Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Ketukan Tongkat saat Dini Hari

    

Oleh : Tarjum

Sudah lewat tengah malam, mataku belum juga terpejam. Kulihat jam dinding di kamar tidur menunjukan jam 01.30, menjelang dini hari. Kuperhatikan istri dan kedua putri kecilku tidur terlelap dengan posisi yang tak beraturan. Kedua putriku kalau tidur suka berputar-putar, kadang saling bertabrakan.

Aku kembali ke ruang keluarga. Dalam keheningan malam aku mendengar suara yang tak asing lagi di telingaku. Suara itu sering kudengar saat larut malam atau dini hari. Tok cring…tok cring…tok cring…dengan ketukan yang teratur. Aku bangkit dari kursi, bergegas setengah berlari menuju ruang tamu. Aku buka gordeng kaca depan ruang tamu. Kulihat seorang pria tua berjalan menyusuri gelap dan dinginnya malam dengan tongkat ditangan. Dialah sang tunanetra tukang pijat keliling. Dia sering lewat jalan di depan rumahku. Biasanya aku tak terlalu menghiraukannya. Namun entah kenapa malam itu aku penasaran ingin melihatnya.

Kondisi jalan di depan rumahku rusak parah, banyak lubang dan kubangan air yang lebar dan agak dalam. Namun sang tunanetra berjalan dengan cukup cepat melewati jalan rusak tersebut walaupun hanya menggunakan tongkat bergengge sebagai pemandu langkah kakinya, mengagumkan. Dengan penuh semangat dia mengayunkan langkah demi langkah kakinya menembus pekatnya malam yang dingin menggigit. Sepertinya ia ingin segera sampai ke rumahnya, memberikan hasil jerih payahnya malam itu kepada keluarga yang menunggunya di rumah.

Sepertinya sang tunanetra menjalani kehidupannya dengan penuh keikhlasan, kesabaran dan ketabahan. Ia tak menyerah pada keterbatasan fisik yang sebenarnya bisa menjadi alasan kuat untuk meminta belas kasihan orang lain. Ia dengan tegar melangkahkan kakinnya menyusuri jalan-jalan desa untuk melayani orang-orang yang membutuhkan keterampilan pijatan tangannya dan mendapatkan imbalan atas palayanannya.

Aku, yang diberi kesempurnaan panca indera, kadang tak menyadari dan lupa untuk menyukuri anugerah Tuhan yang amat berharga itu. Aku malah kadang mengeluh karena merasa hidup yang kujalani belum seperti yang aku harapkan. Padahal jika dibandingkan dengan sang tunanetra itu kehidupanku secara fisik dan meteri jauh lebih baik. Sang tunanetra yang sering lewat di jalan depan rumahku seolah mengingatkanku untuk lebih banyak bersyukur atas apa yang telah aku raih saat ini dan tidak mengeluh dalam menjalani kehidupan yang kadang tak selalu sejalan dengan yang aku inginkan.

Langkah-langkah kaki sang tunanetra yang begitu bersemangat menyusuri kegelapan malam, seolah mengingatkanku untuk lebih optimis dan antusias dalam menjalani kehidupanku saat ini dan esok. Tuhan telah memberikan anugerah tak ternilai kepadaku untuk menjalani kehidupan yang penuh tantangan sekaligus harapan di alam fana ini. Kehidupan yang seharusnya menjadi ladang untuk menyemaikan benih kebaikan kepada sesama yang akan menjadi bekal berharga untuk menjalani kehidupan di alam abadi nanti.

Tok cring…tok cring…tok cring…, suara ketukan tongkat itu semakin menjauh, sampai akhirnya tak terdengar lagi ditelan kesunyian malam yang semakin dingin.



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 5 komentar ke “Ketukan Tongkat saat Dini Hari”
Anonim mengatakan...

z

Anonim mengatakan...

Kang Ntar, sy mo nanya nih. sebetulnya sy ini skizofrenia ngga sih? kata psikiatr sy cuma depresi berat. masa sih depresi bisa bikin halusinasi ampe 2 minggu ngga inget dunia, keluarga, dll. 3x lagi di opnamenya, th 00, 02, 04. oya sekarang sy pagi kuli, sore kuli yah, ngga selesey2, doa'in yah biar cepet selesey. Dinskizo

Anonim mengatakan...

gimana cara munculin profilenya biar ngga Anonim2 trus?

Tarjum on Senin, 08 Maret 2010 17.38.00 WIB mengatakan...

@Dinskizo,
Para ahli kejiwaan mengakui, tak mudah mendiagnosa jenis gangguan kejiwaan karena kadang cirri-ciri gejalanya ada kemiripan. Perlu pemeriksaan berulang atau pemeriksaan dari beberapa orang psikiater untuk memastikan jenis gangguannya.
Coba deh Tanya kepada orang yang lebih faham soal skizofrenia, Anta Samsara, email jiwasehat@gmail.com.
Kuli sama kuliyah bagus tuh, cari uang dan cari ilmu. Saya do’ain semoga kulinya lancar dan berkah dan kuliyahnya cepat selesai.

@anonim,
Biar profilnya muncul, pada “select profile” tinggal pilih “account google atau wordpress”. Klo gak punya pilih “name/URL”. Silakan dicoba!

Cara Mudah Atasi Toilet Mampet Tanpa Harus Sedot WC on Senin, 06 April 2015 13.59.00 WIB mengatakan...

senang sekali bisa berkunjung ke blog anda
sangat menarik dan bermanfaat sekali
terimakasih banyak gan

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial