Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Cemas, Takut dan Bimbang Terhadap Diri-Sendiri, Bagaimana Solusinya?

    

Seorang pemuda dengan nama samaran Andi, curhat di Forum Curhat.

Berikut curhatnya:

Saya Andi, pria 27 tahun. Saya seorang yang suka dengan kesendirian. Karena saya menganggap, dengan kesendirian saya berharap tidak menambah dan membuat masalah baru dalam hidup saya.

Saya pribadi orang yang cepat emosional dan kurang percaya diri (minder). Saya memiliki masa lalu yang unik, saya cukup lama bergelut dengan hal-hal yang kurang baik bagi kebanyakan orang, hampir selalu pulang pagi dan bergaul dengan dunia malam. Bebas dan lepas, itu yang saya rasakan saat itu.

Yang saya herankan, meskipun saya sedang bersama-sama teman, saya merasa hidup saya sendiri. Pernah beberapa kali orang-orang di sekitar saya mengatakan ,jika saya sedang menghadapi suatu masalah, walaupun itu merupakan masalah kecil, saya menganggap dan memperlakukan itu seperti masalah yang serius dan besar.

Saya takut kebiasaan saya ini berlarut larut dan merugikan orang orang di sekitar saya. Apa lagi mungkin beberapa bulan lagi saya memutuskan akan menikah.

Kadang saya berfikir, apakah ini memiliki keterkaitan dengan masa kecil saya? Ibu saya memiliki kebiasaan marah-marah dan berkata-kata keras. Beliau orang yang terlampau keras dan disiplin bagi saya. Semua harus nurut. Sampai-sampai ayah saya kadang memilih untuk mengalah jika terjadi suatu perbedaan argumen dalam setiap menyelesaikan masalah.

Bimbang terhadap diri saya, adalah saya saat ini. Saya benar-benar takut dengan permasalahan yang saya hadapi.

Yang ingin saya tanyakan adalah, Apakah saya sudah menginjak lingkup ruang gejala-gejala permasalahan mental yang serius? Dan Alternatif yang tepat untuk saya, apa sebaiknya yang harus saya lakukan saat ini? Tolong saya!


Karena saya pikir masalah yang dihadapi Andi juga dihadapi banyak anak muda seusianya, saya posting tanggapan saya di blog ini agar lebih banyak orang yang bisa membacanya.

Saya harap posting ini bisa memberi solusi khususnya bagi Andi dan bagi kaum muda yang mungkin menghadapi masalah seperti Andi. Paling tidak anda sekalian bisa mendapatkan inspirasi dari posting ini.


Berikut tanggapan saya untuk Andi:


Karena merasa sensitif, mudah emosi dan kurang percaya diri (minder) akibatnya anda menarik diri dari lingkungan pergaulan, lebih suka menyendiri ketimbang gabung dengan aktif berinteraksi dengan teman-teman sebaya.

Ketika merasa minder ketika mencoba berbaur dengan teman-teman anda di lingkungan pergaulan anda. Anda pun merasa asing dan canggung saat berada di tengah keramaian. Karena itu anda tetap merasa sepi dan sendiri walaupun berada di keramaian.

Ketika anda menemui masalah, anda akan memikirkan masalah itu sendiri karena anda enggan menceritakannya kepada teman atau sahabat. Anda menilai masalah tersebut dengan sudut pandang anda sendiri yang belum tentu benar.

Karena merasa sepi dan sendiri akhirnya anda mencari pelarian dengan memasuki dunia malam dan pergaulan bebas, yang bisa membuat anda merasa nyaman dan bahagia walaupun hanya sesaat dan sebenarnya semu. Anda semakin asyik tenggelam dalam dunia yang menurut anda sendiri sebenarnya kurang baik.

Lalu anda bertanya-tanya, mengapa semua itu bisa terjadi?

Bisa jadi sikap, pola pikir dan perilaku anda saat ini akibat dari pengalaman masa kecil anda. Pola asuh orang tua membantuk karakter dan pola pikir anda, bahkan mempengaruhi karakter anda sampai saat ini. Sikap keras sang ibu mungkin yang paling dominan mempengaruhi pola pikir anda.

Nurani anda sebenarnya menentang hal-hal negatif yang sudah dan masih anda lakukan sampai saat ini. Nurani dan akal sehat anda tak bisa dibohongi, karena apa yang anda lakukan salah. Namun, saat ini anda merasa tak berdaya untuk mengubah diri anda sendiri.

Anda mulai bimbang dan takut menghadapi kenyataan. Anda cemas dan khawatir dengan diri anda sendiri dan masa depan anda. Lalu anda menebak-nebak tentang kondisi mental anda, jangan-jangan kondisi psikis anda sudah serius. Anda pun semakin cemas dan semakin cemas. Kalau kondisi ini dibiarkan anda akan masuk ke lingkaran kecemasan yang semakin dalam.

Untungnya saat ini anda sudah menyadari apa yang terjadi dengan diri anda. Saya menghargai keberanian anda untuk membuka diri di forum curhat online.


Pola Asuh Orang Tua dan Pengalaman Masa Kecil

Pola asuh orang tua, kondisi keluarga dan lingkungan pergaulan anda memang sangat berpengaruh terhadap karakter, pola pikir, sikap dan tindakan anda. Tapi jangan jadikan semua itu sebagai alasan untuk menyalahkan orang lain terkait kondisi anda saat ini.

Diri anda dan masa depan anda sepenuhnya tanggung jawab anda. Jangan lagi menyalahkan orang lain atau lingkungan, ambil tanggung jawab itu dan segeralah lakukan apa yang perlu anda lakukan untuk memperbaiki keadaan.

Jangan membuang-buang waktu hanya untuk menyalahkan diri sendiri dan orang lain. Jangan berlama-lama meratapi nasib dan keadaan. Kita sebagai manusia akan banyak berbuat salah sepanjang perjalanan hidup kita. Itu wajar dan sangat manusiawi. Jadikan kesalahan-kesalahan yang sudah anda lakukan sebagai media pembelajaran. Segeralah bertindak untuk memperbaiki diri.


Menghentikan Tindakan Negatif dan Memulai Tindakan Positif

Hentikan melakukan tindakan-tindakan negatif yang hanya akan merugikan diri-sendiri dan orang lain. Mulailah melakukan hal-hal positif yang bermanfaat untuk diri-sendiri dan orang lain. Tingkatkan terus kualitas diri anda dengan meningkatkan keunggulan karakter dan skill yang anda miliki sampai batas optimal.

Mulailah dari hal-hal kecil yang anda sukai. Bisa mulai dengan menekuni hoby atau keterampilan yang anda miliki. Jika anda hoby browsing di internet, pelajari dan cari peluang-peluang bisnis yang bisa dijalankan di dunia maya. Jika anda suka facebook-an atau twitter-an, pelajari bagaimana mempromosikan jasa atau bisnis anda melalui facebook dan twitter.

Gak ada salahnya kan selain menekuni hoby, anda juga punya income dari sana. Jadi ketika anda menekuni hoby, anda tak hanya buang-buang waktu dan biaya, sebaliknya anda memanfaatkan waktu dan memberi nilai tambah pada diri anda, hingga akhirnya anda mendapat penghasilan dari hoby anda. Asyik kan?

Sibukkan diri anda diri anda dengan aktivitas positif yang bisa meningkatkan kemampuan anda dalam segala bidang kehidupan. Sehingga anda tak sempat lagi melakukan hal-hal negatif yang akan merugikan diri anda sendiri.

Kalau anda merasa ada yang tak beres dengan kondisi psikis anda dan anda tak bisa mengendalikannya sendiri, agar tak cemas dan terus menebak-nebak tentang apa yang terjadi dengan jiwa anda, segera konsultasi dengan ahlinya (psikolog atau psikiater). Jika sudah diketahui jenis gangguannya bisa ditangani segera.

Masa depan anda sepenuhnya ada di tangan anda. Tak ada yang bisa mengubah diri anda selain anda sendiri. Jadi terserah anda, mau berubah atau tidak?

Demikian saran saya semoga membantu.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 3 komentar ke “Cemas, Takut dan Bimbang Terhadap Diri-Sendiri, Bagaimana Solusinya?
Ali mengatakan...

Bodoh malah togel

Anonim mengatakan...

Enak si Andi masih bisa punya pacar. saya juga punya masalah yang sama dengan Bung Andi.

sooi khoo on Jumat, 23 Agustus 2013 13.25.00 WIB mengatakan...

Halo, Anda dipersilakan ke kuil saya di mana semua jenis masalah diselesaikan dengan kekuatan nenek moyang kita. Anda akan membuat pilihan yang tepat berkonsultasi dengan saya. Anda tulus terjamin dan dijamin bahwa masalah Anda akan diselesaikan dengan dewa saya karena tidak ada yang mustahil di mata dewa saya. Saya telah melakukan ini selama bertahun-tahun dan banyak orang telah mendapatkan manfaat dari pekerjaan yang baik saya. Mantra saya tidak memiliki efek negatif atau buruk pada siapa pun karena daya jenuh dan dari nenek moyang saya. Anda menyarankan untuk menceritakan apa jenis bantuan tepat yang Anda inginkan dewa saya lakukan untuk Anda sehingga saya bisa menyampaikannya kepada dewa saya yang belum pernah jatuh saya dan dia tidak akan pernah melakukan, akan membuang semua jenis spell.in pernikahan, hubungan
seperti Anda dapat memiliki anak sendiri .....
atau Anda memiliki masalah dengan suami Anda .......
atau Anda ingin menemukan seorang kekasih yang akan mencintai Anda ........
Anda loos pekerjaan Anda dan Anda ingin kembali .......
Anda ingin untuk memenangkan kasus di pengadilan ......
dan banyak lagi
silakan hubungi saya sekarang jadi dewa saya dapat memecahkan masalah Anda melalui; lordsspelltemple@gmail.com

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial