Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Terapi Farmakologi Skizofrenia, Depresi dan Bipolar

    

Sertraline dan Fluoxetine dikombinasi dengan Olanzapine

Oleh: IDS

Penggunaan kombinasi antidepresan golongan SSRI seperti Sertraline dan Fluoxetine ternyata telah banyak diteliti untuk berbagai kasus seperti pada pasien skizofrenia dan depresi atau pasien dengan gangguan bipolar depresi. Untuk kasus skizopfrenia dengan depresi, baru Sertraline saja yang diteliti sampai dengan hari dan hasil penelitiannya menunjukkan efek yang positif.

Penelitian STOP-PD, yang diketuai oleh Dr.Barnett Meyers, seorang profesor dari Bagian Psikiatri, Cornell University, yang memulai penelitian pada tahun 2003 sampai dengan tahun 2004 dan berhasil mengumpulkan pasien dewasa lebih besar dibandingkan dengan pasien yang usianya 60 tahunan, dengan total pasien yang ikut serta adalah 259 pasien dan kemudian dirandomisasi.

Setelah dirandomisasi, sebagian pasien mendapatkan Olanzapine plus sertraline dan sebagian lagi diberikan Olanzapine plus plasebo, selama 12 minggu. Setiap pasien yang mendapatkan efek samping wajib untuk dilakukan penghentian terapi dan keluar dari penelitian.

Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa kombinasi Olanzapine dan Sertraline menunjukkan kemaknaan secara statistik dapat mempengaruhi remisi pasien pada minggu ke 12 jika dibandingkan dengan kelompok yang hanya diberikan monoterapi Olanzapine saja. Remisi diukur dan dinilai dengan skor dari Hamilton Depression Rating Scale yang kurang dari 17 dan 2 penilaian tanpa adanya waham. Kebanyakan pasien dengan monoterapi menghentikan terapi sebelum 12 minggu, dibandingkan dengan yang mendapatkan terapi kombinasi.
Selain Sertraline, pernah juga diteliti penggunaan antidepresan Fluoxetine yang dicoba dikombinasikan dengan Olanzapine untuk terapi gangguan bipolar. Dari temuan yang ada menyimpulkan bahwa terapi jangka panjang dengan kombinasi Olanzapine-Fluoxetine kemungkinan penting untuk terapi depresi dan dapat digunakan sebagai terapi kegawatan mania.

Penelitian yang lain yang pernah dikerjakan terhadap Olanzapine dan kombiansi Olanzapine-Fluoxetine untuk terapi bipolar I depresi, yang dilakukan secara acak selama 8 minggu, pada 84 tempat atau RS di rawat jalan atau rawat inap pada 13 negara, totalnya adalah 833 pasien dewasa.

Kesimpulannya, Olanzapine lebih efektif jika dibandingkan dengan plasebo, dan terapi kombinasi Olanzapine-Fluoxetine lebih efektif jika dibandingkan dengan Olanzapine dan plasebo untuk terapi bipolar I depresi tanpa ada risiko terjadinya gejala mania.

Sumber : www.kalbefarma.com (24-Jun-2008)



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 2 komentar ke “Terapi Farmakologi Skizofrenia, Depresi dan Bipolar”
komarudin Wahid on Kamis, 15 Juli 2010 17.06.00 WIB mengatakan...

Istri saya alhamdulillah telah sembuh dari skizofrenia, sudah hampir 3 tahun tidak lagi minum obat dokter dan obat herbal. Istri saya menjalani terapi dengan konsumsi herbal enbepe (dari tanaman pegagan) dan lechitin (sari kedelai)ditambah juga terapi akunpuntur 1xseminggu. Lebih kurang 2 bulan menjalani terapi tersebut istri saya sudah kembali normal dan tidak mengalami gejala2 skizofrenia lagi.
Untuk mendapatkan enbepe, coba searching di google...pt natural nusantara (produsen dua herbal tersebut). Jika kesulitan coba herbal dengan merk lain yang komposisinya dominan pegagan (centela asiatica) dan/atau lechitin kedelai.
komarudin (081380323526)

Tarjum on Kamis, 15 Juli 2010 17.39.00 WIB mengatakan...

Makasih banyak atas informasinya Mas Komarudin Wahid, yang sangat bermanfaat. info ini akan saya teruskan kepada teman-teman dan komunitas skizofrenia, semoga pengalaman anda bisa membantu teman-teman yang sedang menjalani proses penyembuhan skizofrenia.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial