Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Hari ini Naskahku Dikirim ke Penerbit

    

Oleh : Tarjum

Hari ini tanggal 20 Mei 2009, bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional, aku mengirimkan naskah buku (kisah pengalamanku selama bergumul dengan gangguan bipolar) ke sebuah penerbit besar di Jakarta. Naskah ini aku beri judul : “Merubah Mimpi Buruk menjadi Mimpi Indah”. Sebenarnya aku tak merencanakan untuk mengirim naskah buku ini bertepatan dengan hari kebangkitan nasional, hanya sebuah kebetulan saja, tapi kebetulan yang syarat makna. Aku akan jadikan hari ini sebagai hari kebangkitan diriku, bangkit untuk meraih impian-impianku, bangkit untuk membuat diriku lebih baik dari hari kemarin dan hari ini.

Beberapa waktu yang lalu naskah ini pernah aku kirimkan ke salah satu penerbit ternama di Jakarta, namun waktu itu naskahku dikembalikan karena dianggap belum layak untuk diterbitkan. Walaupun agak kecewa juga, naskah itu aku perbaiki. Beberapa bagian aku hapus, beberapa bagian aku perbaiki dan aku tambah dengan tulisan baru. Halaman demi halaman aku periksa ulang. Tata bahasanya dan beberapa kesalahan ejaan aku perbaiki. Beberapa sub judul juga aku ganti dengan judul yang lebih relefan dan lebih menarik. Setelah aku rasa naskahnya cukup baik, aku cetak di rental (maklum gak punya komputer) dan hari ini aku kirim ke penerbit.

Tak mudah memang menembus penerbitan besar, apalagi aku hanya orang biasa yang belum dikenal di dunia penerbitan. Kalau aku selebritis, tokoh politik atau penulis terkenal mungkin tak akan kesulitan menerbitkan buku, ..he..he...(belum tentu juga sih). Tapi aku yakin, tulisanku ini layak untuk diterbitkan dan akan laris di pasar perbukuan. Ya, memang aku harus selalu optimis dalam segala hal yang aku lakukan. Klo aku sendiri nggak optimis, siapa lagi yang bisa membuatku optimis. Aku selalu membayangkan bahwa naskah bukuku ini akan diterima dan diterbitkan menjadi sebuah buku. Saat membayangkan ini, aku selalu merasa bangga dan bahagia. Inilah salah satu impian besarku sejak aku menderita bipolar. Aku tak pernah melepaskan impianku ini, bahkan aku terus memupuknya agar semakin tumbuh subur dan berkembang.

Impian membuatku bersemangat dan antusias menjalani hari-hariku. Impian membuat langkahku lebih mantap, karena aku punya arah yang jelas dan pasti untuk dituju. Setiap saat aku selalu mengevaluasi apakah aku semakin mendekat ke arah tujuanku atau sebaliknya, semakin menjauh. Aku tak akan pernah membiarkan apa pun atau siapa pun memalingkan aku dari impianku. Apa pun yang terjadi aku akan berusaha tetap focus pada impianku, sampai impian itu terwujud menjadi kenyataan.
Wah, agak negelantur nih, maklum lagi bersemangat. Balik lagi ke soal naskahku.

Walaupun aku optimis, namun aku sudah siap kecewa jika naskahku ternyata ditolak penerbit. Kalau penerbit yang satu ini menolak, aku akan kirim lagi ke penerbit lain. Ditolak lagi, kirim lagi, begitu seterusnya. Aku bertekad tak akan berhenti sampai naskahku diterbitkan. Aku terinspirasi oleh seorang penulis besar dan ternama yang naskahnya ditolak oleh 27 penerbit dan baru diterima oleh penerbit yang ke 28. Dan ternyata penjualan bukunya sukses, luar biasa! Nah, aku baru ditolak satu penerbit, jadi belum apa-apa dan baru mulai.

Aku mohon do’anya dari teman-teman sekalian, moga-moga naskahku ini bisa diterima dan diterbitkan menjadi sebuah buku yang bisa memberi manfaat kepada orang banyak, amin. Aku pernah mendengar perkataan seorang ustad, “Banyak-banyaklah minta do’a, karena kita tak pernah tahu do’a siapa yang akan dikabulkan.” Siapa tahu ada di antara do’a teman-teman yang dikabulkan.


Oke, teman-teman sampai disini dulu curhatnya. Curhat berikutnya, aku akan cerita sedikit soal naskahku.

Salam sejahtera untuk semuanya.



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 7 komentar ke “Hari ini Naskahku Dikirim ke Penerbit”
Perhimpunan Jiwa Sehat on Kamis, 21 Mei 2009 08.56.00 WIB mengatakan...

Luar biasa, Kang Tarjum. Saya juga berharap buku Kang Tarjum dapat segera terbit. Mengenai penolakan jangan pernah patah semangat, orang sehebat J.K. Rowling saja pernah ditolak oleh berbagai penerbit besar, tapi akhirnya meraih sukses besar, setelah ada yang menerimanya. Saya ingin deh seproduktif Kang Tarjum dalam menulis, akan tetapi penderita skizofrenia nampaknya memang agak tersendat-sendat dalam berkata-kata. Saya sangat menghargai usaha Kang Tarjum dalam membentuk webpage psikologis. Usaha Akang layak diteladani oleh siapa saja yang peduli terhadap kesehatan jiwa. [Lili Suwardi alias Anta Samsara]

Anonim mengatakan...

Kang Tarjum kalau naskahnya diterbitkan tolong beritahu aku, aku akan berusaha menjadi kelompok yang pertama membeli bukunya (dinskizo).
Salam optimis selalu!!!

Tarjum on Jumat, 22 Mei 2009 07.40.00 WIB mengatakan...

@Kang Lili,
terima kasih atas do'a dan dukungannya yang membesarkan hati. Salam untuk rekan-rekan Perhimpunan Jiwa Sehat.

@dinskizo,
wah, terima kasih nih atas kesediaanya membeli buku saya nanti. Do'ain aja ya, naskahnya diterima dan bukunya cepat terbit.

hworang on Jumat, 22 Mei 2009 16.33.00 WIB mengatakan...

promosi....promosiii....maklum pemula

annas on Minggu, 24 Mei 2009 16.59.00 WIB mengatakan...

di tunggu kang, karya nyatanya.....

asep on Senin, 25 Mei 2009 14.50.00 WIB mengatakan...

maju terus Kang, Allah pasti memberi jalan terbaik.

asep canda on Senin, 25 Mei 2009 17.26.00 WIB mengatakan...

keren nih info nya sob mantap

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial