Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Terapi Alamiah Penanggulangan Manic Depressive/Gangguan Bipolar (4-selesai)

    

Oleh : Tarjum

3. Perkuat Iman dan Keyakinan kepada Tuhan

Setelah seharian anda melakukan aktivitas fisik dan mental yang cukup melelahkan, malam hari saatnya anda istirahat. Saatnya anda mendekatkan diri kepada sang Khalik. Jika anda seorang muslim, saat adzan Maghrib berkumandang, usahakan sebisa mungkin untuk shalat Maghrib dan Isya berjamaah di mesjid. Suasana mesjid akan membuat anda merasa lebih tenang dan khusuk dalam menunaikan shalat, berdzikir, berdo’a dan aktivitas sepiritual lainya. Setelah melakukan ritual keagamaan, anda juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas lain yang bermanfaat bersama-sama jemaah mesjid yang lain, seperti mengaji atau berdzikir bersama, berdiskusi atau sekedar bertukar pikiran seputar masalah-masalah keagamaan. Hal itu bisa semakin memperkokoh keimanan anda, menambah pengetahuan, memperluas wawasan serta mengikis pemikiran, pemahaman dan penafsiran yang sempit dan keliru tentang nilai-nilai ajaran agama. Saat anda berdzikir dan berdo’a dengan tenang dan khusuk di mesjid, anda akan merasa dekat dengan-Nya. Anda merasa punya pegangan, punya pelindung dan penolong yang selalu memperhatikan anda.

4. Tulis Catatan Harian


Sepulang dari mesjid setelah istirahat sejenak. Coba ambil dan buka buku harian yang sudah anda siapkan sebelumnya. Buka kembali memori anda, tuliskan pengalaman-pengalaman anda, ide-ide atau gagasan yang berseliweran di benak anda. Tumpahkan kebahagiaan, kekecewaan, kekesalan, kemarahan atau kesedihan anda, dalam baris-baris tulisan di buku harian. Pokoknya apa saja yang anda lihat, dengar, pikirkan dan anda rasakan, sebisa mungkin, tuliskan di buku harian.

Untuk apa menulis catatan harian? Apa manfaatnya?
Buku harian akan menjadi teman curhat anda yang “paling setia”. Apa pun keluhan anda: kekesalan, kekecewaan, kemarahan, kesedihan, kegembiraan, diary akan dengan senang hati mendengarkan, mengingat dan menyimpannya. Saat anda menulis catatan harian, sebenarnya anda sedang mendengarkan isi hati anda sendiri dan merekamnya dalam bentuk tulisan. Diary juga bisa menjadi laporan harian, perkembangan kondisi psikis anda. Saat dan setelah menulis catatan harian, coba rasakan bagaimana suasana hati anda.


5. Rileks dan Manjakan Diri

Selanjutnya, tutup dan simpan buku harian anda. Sekarang saatnya anda santai dan memanjakan diri. Anda bisa mendengarkan alunan musik dan lagu-lagu pavorit anda, di radio, tape atau TV. Lirik dan syair lagu bisa membuat anda rileks, bahkan membuat anda gairah dan bersemangat. Anda juga bisa nonton film-film kesukaan anda. Film apa saja yang anda sukai, bisa film komedi, film laga, film romantis, film musical atau film drama. Film adalah gambaran kehidupan nyata dan kehidupan di alam imajinasi. Kisah film juga sering diangkat dari kisah nyata seorang tokoh terkenal atau seorang yang luar biasa. Dari cerita film, anda bisa belajar dari pengalaman orang lain—pengalaman fiktif sekalipun. Pengalaman tentang kesuksesan atau kegagalan. Dari kisah film, anda juga bisa melihat dan memahami bagaimana orang lain menyikapi dan mengatasi problem-problem kehidupannya. Karakter sang tokoh cerita kadang mewakili diri anda.

6. Curhat / Berbagi

Ketika gejolak perasaan anda sedang memuncak dan tak terkendali, suasana hati tidak menentu dan emosi mengalahkan rasio, anda tidak bisa menanggungnya atau bahkan memendamnya sendiri, anda butuh “seseorang” untuk berbagi perasaan. Anda sudah punya teman curhat bukan? Seseorang yang paling anda percaya dan bisa memahami anda. Bisa teman dekat, sahabat, saudara atau orang tua anda sendiri. Utarakan isi hati anda kepadanya. Kemukakan segala masalah yang membebani pikiran dan perasaan anda, dengan jujur dan terbuka. Mintalah saran, pandangan dan nasihatnya. Saat curhat kepada seseorang, anda seperti melepaskan dan memindahkan sebagian beban berat yang anda pikul. Walaupun dengan curhat tidak serta merta menyelesaikan semua persoalan anda, tapi setidaknya, anda akan merasa sedikit lega.

7. Tidurlah dengan Nyenyak

Setelah anda melakukan langkah demi langkah metode terapi ini, dengan senang hati, penuh gairah dan semangat, sekarang saatnya anda istirahat. Menjelang tidur, coba lupakan segala masalah—paling tidak untuk sementara—yang menggelayuti pikiran dan mengacaukan suasana hati anda. Aku tahu, hal ini tidak mudah, bahkan sangat sulit. Bayangkanlah hal-hal yang indah dan membahagiakan anda, harapan-harapan dan impian-impian anda. Jangan lupa, berdo’a sebelum tidur agar mimpi buruk tidak mengganggu tidur anda. Tidurlah dengan tenang dan nyenyak, agar esok pagi anda bangun dengan tubuh dan pikiran yang segar.

Selamat tidur teman!

Penutup

Itulah langkah demi langkah metode TIS yang aku rancang. Urutan langkah-langkah dan penerapannya seperti yang aku paparkan di atas hanya sebagai acuan saja. Silakan kembangkan dan sesuaikan dengan jadwal kegiatan sehari-hari anda, sesuai situasi dan kondisi yang anda hadapi. Lakukanlah dengan senang hati, penuh gairah dan semangat, serta yang terpenting jangan merasa terbebani. Bukankah kegiatan-kegiatan yang anda lakukan itu adalah kegiatan yang sangat anda sukai?

Jadi, aku berharap, ketika anda menjalani terapi ini, anda tidak merasa sedang menjalani terapi, tapi menjalani aktivitas sehari-hari anda seperti biasa. Kuncinya adalah disiplin diri. Dengan disiplin yang tinggi, aku yakin, kondisi kejiwaan anda akan cepat pulih. Mengapa aku tekankan disiplin diri? Karena anda menjalani terapi ini sendiri, tidak ada yang membimbing atau mengawasi. Andalah pengawas untuk diri anda sendiri. Berhasil tidaknya terapi ini tergantung anda sendiri. Itu pula alasannya mengapa aku menganjurkan anda memilih jenis kegiatan yang paling disukai, agar anda bisa melakukannya dengan fun, asyik, penuh gairah, semangat dan antusiasme tinggi. Apalagi jika anda punya keinginan—dan ini sangat bagus—kegiatan yang anda lakukan tidak sekadar hobi atau kesenangan semata, tapi untuk meraih prestasi tinggi. Maka dengan sendirinya, tanpa perlu diawasi pun anda akan melakukannya dengan disiplin tinggi.

Itulah “TIS”, metode terapi sederhana untuk mengatasi gangguan kejiwaan khususnya depresi dan manic depressive.

Saya mengundang anda semua: psikolog, psikiater, praktisi kesehatan mental, anda yang pernah atau masih menderita gangguan jiwa, dan siapa saja yang peduli terhadap masalah-masalah kesehatan mental, untuk ikut mengembangkan metode terapi ini. Aku berharap, suatu saat nanti bisa ditemukan metode terapi dengan formula paling tepat untuk mengatasi gangguan kejiwaan, khususnya depresi dan manic depressive.

Kritik, saran dan masukan anda sekalian untuk koreksi dan pengembangan metode terapi ini, silakan kirim melalui email: sivalintar@yahoo.com atau ke HP. 085221074133.

Salam sejahtera untuk anda sekalian.

Tarjum.

Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 2 komentar ke “Terapi Alamiah Penanggulangan Manic Depressive/Gangguan Bipolar (4-selesai)”
william on Selasa, 08 November 2011 05.26.00 WIB mengatakan...

terapi yg patut dicoba, aku menderita bipolar sejak umur 4 tahun setiap hari dunia terasa berbeda kadang seperti neraka kadang seperti surga bahkan perubahan cuaca pun dapat merubah mood aku dengan drastis, hal hal kecil pun dapat mempengaruhi suasana hati. Sesuatu hal yg tidak enak kurasakan sangat menekan diriku mulai dari perasaan sampai beban pikiran dan itu sangat menyiksaku, diusia yg menginjak 20 tahun ini aku berharap dengan mencari informasi baik terapi maupun obat-obatan dapat menyembuhkan penyakitku sehingga aku bisa hidup layaknya orang kebanyakan
thanks ya atas sarannya

Tarjum on Selasa, 08 November 2011 08.12.00 WIB mengatakan...

Semoga apa yang sampaikan di artikel ini dan artikel lainnya (ini artikel terakhir dari 4 serial artikel) bisa membantu anda. Apa yang saya paparkan di sini berdasarkan pengalaman saya mengatasi bipolar. Ada baiknya anda konsultasi dengan psikiater yang merawat anda, agar terapi yang anda jalani mendapatkan hasil yang optimal. Semoga Tuhan menunjukan jalan kesembuhan untuk anda.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial