BUKU: 2 KUTUB

Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal gangguan bipolar, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah buku “2 KUTUB: Perjalanan Menantang Di Antara Dua Kutub”.

Info Buku >> KLIK DISINI

Catatan dari Seminar Nasional I Psikiatri Komunitas

    

Hotel Borobudur Jakarta, 13 Oktober 2010

Oleh : Tarjum

Saya terlambat datang ke lokasi seminar di Hotel Borobudur, Jakarta (Rabu, 13 Oktober 2010), karena terjebak kemacetan jalanan Jakarta. Turun dari metro mini di Atrium Senen, saya naik bajaj menuju hotel Borobudur. Kenapa pilih bajaj? Ya, biar gak macet, bajaj kan kayak motor bisa lincah selap-selip diantara padatnya jalanan Jakarta. Ada alasan lain sih sebenarnya, kalau naik Taxi, saya khawatir dibawa muter-muter, trus nanti tarifnya mahal….he..he…ngirit ongkos.

Sampai di hotel Borobudur yang megah, sekitar jam 09.30 WIB. Saya langsung masuk dan mencari ruang Flores, tempat seminar berlangsung. Setelah registrasi, saya segera masuk ke ruang seminar. Seminar sudah dimulai, seorang pembicara sedang menjelaskan topik bahasannya. Peserta seminar ternyata cukup banyak, saya perkirakan sekitar 100-an lebih. Peserta seminar barasal dari beragam kalangan: psikiater, professional kesehatan dan kesehatan jiwa, pemangku kepentingan dan para pemerhati masalah kesehatan jiwa. Semua kursi terisi penuh, bahkan ada kursi tambahan di barisan paling belakang. Di jejeran kursi belakang itulah saya duduk.

Materi yang disampaikan para pembicara sangat menarik dan membuka wawasan saya tentang apa dan bagaimana usaha-usaha yang telah, sedang dan akan dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa kepada masyarakat dalam sekala local dan nasional, yang tentunya menyangkut kebijakan para pengambil keputusan dan pemegang kekuasaan. Pelayanan kesehatan jiwa juga bukan hanya tugas para psikiater dan praktisi kesehatan mental tapi merupakan tugas elamen-eleman masyarakat lain yang saling terkait satu sama laini.

Seminar ini diselenggarakan oleh Seksi Psikiatri Komunitas PDSKJI dengan tema “Mainstreaming Community psychiatry: Addressing and Promoting Population-Based Needs for Mental Health Programming”.

Sambil mendengarkan pembicara seminar, saya perhatikan seorang pria yang saya kenal, yang duduknya persis di depan saya. Dia sedang asyik mendengarkan pembicara seminar sambil sesekali memainkan tombol-tombol laptopnya. Tak salah, dia pria yang sudah saya kenal baik walaupun kami belum pernah bertatap muka langsung. Saya sudah kenal lama dengannya di dunia maya.

Beberapa saat menjelang coffee break, sekitar jam 11.00, pria di depan saya tadi berdiri dan menggendong renselnya. Saat dia membalikan badan, saya menyapanya, “Kang Anta ya?”

“Kang Tarjum?” dia tampak kaget. Wah, akhirnya datang juga ya ke sini!” wajahnya tampak sumringah dengan senyumnya yang menawan dan sorot matanya tampak berbinar-binar.

Kami berjabat tangan dengan erat. Pertemuan dua orang sahabat online di dunia nyata sungguh membahagiakan. Dialah Anta Samsara, penulis buku psikomemoar “Gelombang Lautan Jiwa”. Dia seorang ODS (Orang dengan Skizofrenia) yang sangat aktif dan gigih bersama rekan-rekannya membantu ODS lain dan keluarganya melalui organisasi Perhimpunan Jiwa Sehat (PJS) dan Komunitas Peduli Sekizofrenia Indonesia (KPSI).

Saat coffee break, Anta Samsara memperkenalkan saya kepada rekan-rekannya satu persatu, diantaranya : Yeni Rosa Damayanti (Ketua Umum PJS), dr. Hervita Diatri Sp.KJ, dr. Natalingrum Sukmarini, Sp.KJ, dr. Eka Viora, Sp.KJ, Bagus Utomo (Pendiri KPSI), dr. Tika Prasetiawati, Sp.KJ, Rhino Ariefiansyah, Fanni dan Nawa Tunggal (KPSI). Dan banyak lagi yang lainnya yang tak bisa saya sebutkan satu-persatu disini. Pokoknya saya diperkenalkan kepada para profesional dan aktivis kesehatan jiwa yang punya kepedulian tinggi terhadap masalah-masalah kesehatan jiwa. Mereka semua orang-orang yang punya pengetahuan dan wawasan yang luas serta pemahaman yang mendalam tentang seluk-beluk kesehatan jiwa. Saya beruntung bisa kenal dan bertemu dengan mereka. Dari teman-temannya saya tahu, kang Anta orang yang supel dan punya pergaulan luas.

Saat ngantri untuk ambil kopi, kang Anta berbisik, “Maaf ya kang, saya orangnya nggak banyak bicara.” Menurut saya sih nggak demikian, dia orang yang supel dan aktif berbicara dengan siapa saja, bahkan dia juga fasih berbahasa Inggris. Beberapa kali ia berbincang dengan Om Bule yang katanya orang Australia dengan bahasa Inggris yang fasih.

Bersambung…..

Lanjutan ceritanya silakan simak pada posting berikutnya yang akan menceritakan diskusi kami disela seminar, tentang pemberdayaan orang-orang yang mengalami gangguan jiwa terutama ODS dan ODB, agar bisa mendiri secara ekonomi.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Catatan dari Seminar Nasional I Psikiatri Komunitas”

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

Tiga Serangkai eBook Bipolar

3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.
eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial