Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Apa kata Krisna jika Melihat Kisah Cinta Rais dan Risna?

    

Oleh Tarjum


Foto : http://www.tribunnews.com

Terharu juga melihat video pernikahan Rais yang menunjukan kesedihan Risna yang tak kesampaian menikah dengan Rais.

Saya sebenarnya ketinggalan informasi, karena video/foto Rais dan Risna sudah menyebar di media social sejak pertengahan bulan Oktober dan jadi bahan perbincangan para netizen. Beberapa media online mainstream juga menulis berita tentang “kisah cinta yang tak sampai” kedua sejoli ini.

Dari berita yang saya baca, katanya Rais sempat 2 kali melamar Risna, namun ditolak oleh keluarga Risna karena keluarga Rais tak bisa memenuhi uang panai (mahar) yang ditetapkan keluarga Risna. Jadilah rencana pernikahan dua sejoli yang sudah menjalin tali kasih semenjak SMP ini kandas.

Melihat dan membaca kisah cinta yang mengharukan ini saya teringat serial “Mahabarata” yang sekarang sedang tayang di layar kaca. Waktu itu sedang menayangkan episode ketika Subadra, adik Sri Krisna mau dilamar dan dijodohkan dengan Duryudana, putera mahkota dinasti Kuru dari kerajaan Hastina.





Foto : www.vemale.com

Sri Krisna tidak setuju dengan perjodohan tersebut. Walau Krisna sendiri merupakan produk dari budaya dinasti yang sudah berumur ribuan tahun, tapi Krisna tergolong bangsawan yang berpikiran terbuka dan bisa memandang jauh ke depan menembus batas-batas budaya di zamannya. Ini wajar saja, karena Krisna digambarkan sebagai sosok manusia titisan dewa Wisnu yang sakti mandraguna dan bisa melihat masa depan.

Krisna mengritik sikap para bangsawan Hastina yang memegang teguh tradisi leluluhurnya dengan cara yang kaku. Menurut Krisna, tradisi yang sudah kolot harus dirubah sesuai perkembangan zaman. Krisna menilai para bangsawan Hastina malah terbelenggu oleh adat istiadat yang sudah kolot itu dan mengabaikan sisi lain kemanusiaan yang justru lebih penting diperhatikan.

Dalam hal perjodohan antara Subadra dengan Duryudana, Krisna menilai, demi tradisi, bangsawan Hastina dan Dua Raka itu mengabaikan perasaan dan hak Subadra yang tak menyukai Duryudana. Karena Subadra sebenarnya mencintai putra Pandu yang tampan rupawan yaitu Arjuna.

Mahabarata, karya sastra epik pujangga India berabad-abad silam yang legendaris ini mampu menembus batas-batas negara dan menyeberangi samudera, hingga sampai ke kepulauan nusantara. Sampai sekarang kisah ini sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia dalam berbagai bentuknya (wayang purwa, wayang golek, wayang orang, beragam tarian dan nyanyian).

Yang lebih mengagumkan lagi adalah pemikiran penulisnya yang jauh memandang ke depan melampuai pemikiran di zamannya. Apa yang diceritakan dalam kisah perjodohan Subadra di atas, terjadi dalam kehidupan nyata di zaman modern saat ini, seperti yang dialami Risna dan Rais. Risna dan Rais dipisahkan oleh adat leluhur yang masih dipegang teguh oleh keluarga mereka sampai saat ini.

Kalau saja Krisna hidup saat ini dan melihat apa yang dialami Risna dan Rais, kira-kira apa yang akan dikatakan dan dilakukan Krisna? Jawabannya silakan sampaikan di komentar.

Ini hanya sekedar pemikiran dari seorang penggemar serial kisah “Mahabarata” di layar kaca, jangan terlalu dianggap serius…hehehe…


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 1
pengobatan penyakit asam urat on Rabu, 14 Januari 2015 07.45.00 WIB mengatakan...

just blogwalking.. Nice post and have a nice day :)

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial