Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Rencana “Gowes Sepeda Jakarta-Magelang” dalam Rangka Hari Kesehatan Jiwa

    

Oleh Tarjum

Beberapa hari yang lalu saya menerima pemberitahuan via email dari dr. Irmansyah, SpKJ (K). Beliau memberitahukan tentang rencana kegiatan “Gowes Sepeda Jakarta-Magelang” dalam rangka Hari Kesehatan Jiwa 10 Oktober 2012 mendatang.

Berikut informasi yang beliau sampaikan:

Salam Sehat Jiwa,

Rencananya, untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang gangguan jiwa Ditkeswa bekerja sama dengan Komunitas Bike To Work (B2W), akan mengadakan touring sepeda dari Jakarta ke Magelang. Rute yang ditempuh adalah Jakarta-Pamanukan-Cirebon-Pekalongan-Semarang dan Magelang.

Seluruh perjalanan akan berlangsung 6 hari. Satu hari istirahat di Pekalongan dan satu hari di Magelang. Sampai di Magelang tanggal 9 Oktober dan tgl 10 bersepeda ke tempat upacara puncak di RSJ Magelang.

Diharapkan ada ODMK yang bisa ikut touring sepeda ini, sehingga menambah bobot dan nilai advokasi tentang keswa selain dari yang mewakili profesi dan profesional keswa (saya sendiri berniat untuk jadi salah satu peserta).

Untuk itu saya mengharapkan agar PJS, KPSI dan kelompok Solusi Bipolar dapat memberikan dukungan penuh pada program ini dengan; menyampaikan kepada seluruh anggota perhimpunan masing-masing tentang acara ini, serta mengundang dan menyeleksi peserta ODMK yang berminat untuk turut dalam touring sepeda ini. Tentu dengan syarat; sehat fisik, menyukai bersepeda dan bersedia berlatih.

Diharapkan juga tiap anggota KPSI di daerah yang kebetulan dilalui oleh touring ini dapat meramaikan acara di lokasinya masing-masing. Nanti bersama-sama akan dirancang acara khusus untuk kegiatan advokasi di tiap kota yang dilalui touring sepeda ini.

Demikian info sementara ini. Dan saya, meski sudah tidak sebagai direktur keswa, tetap diminta mengkoordinir acara Gowes Sepeda Jakarta-Magelang ini.

Bila ada pertanyaan, info atau usulan terkait dengan kegiatan ini dapat langsung disampaikan/didiskusikan ke saya.

Terima kasih atas kerjasamanya.

Itulah informasi yang saya terima dari dr. Irmansyah, SpKJ (K).

Dalam waktu dekat akan ada rapat tentang touring sepeda ini yang akan mengundang semua komponen yang terlibat.

Komentar dan Tanya Jawab via Email :

Anta Samsara, Penulis buku psikomemoar “Gelombang Lautan Jiwa” yang juga Sekretaris Umum PJS (Perhimpunan Jiwa Sehat), mengomentari pemberitahuan ini :
Program yang mantap! Hanya saja perlu dipikirkan, antipsikotik yang diminum oleh konsumen dapat melemahkan konsentrasi ketika berada di jalan raya, sehingga rentan kecelakaan. Mohon solusinya.

dr. Irmansyah, SpKJ (K) :
Keselamatan tentu akan menjadi prioritas utama. karenanya, tidak semua bisa memenuhi syarat untuk acara ini. nanti akan ada tim seleksi yang menentukan apakah seorang peminat bisa ikut gowes jakarta-magelang.

Tarjum :
Terima kasih atas informasinya. Saya sangat mendukung acara dan kegiatan yang sangat bagus ini. Banyak manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan seperti ini, baik bagi kalangan Keswa maupun masyarakat luas. Ada manfaat fisik, mental, spiritual dan sosial sekaligus.

Insya allah saya akan membantu semampu saya untuk meneruskan informasi ini kepada teman-teman ODMK, keluarga, aktivis dan praktisi Keswa. Saya akan sampaikan informasi penting ini melalui email, blog, situs media sosial dan media lainnya (online dan offline).

Mohon kabar dan informasi berikutnya tentang kegiatan ini. Jika ada yang berminat ikut touring kepada siapa harus menghubungi, syarat spesifiknya apa saja dan kapan batas awal dan akhir waktu pendaftaran pesertanya.
Sekian, ditunggu informasi selanjutnya.

dr. Irmansyah, SpKJ (K):
Terima kasih Pak Tarjum atas dukungannya, maaf lambat merespon. Saya akan hubungi secepatnya untuk kontak person dan hal lain terkait program ini.

Lina Regina :
Berbagai persiapan yang dilakukan sebelum terpilih menjadi "Biker" Jakarta-Magelang. Latihannya setiap minggu selama 2-3 bulan dengan batasan usia 50 tahun.

Peserta dari ODMK kalau bisa ada yang bersepeda Jakarta-Magelang, tapi kalau tidak bisa sampai perbatasan Jakarta lalu estafet ke temannya. (Bagaimana dr. Irmansyah tentang hal ini?).

Kemudian untuk pengamanan kita perlu menghubungi Polda, diiringi ambulans, motor dan mobil patroli?

Waktu tinggal 4 bulan lagi. Berarti masih ada sekitar 2 minggu untuk menentukan siapa yang akan ikut. Kemudian 2 minggu lagi persiapan test kesehatannya secara menyeluruh dan pada awal Juli mulai latihan bersepedanya.
Demikian Anta Samsara. Yuk nyambung terus dan dukung acara ini.

Anta Samsara :
Berkaitan dengan peserta luar kota bagaimana latihannya? Saya kini sedang bekerja di Komunitas Sehat Jiwa Cianjur, dan saya sangat ingin ikut. Di Cianjur orang jarang menjual sepeda (dan juga mereka jarang memakainya karena geografis yang bergunung-gunung).

Dengan demikian, permasalahan saya adalah: apakah saya bisa ikut serta sementara saya tidak bisa ikut latihan di Jakarta? Apakah orang seperti saya akan diloloskan seeding (penyaringan) kesehatan sementara karena alam dan tiadanya fasilitas membuat saya tidak mungkin untuk latihan? Sehingga ada kemungkinan saya tidak sehat raga waktu pelaksanaan.

Yang berminat mengikuti touring sepeda ini silakan hubungi dr. Irmansyah, SpKJ (K) melalui email irmansyah@gmail.com.

Rekan-rekan ODB, ODS, ODMK, keluarga ODMK, aktivis dan praktisi keswa, mari bersama-sama kita dukung dan sukseskan even untuk menacapai tujuan “meningkatkan awareness masyarakat tentang gangguan jiwa”.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 4 komentar ke “Rencana “Gowes Sepeda Jakarta-Magelang” dalam Rangka Hari Kesehatan Jiwa
Anonim mengatakan...

sip lah itu, tapi saya yakin selama diperjalanan akan banyak saja iklan obat jiwa yg ikut "nyantol" termasuk dokternya... bagus sih tapi tetep saja menyisakan masalah dikemudian hari

PAK JORDAN DI PALEMBANG on Minggu, 01 Juni 2014 22.50.00 WIB mengatakan...

Ass.wr.wb...aku ingin berkomentar sekaligus mencurahkan isi hati,aku ini cuma seorang sopir angkot,yang pendapatannya tidak seberapa yang tidak bisa memenuhi kebutuhan keluarga saya sehari2,atas bantuan MBAH MACENNING saya sekaran sudah punya usaha kecil2an,dan saya juga sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya itu semua berkat bantuan MBAH yang memberikan angka 4D alhamdulillah berhasil dapat 125jt..bagi saudarah2 penggemar togel ingin merasakan kemenangan ini solusi yang tepat lansung hubungi 0852-4283-2547 MBAH MACENNING nomor ritual MBAH MACENNING memang selalu tepat dan terbukti.

Atot Gunadharma on Kamis, 08 September 2016 12.42.00 WIB mengatakan...

Sip,
Salam Kenal Mas,
Kalau ada waktu, gabung di Gowes Wisata Magelang ya,...
monggo dikunjungi : http://goweswisata2016.blogspot.co.id
atau youtube di : https://youtu.be/6dWZ4ORHWeA
Terima kasih

neuneu zapplerepair on Sabtu, 01 April 2017 10.59.00 WIB mengatakan...

blog yang bagus dan cukup bermanfaat ... jangan lupa juga kunjungi HOSTEL MURAH DI BANDUNG COCOK UNTUK BACKPACKER

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial