BUKU: 2 KUTUB

Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal gangguan bipolar, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah buku “2 KUTUB: Perjalanan Menantang Di Antara Dua Kutub”.

Info Buku >> KLIK DISINI

Inspirasi dari Gadis Mungil dengan Down Sindrom

    


Ketika menginjak usia tiga tahun, saat anak-anak lain seusianya sudah pandai berjaland an berlari, Rika belum bisa berjalan. Orang tuanya sangat khawatir anaknya tidak bisa berjalan sampai dewasa. Segala upaya pengobatan dilakukan, dari pengobatan medis sampai alternatif, namun belum juga menunjukan hasil seperti yang diharapkan.

Sampai suatu saat, sang ibu membaca status BBM saya yang menjelaskan manfaat produk-produk suplemen herbal untuk kesehatan. Dia tertarik dengan penjelasan tantang manfaat produk-produk suplemen herbal yang saya pasarkan. Saya jelaskan tentang program Detox, paket produk dan beberapa produk yang terkait dengan masalah kaum wanita, salah satunya yaitu masalah kelebihan berat badan.

Sampai akhirnya dia cerita soal puteri kecilnya yang di usia 3 tahun belum juga bisa berjalan. Dia sempat mengatakan, berapapun harga produknya akan dia beli jika bisa membuat putri kecilnya bisa berjalan.


Singkat cerita, dia berminat membeli produk suplemen herbal untuk putri kecilnya. Dia sangat berharap dengan produk tersebut, putrinya bisa segera berjalan seperti teman-teman sebayanya.

Saya segera konsultasi dengan dr. Prapti, Konsultan Produk Synergy WorldWide, saya jelaskan data dan kondisi si gadis mungil yang didiagnosa Down Syndrom. Dr. Prapti merekomendasikan beberapa produk.

Rekomendasi dokter konsultan produk, saya sampaikan kepada ibu si anak (sebut saja Rina). Rina setuju membeli produk-produk tersebut untuk anak tersayangnya. Dalam beberapa hari produk sudah sampai di rumah dan esoknya produk diambil oleh ayahnya Rika.

Beberapa minggu kemudian, saya mendapat kabar dari Rina, bahwa Rika sudah mulai bisa berjalan, walau masih tertatih-tatih. Alhamdulillah, atas Izin Allah, do’a tulus yang tak pernah terputus dari orang tuanya dan syariatnya produk suplemen Synergy, Rika sudah bisa berjalan.

Kemarin (Senin, 12/09/2016) saya mengunjungi Rika di rumah neneknya. Entahlah apakah dia masih mengenali saya atau tidak. Rika, mudah akrab dengan siapa saja, bahkan dia tergolong pemberani, sama sekali tak takut kepada orang yang baru dikenalnya.

Ketika saya minta Rika berjalan untuk saya rekam, dengan antusias dia berjalan bolak-balik. Saya juga ambil beberapa foto, selain untuk dokumentasi, juga untuk memenuhi permintaan ibunya agar saya mengirimkan foto-foto terbaru Rika. Ketika saya tunjukan kepada Rika, rekaman video dan foto-foto dirinya, dia terlihat senang sekali sampai tertawa-tawa lepas.



Sekilas Tentang Down Syndrom

Down Syndrom (Down syndrome) adalah suatu kondisi keterbelakangan perkembangan fisik dan mental anak yang diakibatkan adanya abnormalitas perkembangan kromosom. Kromosom ini terbentuk akibat kegagalan sepasang kromosom untuk saling memisahkan diri saat terjadi pembelahan.

Kromosom adalah serat-serat khusus yang terdapat di dalam setiap sel di badan manusia dimana terdapat bahan-bagan genetik yang menentukan sifat-sifat seseorang. Selain itu down syndrom disebabkan oleh penyimpangan kromosom semasa konsepsi. Ciri utama daripada bentuk ini adalah dari segi struktur muka dan satu atau ketidakmampuan fisik dan juga waktu hidup yang singkat.

Sebagai perbandingan, bayi normal dilahirkan dengan jumlah 46 kromosom (23 pasang) dengan hanya sepasang (dua) kromosom 21. Sedangkan pada bayi dengan down syndrome, ada 3 kromosom 21, kelebihan kromosom 21. Jadi jumlah semua kromosom adalah 47 kromosom.

Menurut penelitian, down syndrome menimpa satu diantara 800-1000 kelahiran bayi. Diperkirakan saat ini terdapat 4 juta penderita down syndrome di seluruh dunia, dan 300 ribu kasusnya terjadi di Indonesia.

Analisis baru menunjukkan bahwa dewasa ini lebih banyak bayi dilahirkan dengan down syndrome dibanding 15 tahun lalu. Kelainan mayor yang sering berhubungan adalah kelainan jantung 30-40%. atresia gastrointestinal, leukimia dan penyakit tiroid. IQ berkisar 25-50.Insidennya pada Wanita yang hamil diatas usia 35 th meningkat dengan cepat menjadi 1 diantara 250 kelahiran bayi. Diatas 40 th semakin meningkat lagi, 1 diantara 69 kelahiran bayi.


Inpirasi dari Rika



Saya bukan hanya bahagia melihat Rika sudah bisa berjalan walau belum sempurna, saya mendapatkan inspirasi dan pembelajaran dari sang gadis mungil ini.

Di mata saya, Rika adalah gadis mungil yang punya semangat juang tinggi, pemberani, mudah akrab dengan siapa saja, periang, percaya diri dan suka bergaya. Dia seakan tak peduli dengan kondisi fisiknya yang tidak sesempurna teman-teman sebayanya, dia ingin bermain dengan siapa saja bahkan dengan orang yang baru dikenalnya. Ketika menemukan hal-hal yang menurutnya lucu, dia tertawa lepas penuh kebahagiaan.

Saya mendapat inspirasi dan pembelajaran dari Rika, bahwa dalam menjalani hidup ini, kita harus senantiasa bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini walau di mata orang lain mungkin tak sempurna. Karena kebahagiaan tidak terletak pada kesempurnaan, tapi pada penerimaan ikhlas dan rasa syukur atas segala kekurangan. Bahagia milik semua orang, tanpa memandang penampilan, materi dan status sosial.

Dengan semangatnya, percaya dirinya, keberaniannya dan kemampuannya berinteraksi, walaupun mungkin fisiknya tidak sempurna, saya yakin Rika akan menjadi perempuan sukses yang bisa menginspirasi banyak orang. Walau di mata orang-orang Rika mungkin idak sempurna, tapi Tuhan menciptakan dia sempurna tanpa cacat.

Teruslah semangat Rika, teruslah berjuang, teruslah tertawa bahagia, terus pupuk rasa percaya diri dan keberanian, karena masa depanmu sangat cerah dan penuh harapan. Masa depanmu ada di tanganmu sendiri dan di tangan Tuhan.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Inspirasi dari Gadis Mungil dengan Down Sindrom”

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

Tiga Serangkai eBook Bipolar

3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.
eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial