Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Stres Karena Pacar Ditentang Orang Tua

    

Dikutif dari Forum Curhat

cintaku-ditentang-ortuSeorang gadis curhat terbuka di Forum Curhat bebeberapa waktu yang lalu tentang hubungannya dengan seorang pria yang ditentang keluarga besarnya. Saya kutif dan posting kembali curhat ini di blog Curhatkita, karena menurut saya banyak remaja yang mengalami masalah seperti ini. Dan diantara mereka ada yang memilih jalan keluar dengan cara mereka sendiri yang pada akhirnya berdampak negatif secara fisik, psikis dan sosial terhadap diri mereka sendiri, keluarga dan lingkungannya.

Semoga posting ini bisa menjadi cermin dan bahan renungan bagi para orang tua, agar lebih bijak dalam memahami masalah yang dihadapi anak-anak remajanya. Berusaha memahami masalah mereka dari sudut pandang mereka dan tidak menilai segala hal hanya dari segi materi semata. Silakan simak curhatnya.

Saya seorang mahasiswi,19 tahun. Saya mempunyai masalah dengan pacar yang tidak disetujui orang tua! Sampai sekarang, kami sudah menjalani hubungan selama 1,5 tahun dan sempat menjalani hubungan backstreet selama hampir 1 tahun.

Pacar saya (19 tahun) dilahirkan di keluarga yang sederhana, ayahnya sudah cukup berumur, dan sejak SMP dia hidup mandiri dan sangat malu apabila harus banyak minta kepada ayahnya. Ibunya sudah meninggal sejak dia SMP dan sampai sekarang ayahnya tidak menikah lagi. Rumahnya di komplek yang tidak jauh dari rumah saya.

Sebagian keluarga besar saya sangat menentang pacar saya karena mereka menganggap pacar saya sangat tidak sebanding. mungkin karena pacar saya tidak kuliah. Tetapi sekarang dia masuk ke salah satu perguruan tinggi dengan biaya sendiri. Banyak yang menjelek-jelekan pacar saya kepada keluarga besar saya, mungkin karena pacar saya orang yang sangat cuek masalah penampilan dan keluarganya sangat sederhana. Tetapi sebisa mungkin pacar saya berpakaian rapi dan sopan apabila datang ke rumah saya.

Keluarga besar saya, terutama Uwa (Paman/Pak Le) saya yang notabene "mantan org kaya" yang lumayan cukup terpandang, merasa pacar saya adalah sampah yang merusak nama baik mereka. Pikiran mereka terbatas hanya pada pacar anak-anaknya yang mempunyai masa depan tanpa mau tahu perjuangannya. Padahal tidak sedikit yang membicrakan keluarga saya di belakang yang memang "agak sedikit memilih-milih".

Seringkali pacar saya sangat sakit hati karena perkataan keluarga saya yang disebarkan ke tetangga-tetangga tapi, pacar saya sabar karena menghargai saya dan keluarga. Saya sempat mengalamai gejala stress dan berat badan turun 10 kg. Selain stress gara-gara masalah ini, saya juga sedang mengikuti ospek pada waktu itu.

Papa saya juga berasal dari keluarga sederhana. Pada awalnya papa saya juga ditentang habis-habisan, tetapi sekarang termasuk mantu yg cukup sukses. Bukannya berkaca pada masa lalunya, papa saya yang pada awalnya diam saja, tetapi sekarang menyuruh saya cepat putus dan mama saya mengiyakan dan menyuruh saya mencari pacar di tempat kuliah.

pernah pada bulan puasa kemarin, saya pulang jam 8 malam, saya dimarahin sama mama, tetapi kakak laki-laki saya "ngapel" ke rumah pacarnya dari rumah jam 9 malam dan pulang jam 12 malam, nggak pernah dimarahin.
Apa-apa yang kita lakuin selalu salah dan dihina-hina. Sekarang saya mulai stress lagi, padahal sekarang pacar saya sudah berkuliah dan mempunyai pekerjaan sampingan. Jujur aja, kita udah saling sayang banget! Pacar saya sangat menghargai saya dan dia orang yang bertanggung jawab dan berkemauan keras.

Apa yang harus saya lakukan agar keluarga saya gak banyak bicara dan menyetujui hubungan kami?
Agar saya tidak stress lagi?
Saya orang yang sangat sensitif, apalagi kalau dikritik!!
Tolong saya yah!?

Saran saya (Admin):

Saya setuju dengan pilihan kamu. Kamu memilih pria yang mandiri dan punya keinginan kuat untuk maju. Saya yakin suatau saat nanti ia akan menjadi orang yang sukses. Saya juga yakin dia akan menjadi suami yang baik dan setia, alasannya? Darah ayah yang mengalir di tubuhnya adalah ayah yang setia pada istrinya, sampai-sampai ia tak menikah lagi sejak istrinya meninggal. Dua hal ini sebenarnya bisa menjadi alasan yang cukup bagi orang tuamu untuk menerima pacar kamu di keluarganya. Belum menjadi jaminan anak orang kaya, anak pejabat atau anak orang terhormat akan menjadi suami yang baik dan bertanggung jawab.

Masalahnya sekarang, bisa gak kamu meyakinkan orang tua kamu tentang apa yang kamu yakini dari pacar kamu saat ini. Kamu harus mencari cara untuk meyakinkan orang tua kamu, tentu saja dengan cara-cara yang santun dan elegan, bukan dengan cara-cara yang negatif dan emosional. Kamu harus tetap berpikir jernih menghadapi situasi ini.

Buktikan bahwa pacar kamu memang pria yang bertanggung jawab, mandiri dan punya keinginan kuat untuk maju. Pacar kamu harus bisa menunjukan kepribadian dan kemampuanya kepada keluarga besar kamu. Lebih bagus kalau pacar kamu punya pekerjaan dengan potensi karier dan masa depan yang bagus.

Jangan abaikan,penampilan juga penting. Penampilan pacar kamu harus benar-benar meyakinan di hadapan keluarga besar kamu. Dengan sikap dan penampilan yang meyakinkan ditambah pekerjaan dengan karier yang bagus, mungkin semua itu bisa meyakinkan dan meluluhkan orang tua kamu untuk bisa menerima pacar kamu sebagai bagian dari keluarga besar kamu.

Ada dua kemungkinan akhir dari kasus ini, kamu yang menyerah atau oarng tua kamu yang menyerah. Saya berharap orang tua kamu yang menyerah dan kamu yang menang dengan elagan. Jangan lupa berdo’a, memohon kepada-Nya agar membukakan pintu hati dan meluluhkan kekerasan hati orang tua kamu. Semoga berhasil!



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 6 komentar ke “Stres Karena Pacar Ditentang Orang Tua”
Anonim mengatakan...

kaya cerita teman saya nich
boleh tebak orang bekasi ya?

1r3450n on Selasa, 07 Mei 2013 17.10.00 WIB mengatakan...

mas atau mba admin, ceritanya sya ambil ya untuk tugas tulisan saya.

melisa on Minggu, 16 Juni 2013 18.38.00 WIB mengatakan...

crita saya banget nihhhh :( sama persis

Anonim mengatakan...

Me too. 99% persis! Bukan salah dia kan dilahirkan dr keluarga miskin. Saya berusaha meyinkan pacar saya tp sepertinya pacar saya mulai lelah dg backstreet. Setelah membaca artikel ini saya jd termotivasi untuk segera mengenalkan pacar ke keluarga saya namun dg 1 syarat ia harus sabar dan memahami konsekuensinya

Anonim mengatakan...

Sama bgt.. apa salahny sih klo pacar qt bkn org yg kaya.. aq jg ga butuh jd org kaya dulu.. aq pengen hdp seneng aja sm pasanganku... knp org tua cm melihat dr kaya atau tdkny org itu.. ayahku jg padahal dulu bukan org yg mampu scara finasial..tp karena dia berusaha bs sukses.. knp ga bs mikir kestu jg.. siapa tau pacarku jg bs seperti ituuu.. sampe aq ngebenci org tuaku krn mrk ga ngerti perasaan anaknya....

Anonim mengatakan...

Sama bgt 99% kyk problem aku sekarang,aku bingung bgt nih guys harus gmn, soalnya ortu gw udah nganggep pacar gw negative gitu,karna dari kalangan yg ngga sepadan ama gw,dan mengangap latar belakang pacar gw ngga jelas gitu..padahal pacar gw mandiri abis. sebenernya kita udah rada give up gitu, but.. yakinin satu sama lain klo kita bisa.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial