Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Apa sih Cinta Sejati Itu?

    

Saya sedang membaca dan berusaha memahami sebuah buku. Sebenarnya saya sudah beberapa kali membaca buku ini, namun saya merasa belum bisa memahami banyak hal dari materi buku ini. Mungkin ada di antara rekan-rekan yang pernah membaca buku ini. Bukunya berjudul "AWARENESS" karya Anthony de Mello, S.J. Buku ini menjelaskan tentang KESADARAN, tentang bagaimana kita menjadi orang yang SADAR, tidak terus-terus TIDUR dan terjebak oleh ilusi dalam menjalani hidup ini.


Penjelasannya sangat dalam, menyentuh hal-hal yang sangat mendasar tentang "jati diri manusia". Kadang saking mendalamnya, penjelasannya sulit saya fahami. Namun kadang jika saya memahami sesuatu hal (tentang diri saya) dalam buku ini, saya sering berseru dalam hati, "Wow ini luar biasa!"

Berikut salah satu bahasan dalam buku ini yang bisa kita jadikan bahan renungan. "Bila anda menggantungkan kebahagiaan anda kepada orang lain, hal berikutnya yang akan anda lakukan, baik secara sadar maupun tidak sadar adalah MENUNTUT orang lain melakukan sesuatu untuk kebahagiaan anda. Akibat berikutnya akan muncul rasa takut: takut kehilangan, takut terasing, takut penolakan, saling menguasai. CINTA SEJATI menyingkirkan rasa takut. Bila ada cinta maka tidak ada keharusan, tidak ada tuntutan, tidak ada ketergantungan. Saya tidak menuntut anda untuk berbuat sesuatu demi kebahagiaan saya; kebahagiaan saya tidak terletak dalam diri anda. Bila suatu saat anda meninggalkan saya, saya tidak akan menyesali diri saya; saya sangat menikmati kebersamaan dengan anda, tetapi saya tidak menggantungkan diri saya kepada anda."

Saya masih belum memahami dengan baik makna uraian di atas. Saya juga masih sulit memahami kalimat berikut, "CINTA SEJATI menyingkirkan rasa takut. Bila ada cinta maka tidak ada keharusan, tidak ada tuntutan, tidak ada ketergantungan."

PENDAPAT TEMAN TENTANG CINTA SEJATI

Bagus P. Prayitno :

Cinta itu adanya di hati bukan dikepala. Jadi kalau dipahami dengan kepala tidak akan sampai.. karena sifatnya bathiniah. Inilah bedanya pemahaman orang bule dan orang timur mengenai dimensi bathin. Cinta ada tempatnya/kedudukannya sendiri.. hanya "Rasa" (bukan perasaan) yang bisa membedakan.
Misalnya cinta kepada pacar tidak sama dengan cinta kpd orang tua.

Bajoe :

aku belum pernah membaca buku ini, meski buku ini sangat populer. Tapi aku mo sumbang pendapat. Karena si Anthony ini adalah seorang spiritualis, maka wajar kalau cinta yang dia maksud dalam wilayah spiritualitas.

Definisi cinta memang macam2, dan ada yang kemudian membuat peringkat. dari eros, agape, dstnya. Nah, cinta yang dimaksud Anthony, menurutku salah satu bentuk cinta, yang mungkin dalam tataran tinggi.

Aku lebih senang dengan istilah ini : Cinta yang membebaskan. Ada analogi begini : cinta itu seperti menggenggam pasir pantai. Makin diremas, maka pasir itu makin keluar. Tapi apabila kita memegangnya dengan lembut, tentu pasir itu bisa dibawa.


Nah, karena urusan cinta ini adalah masalah relasi, antara dua atau lebih manusia, dan yang namanya manusia adalah pribadi-pribadi yang unik, tentu ada unsur kebebasan di sini. Kalo cinta muncul dalam bentuk kepemilikan, maka seperti yang ditulis di atas, yaitu tuntutan pada orang tersebut.Kalau tidak sesuai dengan keinginan, maka kita akan marah.

Contoh paling mudah adalah antara orang tua dan anaknya yg remaja. Si anak pasti punya dunia dan ide yang berbeda, dia sedang mencecap gairah kehidupan.Nah, bagaimana sikap orangtua, apakah membebaskan (dalam tingkatan tertentu bisa juga mengarahkan) atau mengekang si remaja, agar sesuai dengan keinginan orang tua. Ini yang sering terjadi ketika si remaja memilih jurusan jelang kuliah. Misalnya si anak maunya masuk astronomi, tapi orang tua tidak ijinkan, karena mana bisa kaya kalo jadi astronom.

Amy :

Cinta Sejati adalah melepaskan rasa takut, menurut saya itu memang benar karena cinta yang sesungguhnya adalah tidak egois melainkan memeberikan kebebasan-kebebasan kepada orang yang kita cintai untuk dapat memilih dan menikmati hidupnya tanpa kekangan dan kendali. dan itu hanya dapat kita lakukan jika kita mengenal dan mencintai diri kita sebelum kita menyatakan cinta kepada orang lain.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 9 komentar ke “Apa sih Cinta Sejati Itu?”
Anonim mengatakan...

CINTA itu :
C : CERITA
I : INDAH
N : NAMUN
T : TIADA
A : ARTI

chanzero2 on Kamis, 24 Juni 2010 01.52.00 WIB mengatakan...

cinta? mungkin kini aku sedang merasakannya,aku gak tahu ini cinta atau ap,yang pasti aku selalu ingin jumpa dia dan juga merindunya setiap saat,ketikan dia bertany apakah aku menerima dia apa adanya ? ku jawab iya.lalu di berkata bahwa dia bukan cewek tipe setia,bgman aku menyikapi hal ini.tanks

Anonim mengatakan...

i don't know about love.....
all is bullshit......
hm.......... yeah.....

ussy adjadech on Jumat, 19 Agustus 2011 06.39.00 WIB mengatakan...

CINTA?????
aku tak mengerti dengan kata cinta....???
ketika dia hadir dalam diri ku.....
justru aku tersiksa karenanya....
aku tak mengerti dengan kata cinta....

saat dia menjauh...
justru aku mencari...
mencari cinta yang tak pasti...
mencari cinta yang tak ada...

tuhan aku tak mengerti.....
dengan keadaan aku sekarang....
dengan jiwa ku yang egois.....
denagn sikap ku yang lemah...

cinta aku mengharapkan.....
engkau yang membawaku.....
kepada kebahagiaan....
kepada kesetiaan.....

Tarjum on Jumat, 19 Agustus 2011 17.50.00 WIB mengatakan...

@ussy adjadech, puisi cinta yang bagus! sedang jatuh cintakah atau sedang bingung karena cinta? moga bukan karena putus cinta :D

Drheea Queen on Senin, 02 Januari 2012 22.40.00 WIB mengatakan...

Cinta itu sangat mudah tuk di ucapkan,, namun tuk mempertanggung jawabkan.y sangatlah sulit.. dari karena itu,, sampai sekarang akuh juga belum tahu apa itu cinta sejati..

Tarjum on Selasa, 03 Januari 2012 08.31.00 WIB mengatakan...

Drheea Queen,
Cinta memang bisa ditafsirkan dengan beragam makna dan cara. Mengucapkan memang lebih mudah ketimbang menjalaninya. Tapi usah terlalu mempersoalkan devinisi cinta, tunjukan cinta itu dalam tindakan dan karya nyata agar bermakna bukan hanya bagi anda tapi bermakna bagi orang-orang di sekitar anda. Begitu menurut saya :)

Mumun Dheraction's on Kamis, 19 April 2012 09.21.00 WIB mengatakan...

Izin Copas yah gan :D

Tarjum on Kamis, 19 April 2012 11.58.00 WIB mengatakan...

@Mumun, silakan klo mau copas. semua artikel di blog ini boleh dicopas asal cantumin sumbernya..:)
Moga artikelnya bermanfaat.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial