Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Apa Sebenarnya Penyebab Kemarahan, Kekecewaan atau Dendam? (Bagian-3 / Selesai)

    

Oleh : Tarjum

Nah, teman-teman sekalian, setelah anda membaca dua tulisan sebelumnya, saya berharap anda bisa mengidentifikasi penyebab kekecewaan, kemarahan, dendam, sakit hati dan perasaan-perasaan negatif lainya dengan menggunakan model teori A-B-C. Setelah mengetahui penyebabnya, anda bisa menyikapi masalah atau peristiwa yang anda alami dengan cara yang lebih rasional dan wajar, bukan dengan sikap yang emosional dan berlebihan.

Jika anda mampu menghadapi setiap masalah atau peristiwa yang menekan dengan hati yang jernih, pikiran yang rasional dan sikap yang positif, anda akan bisa mengambil langkah-langkah penyelesaian yang proporsional dan elagan dari setiap masalah. Selain itu, anda juga akan lebih mampu mengendalikan diri dalam menghadapi peristiwa-peristiwa negatif dalam kehidupan anda. Anda tak akan mudah didikte oleh sikap dan perlakuan negatif seseorang. Tak ada siapa pun atau peristiwa apa pun yang akan membuat anda marah, kecewa, sedih, sakit hati atau gangguan emosi lainya, kecuali anda mengijinkannya.

Mengenai toeri ini, 14 abad yang lalu, dengan cara yang lebih sempurna sebenarnya sudah diajarkan bahkan dicontohkan dengan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari oleh seorang anak manusia. Seorang manusia pilihan yang memiliki ahklak yang mulia dan agung. Kemuliaan akhlaknya bahkan diakui oleh musuh-musuhnya. Seorang insan yang sangat dikasihi Tuhannya dan dicintai miliaran pengikutnya sampai hari ini. Dialah Muhammad sang nabi. Saya selalu terharu ketika mendengar atau membaca kisah-kisah hidupnya yang luar biasa.

Anda mungkin sering membaca atau mendengar kisah sang nabi ketika beliau dihina, dicaci maki, diludahi, dilempari kotoran hewan bahkan dianiaya secara fisik dan psikis. Beliau sama sekali tak terpengaruh oleh sikap dan tindakan negatif orang-orang yang membenci dan memusuhinya. Dia memperlakukan orang-orang yang memusuhinya sama seperti dia memperlakukan orang-orang yang mencintai dan menghormatinya. Tak ada dendam dan kebencian di hatinya yang penuh cinta dan kasih sayang.

Anda mungkin berpikir, “Ya, beliau kan manusia pilihan, nabi dan rasul Allah, lha kita kan manusia biasa…” Benar! Tapi bukankah Allah mengutus para rosulnya untuk diikuti dan dijadikan tauladan dalam kehidupan? Artinya kita juga bisa menjadi seperti beliau, bisa bersikap dan bertindak seperti yang beliau contohkan. Paling tidak kita bisa berusaha untuk berpikir rasional, bersikap dan bertindak positif dalam menghadapi peristiwa-peristiwa negatif di sekitar kita. Untuk itu memang perlu pembelajaran, latihan terus-menerus, kesabaran, keuletan dan keteguhan mental, sehingga nantinya menjadi sebuah kebiasaan dalam berpikir bersikap dan bertindak.

Teman-teman, jika Anda punya trik lain yang lebih jitu dalam menyikapi peristiwa-peristiwa negatif di di sekitar anda? Silakan sampaikan di kolom komentar posting ini.




Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 4 komentar ke “Apa Sebenarnya Penyebab Kemarahan, Kekecewaan atau Dendam? (Bagian-3 / Selesai)”
deadyrizky on Kamis, 27 Mei 2010 16.00.00 WIB mengatakan...

kecerdasan emosi Rasul emang luar biasa:)

Tarjum on Kamis, 27 Mei 2010 16.26.00 WIB mengatakan...

Betul sob, keluhuran ahlak dan kesederhanaannya emang luar biasa. Beliau teladan bagi umat manusia sepanjang masa.

Anonim mengatakan...

Allahumma sholli 'ala sayyyidina Muhammd.. wah bagus sekali ni mas artikel nya..

Anonim mengatakan...

Back to suri teladan kita Nabi Muhammad :-)
Nabi diutus utk dicontoh
Diikuti perbuatan/akhlaknya
Ga bisa 100% ya sebisanya kita aja berapa persen

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial