Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

“Saya Melankolis dan Posesif, Susah Mau Berubah”

    

Obrolan di Forum Curhat

Seorang remaja, curhat tentang problem kepribadiannya di Forum Curhat. Dia mengaku tipikal pria melankolis, introvert, merasa individualis, rendah diri dan psimis. Silakan simak curhat lengkapnya berikut ini :

HALLO kakak-kakak. hallo kang Tarjum. Sebelumnya kenalin saya icen netizen, asal Subang. Usia saya 19, sama artinya saya masih remaja. Katanya masa remaja adalah masa transisi atau disebut juga masa pancaroba. Saya sendiri bilangnya ini masa "kagok". dibilang masih kanak-kanak, sudah harus berpikir dewasa. nah dibilang sudah dewasa, toh masih banyak yang belum boleh saya jamah. "belum waktunya dek." kata teteh saya.

Saya tipikal pria melankolis. oh iya saya laki-laki loh. (banyak yang nyangka perempuan soalnya ) tepatnya perfect melancholy seperti analisis hippocrates. selain itu saya jugak sama kea kang tarjum yakni mengalami gangguan bipolar (sebenarnya hanya dugaan saya saja). tapi saya yakin saya pernah mengalami gejala-gejala neurosis. (belum sebahaya psikosis). saya jugak sangat posesif dan bersikap over-protektif kepada pacar (sayangnya saya jomblo sekarang).

saya introvert. dituduh indigo. bahkan dianggap sinting dan aneh. saya mengalami kecenderungan individualis. saya kehilangan sisi humanisme. saya sangat rendah diri dan pesimis. bahkan kerapkali menyalahkan diri sendiri. tapi saat ini saya mencoba melakukan beberapa resolusi untuk kemajuan saya. saya memotivasi diri dengan mantra-mantra kecil khas mario "super" teguh. bahkan pendekatan pada agama. (untuk diketahui saya athe*s)

permasalahan saya adalah: dengan semua kecenderungan adanya gangguan penyakit jiwa seperti dijelaskan terperinci di atas. apakah saya tetap akan merangkak lambat dalam tubuh kembang menjelang masa dewasa kelak? Saya menyadari kelemahan-kelemahan saya. tapi kenapa kok saya tidak sanggup merubah diri dan merasa semakin terpuruk setiap hari. saya seringkali dibuat bimbang dan gelisah jika memikirkan masa depan. takut enggak kaya. Takut enggada yang mau sama saya.

saya bahkan dibuat bingung oleh ajaran-ajaran yang melibatkan istilah kasta. kesenjangan sosial yang terjadi di lingkungan saya membuat saya berpikir keras dan seperti orang yang "dewasa" sebelum waktunya (baca: idealis). Padahal kenyataan yang sebenarnya terjadi adalah saya kolokan dan kekanak-kanakan. saya bingung. saya bingung. masa remaja benar-benar menyulitkan saya.

hal-hal apakah yang bisa mengatasi permasalahan saya berkenaan dengan karakteristik saya yang melankolis, emosional, temperamental, posesif, bipolar, dan neurosis. mohon share pengalaman kang tarjum dan kakak-kakak sekalian. mohon yah. sebelumnya terima kasih sudah menyimak dan memberikan tanggapan.

Tanggapan saya (admin) :

Apa yang anda alami, banyak dialami oleh remaja seusia anda. Hanya saja tak banyak yang berani mengungkapkannya secara terbuka seperti anda. Salut atas kejujuran dan keberanian anda untuk sharing dan membuka diri di forum ini.

Setiap type kepribadian punya kelebihan dan kekurangan. Termasuk type melankolis seperti anda (mirip dengan type kepribadian saya). Sadari, fahami dan terima diri kita apa adanya dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Jangan terlalu fokus terhadap kelemahan diri kita, perbaiki kelemahan diri, kembangkan kelebihan yang kita miliki dan jadikan itu sebagai keunggulan diri kita.

Jangan membandingkan diri anda dengan orang lain. Setiap orang sebenarnya punya potensi dan keunggulan masing-masing yang jika dikembangkan bisa menjadi sesuatu yang luar biasa. Cuma kadang kita sendiri memandang terlalu rendah kemampuan yang kita miliki.

Proses perubahan ke arah yang lebih baik tentu tidak bisa instan, butuh proses, butuh ketekunan, kegigihan dan semangat pantang menyerah. Seperti apa masa depan anda, tergantung apa yang anda lakukan saat ini dan tentu saya atas kehendak Tuhan. Sebenarnya apa yang anda takutkan saat ini, tidak seburuk seperti kenyataannya, itu hanya pikiran negatif anda sendiri.

Syukuri apa yang Tuhan berikan kepada anda, syukuri apa yang anda miliki saat ini. Terima, hargai dan cintai diri anda sendiri apa adanya. Kalau merasa punya kelemahan, perbaiki. Gali dan kembangkan potensi dan keunggulan pribadi yang anda miliki. Seiring dengan semua proses perbaikan diri itu, kepercayaan diri akan tumbuh semakin kokoh dan mantap.
Coba anda baca juga artikel berikut ini tentang percaya diri :
http://www.andriewongso.com/artikel/aw_corner/3582/Cinta_Ayah_Luar_Biasa/

Teman-teman sekalian mau memberi tanggapan atau masukan? Silakan tulis di kolom komentar posting ini atau langsung di Forum Curhat.



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 3 komentar ke ““Saya Melankolis dan Posesif, Susah Mau Berubah””
aline mengatakan...

berkumpulah dengan orang orang positif yang punya yujuan hidup jelas/mimpimimpi besar...ikutin leadership seminar/seminar2 kepribadian..intinya bergaulah dengan orang yang penuh semangat, hidup, bergairah, optimis, enerjik...seminar2 itu bisa mengubah karakter menjadi lbh positif..

Tarjum on Senin, 27 Desember 2010 20.58.00 WIB mengatakan...

Saran yang bagus Aline. Di sini kita bisa saling mendukung dan menguatkan.

Anonim mengatakan...

waahhh mendengar curhat ini ternyata masalah yang saya hadapi sama saya juga introvert melankolis saya sangat saluut atas kejujuran n keberaniannya untuk sharing . . . . tks.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial