Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Guruku Teladanku

    

Oleh Tarjum

Saya punya seorang guru yang saya kenal sejak di bangku sekolah dasar (SD) sampai sekarang. Sebut saja namanya Pak Darma.

Saya pertama kali mengenal Pak Darma, ketika masuk SD awal tahun 80-an.

Ketika itu listrik dan televisi belum masuk ke desa kami. Penerangan rumah masih menggunakan lampu minyak tanah. Yang punya pesawat radio pun bisa dihitung dengan jari.

Dia masih satu kampung dengan saya, hanya beda RT. Jadi saya tahu keseharian dia selain sebagai guru di sekolah. Dia orang yang jujur dan lurus dengan dasar pemahaman agama yang baik. Bahkan sekarang dia menjadi tokoh masyarakat dan tokoh agama di desa kami.


Guru yang Saya Hormati dan Segani

Pak Darma, guru favorit saya. Orangnya berwibawa dan kharismatik. Tegas tapi bijaksana. Dia juga termasuk guru yang cerdas dan kreatif. Murid-murid hormat dan segan padanya.

Dia selalu tampak semangat ketika mengajar di depan kelas. Para muridpun terbawa semangat ketika menyimak materi pelajaran yang dia sampaikan.

Saya paling suka kalau mata pelajaran dia diakhir jam sekolah. Dia biasanya akan mengajukan pertanyaan tentang mata pelajaran yang dia ajarkan. Siapa yang bisa menjawab pertanyaanya dengan benar bisa pulang lebih cepat.

Selain belajar di ruang kelas, saya juga belajar ngaji dan ilmu agama di mesjid kepadanya. Sepulang ngaji saya dan beberapa orang teman berlatih silat di rumahnya.

Mengapa para murid di sekolah segan dan hormat padanya? Karena dia seorang guru yang sederhana, rendah hati, berwibawa dan kharismatik. Selain itu, dia tak hanya mengajar dengan kata-kata tapi dengan teladan dan contoh nyata.

Sampai saat ini pun, saya dan murid-muridnya yang lain, masih hormat dan segan padanya.


Guru yang Dekat dengan Murid

Tapi jangan salah, walaupun dia seorang guru kharismatik yang dihormati dan disegani, tak berarti dia tinggi hati. Sama sekali tidak! Sebaliknya dia sangat rendah hati dan dekat dengan murid-muridnya. Dia juga humoris dan suka bercanda. Ketika sedang bercanda, saya tak merasa sebagai muridnya tapi merasa sebagai sahabatnya.

Sampai sekarang, jika ada masalah pribadi yang tak bisa dipecahkan sendiri, saya suka minta saran dan nasihatnya. Dan dia dengan senang hati mau membantu. Bagi saya dia bukan hanya guru, tapi sahabat dan orangtua.


Mengapa Guru Tak Didengar dan Dihormati?


Pertanyaannya, mengapa sekarang seolah sebagian sosok guru tak lagi dihormati dan disegani oleh murid-muridnya? Mengapa sosok guru tak lagi didengar nasihat dan petuahnya? Akibat nyata dari kondisi ini, salah satunya adalah maraknya tawuran antar pelajar yang bahkan sampai merenggut nyawa.

Mungkin karena sang guru tak lagi memiliki wibawa dan kharisma, sehingga kata-kata dan nasihatnya tak lagi didengar. Mengapa? Karena kata-kata sang guru tak lagi sesuai dengan tindakannya. Teori tak sesuai dengan praktiknya. Tak ada contoh nyata dan keteladanan.


Karakter dan Kepribadian Seorang Guru

Jadi, peningkatan kualitas pendidikan bukan hanya soal perbaikan kurikulum dan segala fasilitas pendukungnya, yang terpenting adalah peningkatan kualitas guru. Kualitas dimaksud bukan hanya dalam hal penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengajar, tapi yang terpenting adalah karakter dan kepribadian sang guru.

Sehingga guru tak lagi diplesetkan negatif "lugu dan kuru" tapi kembali kepada perannya sebagai sosok yang "digugu dan ditiru".

Dengan peningkatan kualitas guru, kurikulum yang sesuai perkembangan zaman dan didukung fasilitas yang memadai, diharapkan kualitas pendidikan negeri ini akan semakin baik dimasa yang akan datang. Lebih baik dari sisi akademik, moral, kepribadian dan budi pekerti peserta didiknya.

Berbicara mengenai upaya peningkatan kualitas guru sebagai tenaga pendidik, tentunya harus diimbangi dengan peningkatan kualitas kesejahteraannya. 



Pola Interaksi Kyai dan Santri


Pola pembelajaran dan interaksi kyai dan santri di pondok pesantren bisa menjadi model sistem pembelajaran di sekolah umum. Di pondok pesantren, peran kyai sangat signifikan dalam membangun karakter dan budi pekerti para santrinya.

Seorang kyai juga menjadi sosok kharismatik yang sangat dihormati dan disegani di lingkungan pesantren. Karena sang kyai bukan hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama dan umum, tapi memberi teladan dan contoh nyata.

Dunia pesantren punya "mantra sakti" yang sangat populer yaitu "Man Jadda Wajada". Kata mutiara bahasa arab ini artinya ringkas tapi tegas “Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil”.

Mantra ini terbukti mampu mencetak manusia-manusia dengan kepribadian tangguh, berakhlak mulia, berbudi luhur dan punya semangat juang tinggi. Mantra yang sudah terbukti mampu mencetak ulama-ulama besar dan pemimpin-pemimpin negeri di berbagai bidang kehidupan.

Image: m.tribunnews.com, pmdgontor.blogspot.com





Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 3 komentar ke “Guruku Teladanku
yusup on Senin, 12 November 2012 13.58.00 WIB mengatakan...

Artikel yang Luar biasa mas, mudah2an di dengar sama diknas kita..
ane jga ad blog, silahkan mampir gan..
http://manfaatsusukambingbubuk.blogspot.com

Tarjum on Selasa, 09 April 2013 20.54.00 WIB mengatakan...

Mohon maaf, blog ini bukan tempat promosi togel dan hal-hal yang tak terkait dengan tema blog ini. Dimohon dengan sangat tidak menulis komentar spam di blog ini. Komentar yang tak sesuai dengan tema blog ini akan dihapus. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Hindi Choti on Kamis, 07 Mei 2015 23.01.00 WIB mengatakan...


Hindi sexy Kahaniya - हिन्दी सेक्सी कहानीयां

Chudai Kahaniya - चुदाई कहानियां

Hindi hot kahaniya - हिन्दी गरम कहानियां

Mast Kahaniya - मस्त कहानियाँ

Hindi Sex story - हिन्दी सेक्स कहानीयां



Nude Lady's Hot Photo, Nude Boobs And Open Pussy

Sexy Actress, Model (Bollywood, Hollywood)



chudai ki hindi kahani

welcome to chudai kahani me - आग लगाने वाली चुदाई

Visit best sexy hindi story - मजेदार सेक्सी कहानियां

Hindi sex kahani dekhiye eiha – आंटी की चुदाई कहानियां

Sexy kahani ke world me apka soyagat hai


New Open Hindi Song Site (New Songs are here)



Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial