Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Sebuah Lukisan, Sebuah Kebahagiaan dan Sebuah Kepuasan Batin

    

Oleh Tarjum

Lukisan ini aku buat tahun 1999.

Menggunakan media lukis cat air di atas kertas.

Modelnya aku ambil dari foto ilustrasi sebuah surat kabar, tentang ibu-ibu petani di sebuah desa yang sedang antri membeli beras.

Aku suka dengan foto-foto atau gambar-gambar yang artistik dan bernilai seni. Foto dan gambar yang bermakna dan bercerita tentang sebuah peristiwa.

Dulu aku suka mengumpulkan foto dan gambar seperti itu untuk aku lukis kembali. Media lukis yang aku gunakan dan aku sukai adalah cat air.

Foto dan gambar yang sudah aku pilih, aku buat sketsanya menggunakan pinsil. Seketsa itu aku buat semirip mungkin foto aslinya dengan ukuran yang diperbesar. Setelah seketsanya jadi, baru aku sempurnakan dengan cat air.

Tak jarang, untuk menyelesaikan satu lukisan seukuran kertas gambar, aku butuh waktu beberapa hari atau beberapa malam, lima sampai enam jam sehari.

Tak terasa lelah walaupun harus duduk berjam-jam dengan fokus dan konsentrasi penuh pada media lukis. Aku senang melakukannya karena itu hobiku, kesukaanku.

Setelah lukisan itu jadi, biasanya aku mencari dan membeli sebuah bingkai yang cocok untuk lukisan itu agar tampak lebih indah dan menarik.

Setelah dibingkai rapi, lukisan itu aku pajang di dinding kamarku atau di ruang tamu rumahku. Setiap saat aku bisa melihat dan menikmati keindahan lukisan itu.

Ada kebahagiaan tersendiri saat aku menggoreskan pensil atau menggoreskan cat air dengan kuas di atas kertas. Ada kebahagiaan dan kepuasan batin tersendiri ketika melihat hasil lukisnya yang cukup baik (menurut penilaianku sendiri).

Satu kebahagiaan dan satu kepuasan batin menambah setingkat kepercayaan diri dan penilaian positif pada diri-sendiri, bahwa aku bisa melakukan aktivitas kreatif dan menghasilkan sebuah karya. Walaupun karya itu hanya untuk aku nikmati sendiri.


Apakah anda suka melukis atau membuat sebuah karya seni? Bagaimana perasaan anda saat melakukan dan sesudah melakukannya? Silakan berbagi di komentar.



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 1
Muhammad Ilham on Senin, 13 Mei 2013 17.28.00 WIB mengatakan...

wah keren mas. saya juga suka gambar2 tapi belum begitu terbiasa menggunakan cat, hanya coret2 pensil aja.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial