BUKU: 2 KUTUB

Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal gangguan bipolar, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah buku “2 KUTUB: Perjalanan Menantang Di Antara Dua Kutub”.

Info Buku >> KLIK DISINI

Hati-Hati dengan “Rasa Kasihan”

    

Suatu sore saya melihat dengan rasa kasihan yang mendalam, ibu yang baru pulang kerja dari kebun menggendong kayu bakar, wajahnya bermandi keringat dengan napas terengah-engah. Rasa kasihan itu begitu kuatnya sampai tak terasa air mata menetes membasahi pipi.

Rasa sayang atau kasihan kepada seseorang apalagi kepada kedua orang tua yang telah bersusah payah membesarkan kita adalah sangat wajar dan sepantasnya. Tapi hati-hati bila rasa kasihan itu tak wajar atau berlebihan seperti yang saya tuturkan di atas. Rasa kasihan itu bisa saja merupakan gejala awal gangguan kejiwaan.

Sebelum saya memahami bahwa saya mengalami gangguan kejiwaan, hal itu saya anggap wajar. Setelah saya tahu bahwa saya menderita gangguan bipolar, saya analisa gejala awal ketika terjadi pergantian suasana hati dari manik ke depresi, rasa kasihan mendalam dan kuat itu biasanya saya rasakan. Rasa kasihan yang berbeda dari rasa kasihan yang saya rasakan dalam kondisi normal. Sehari-hari dalam kindisi normal saya biasa melihat ibu pulang dari kebun dengan kondisi seperti di atas, ada rasa kasihan tapi rasa kasihan yang wajar, tidak semendalam seperti ketika depresi datang.

Dr. Windi Dryden dan Jack Gordon dalam bukunya “Berpikir positif untuk kebahagiaan hidup”, bahkan menyebut rasa kasihan diri atau kasihan orang lain sebagai ‘biang kerok’ penyebab gangguan kejiwaan.

Jadi hati-hati jika muncul perarasaan kasihan kepada diri-sendiri atau rasa kasihan kepada orang lain yang sangat kuat dan tidak seperti biasanya, bisa saja itu merupakan gejala awal gangguan kejiwaan. Jika perasaan itu muncul secepatnya buang jauh-jauh. Jika perasaan itu tak hilang juga atau malah terasa semakin kuat, segera konsultasi ke psikolog atau psikiater untuk mengetahui kondisi kejiwaan anda yang sebenarnya. Nggak usah ragu atau malu, ke Psikolog atau Psikiater kan belum tentu sakit jiwa.

Jika anda enggan ke spikolog atau psikiater karena berbagai alasan, tak usah bingung, curhat aja di blog ini... (jadi nggak enak nih, nanti dikira promosi lagi...). Maksud saya anda bisa curhat online di blog atau web mana saja yang anda suka, toh tak ada yang tahu identitas anda yang sebenarnya. Anda cukup duduk di depan computer, tulis keluh-kesah anda lalu kirim. Dalam waktu yang tak terlalu lama anda sudah akan menerima tanggapan balik.
Gimana klo nggak punya computer? Gampang, cari saja warnet terdekat. Dengan biaya 2000-4000 rupiah, anda sudah bisa nulis dan kirim curhat anda. Curhat online lebih mudah, murah, praktis dan efisien.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 2 komentar ke “Hati-Hati dengan “Rasa Kasihan””
Anonim mengatakan...

dfgd

Anonim mengatakan...

jd bingung nih...ternyata ada autis, indigo, trus ada bipolar lagi....weleh2...hidup kok rumit ya.... mereka spt nya beda tipis...

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

Tiga Serangkai eBook Bipolar

3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.
eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial