Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Wilayah yang Luas Hanya dijaga Sepeda Motor

    

Curhat keprihatinan seorang rakyat terhadap kondisi negeri tercintanya.

Oleh : Sunaji

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, wilayah lautnya pun paling luas di dunia, tak kalah dari dua hal di atas yang membuat Indonesia hebat. kekuatan sipilnya juga begitu besar. Apakah Indonesia tidak hebat ? Begitulah. Namun apalah yang bisa dikata, begitu negara-negara di dunia sedang berusaha menciptakan nuklir, kapal laut dan pesawat tempur negara ini baru mengimpor benda-benda pelengkap kekuatan pengamanan kenegaraan.

Karena wilayah Indonesia yang kepulauan menyebabkan negara ini memiliki batas-batas wilayah kenegaraan dengan negara lain yang berada di wilayah lautan. misalnya batasan antara Indonesia dengan Malaysia atau dengan Singapura. Bagaimana menyiasati hal demikian ? setelah Ambalat, kasus Sipadan dan Ligitan, atau pulau-pulau terluar yang lain, apakah nasibnya harus merana ? apakah batas wilayah kita sudah bergeser karena bencana Tsunami ? terutama di wilayah Indonesia Barat. Kapan patroli laut dilakukan untuk memantau wilayah terluar tadi ? Apakah menunggu setelah negara tetangga membangun infrastruktur di pulau tersebut, atau menunggu adanya kapal patroli dari negara lain, atau juga menunggu nelayan dari negara lain mendirikan bangunan dan beranak pinak di pulau tersebut, kemudian kita baru bereaksi ?

Ketika kita dihadapakan pada anggaran dana yang kecil, muncul pula tragedi kecelakaan pesawat militer milik bangsa tercinta yang menewaskan prajurit pahlawan sejati. Pernahkah anda mendengar bahwa perbatasan darat antara RI dengan Malaysia di wilayah kalimatan bergeser ? Apakah karena imbas letusan gunung berapi ? Begitu sangat prihatinnya saya sebagai warga negara Indonesia yang mencintai tanah tumpah darah dengan segenap jiwa raga, begitu sangat kecilnya bangsa ini dihadapan negara lain yang sudah maju ? Apa dianggap bahwa negara yang luas ini hanya dijaga oleh seorang parjurit yang hanya menggunakan sepeda motor saja ? Kalau hanya seorang prajurit yang menjaga dengan hanya menggunakan sepeda motor saja apa mungkin mengetahui secara pasti batas wilayah laut, batas wilayah udara dan batas wilayah darat negeri ini ?

Saya berharap para petinggi TNI menatap dunia ini sebagai dimensi kehidupan yang utuh, tidak sepotong-sepotong. Masayarakat akan merasa aman, tentram jika batas terluar negara ini aman dan terjaga, sementara masyarakat belum sadar bahwa secara perlahan namun pasti wilayah negara kita mulai mengecil. Tengoklah kasus Manohara, TKI dan TKW kita banyak kalahnya dari negara tetangga, bahkan nyawa saudara kita banyak menjadi korban yang sia-sia.

Sunaji
sunaji33@yahoo.co.id

Image by : http://indie.inilah.com/data/berita/foto/56561.jpg



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Wilayah yang Luas Hanya dijaga Sepeda Motor”

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial