar-benar penderita bipolar, kira-kira apa langkah pertama yang harus saya lakukan untuk menghindari dan menanggulangi bipolar menggerogoti fikiran saya.

Curhat ini bisa anda lihat di Forum Curhat. Silakan jika teman-teman pengunjung CurhatKita mau memberikan komentar, saran atau nasihat untuk membantu meringankan beban pikirannya. Bisa di posting ini atau di Forum Curhat.

Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 1
Tarjum on Rabu, 24 Desember 2008 16.56.00 WIB mengatakan...

Dari penuturan anda, menurut saya apa, yang anda alami belum termasuk gangguan bipolar, tapi baru gejala awal depresi terselubung. Apa yang anda rasakan masih tergolong gejala depresi ringan. Jika di SMA anda belum meresakan gejala ini, berarti keadaan ini belum lama anda rasakan. Sejak kapan anda merasakan hal itu?

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali penyebabnya, akar permasalahanya. Depresi bisa disebabkan oleh banyak hal, terutama peristiwa yang menekan atau mengguncang pikiran. Contoh misalnya, ditinggal orang yang dicintai, mengalami kekecewaan yang mendalam, kegagalan dalam meraih tujuan, putus dengan kekasih, bahkan meninggalnya hewan kesayangan bisa menyebabkan depresi. Selain itu kekurang mampuan bergaul di lingkungan baru dan kepercayaan diri yang rendah bisa menjadi pemicu depresi. Jangan-jangan perselisihan dengan teman anda adalah penyebabnya. Jika ya, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Perselisihan adalah hal yang lumrah dalam relasi pertemanan. Karena kita sebagai manusia akan banyak berbuat salah dan khilaf.

Saat perasaan sedang gelisah, kadang orang mencari pelarian sementara seperti minum-minuman keras atau yang lebih berbahaya menggunakan obat-obatan terlarang. Itu hanya mengatasi sekejap saja, tapi dalam jangka panjang malah akan memperparah kondisi kejiwaan si penderita.
Bagaimana langkah-langkah untuk mengatasi gejala depresi yang anda alami. Coba anda baca serial tulisan saya di blog ini berjudul “Terapi alamiah penanggulangan Bipolar (1 – 4). Intinya, mengurung diri seperti yang anda lakukan bukan sebuah solusi, sebaliknya bisa membuat anda merasa semakin tertekan. Coba cari teman curhat yang bisa anda percaya, agar anda bisa berbagi.

Sekian dulu saran dari saya, semoga bisa membantu.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial