Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Terapi Farmakologi untuk Gangguan Bipolar

    

Tamoxifen sebagai terapi Bipolar (Trial lanjutan)

Oleh: IDS

Tamoxifen sebagai obat golongan SERM (Selective Estrogen Receptor Modulator), akhir-akhir ini mulai banyak dipublikasikan efeknya sebagai neuroprotektor karena telah terbukti secara laboratorium dapat menurunkan ukuran infark secara sementara, serta dapat secara permanen untuk melakukan reperfusi dari iskemia yang terjadi di otak, selain itu beberapa saat yang lalu juga telah diketahui bahwa Tamoxifen mempunyai efek terhadap gangguan bipolar tapi mekanisme kerjanya tidak diketahui secara pasti.

Hingga akhirnya publikasi dari penelitian terbaru terhadap Tamoxifen untuk pasien gangguan bipolar kembali lagi muncul di Archives Journal of General Psychiatry, edisi bulan Maret 2008 yang lalu, dimana disebutkan bahwa Tamoxifen mempunyai hubungan terhadap aktivitas dari protein kinase C (PKC) yang mungkin terdapat pada pasien mania atau bisa dikatakan bahwa Tamoxifen disebut sebagai obat golongan Penghambat PKC.

Untuk membuktikan antimania serta efikasi dari Tamoxifen sebuah Penghambat PKC telah dilakukan penelitian dengan metide acak buta ganda kontrol plasebo, pada 55 pasien yang usianya antara 18 tahun sampai 60 tahun dimana menggunakan pasien dirawat di salah satu unit psikiatri di Izmir, Turki. Semua pasien yang ikut serta dalam penelitian ini didiagnosis bipolar berdasarkan kriteria pada DSM-IV.

Setiap pasien dilakukan intervensi terhadap Tamoxifen atau diberikan plasebo yang dibuat sama persis dengan obatnya sampai lamanya 3 minggu, pasien juga diberikan tambahan Lorazepam 5 mg/hari.

Penilaian utama penelitian ini adalah dari parameter skala YMRS dan kemudian adaah hasil penilaian parameter dari skala CGI (Clinical Global Impressions-Mania scores), dimana tiap minggu scoring depresi dan psikosis dinilai dan diikuti dengan penambahan Lorazepam.

Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa Tamoxifen memperlihatkan efeknya sebagai antimania dan dapat ditoleransi oleh pasien. Dari hasil temuan ini diperlukan klarifikasi lebih lanjut mengenai hubungannya dengan PKC pada patofisiologi gangguan bipolar dan perkembangan dari obat anti PKC sebagai obat yang potensial sebagai antimania atau sebagai stabilizer mood.

Suber : http://www.kalbe.co.id (15-May-2008)



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Terapi Farmakologi untuk Gangguan Bipolar”

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial