BUKU: 2 KUTUB

Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal gangguan bipolar, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah buku “2 KUTUB: Perjalanan Menantang Di Antara Dua Kutub”.

Info Buku >> KLIK DISINI

“Saya juga Suka Curhat”

    

Oleh : Tarjum

Teman-teman, bagaimana sebenarnya anda berpikir tentang saya? Apakah anda berpikir saya tak punya masalah, banyak masalah, bisa menyelesaikan masalah atau tidak?

Sebagai manusia yang tak lebih baik dari anda sekalian, saya juga punya banyak masalah. Ada masalah yang bisa saya atasi, ada masalah yang tertunda, ada masalah yang belum teratasi. Masalah akan selalu ada dan dijumpai oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Entah itu masalah pribadi, masalah keluarga, masalah di tempat kerja atau masalah di lingkungan sekitar kita.

Kadang saya juga merasakan ada masalah yang begitu berat, yang tak bisa saya atasi sendiri. Saya juga butuh nasihat dan dukungan dari orang lain, bisa istri, orang tua, saudara, teman, sahabat atau anak-anak saya. Anak-anak? Apakah anak-anak bisa memberi nasihat dan dukungan? Ya! Nasihat dan dukungan bukan dalam bentuk kata-kata nasihat. Senyumannya, suara tawanya, tingkah lucunya dan mimik mukanya, adalah nasihat dan dukungan yang luar biasa dari anak-anak saya, saat saya sedang dalam masalah. Nasihat tanpa kata-kata dari sang buah hati, membuat saya lebih kuat, lebih bersemangat, lebih gigih dan tak mudah menyerah saat menghadapi kesulitan.

Saat saya memberi saran, masukan atau nasihat untuk teman-teman sekalian yang curhat via blog, email, facebook atau via sms dan telepon, sebenarnya saya juga memberi nasihat kepada diri sendiri. Saat saya menguatkan dan mengingatkan teman-teman curhat, disaat yang sama, saya juga menguatkan dan mengingatkan diri sendiri. Saat saya berkata, “Jangan menyerah teman!” di saat yang sama, sebenarnya saya mengatakan, “Jangan menyerah Tarjum!” Dari curhat teman-teman sekalian, saya banyak mendapat pelajaran berharga, tentang beragam problem kehidupan dan bagaimana memahami dan mengatasinya.

Seperti kata pepatah, “Saat memberi, saat menerima”. Ketika saya memberi saran, masukan atau nasihat untuk seorang teman yang sedang dirundung masalah, di saat yang sama saya menerima imbalanya, berupa kepuasan batin dan kebahagiaan. Apalagi jika saran atau nasihat saya bisa membantu sang teman mengatasi masalahnya, ada kebahagiaan tak terhingga yang saya rasakan.

Jika ada masalah biasanya saya curhat atau bicara dengan seseorang yang saya anggap tepat dan bisa memahami masalah saya. Jika ada masalah keluarga yang bisa dibicarakan dengan istri saya akan bicara dengan istri. Jika masalah itu tak bisa dibicarakan dengan istri saya akan bicara dengan saudara atau orang tua. Jika masalah itu tak bisa dibicarakan dengan istri, saudara atau orang tua, akan saya bicarakan dengan teman atau sahabat yang saya percaya bisa memahami dan bisa memberi solusi.

Setelah berusaha semaksimal mungkin dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah yang saya hadapi, selanjutnya saya berdo’a, menunduk dan bersujud dengan segala kerendahan hati di hadapan-Nya. Menumpahkan isi hati dan perasaan dengan segenap jiwa dan raga, mengharap dan meminta petunjuk dan pertolongannya. Saya kembalikan segala urusan dan masalah kepada-Nya yang maha segalanya. Ada ketenangan batin dan ketenteraman jiwa disaat berdo’a dan bersujud di hadapan-Nya. Saya merasa ada tempat berpegang, memohon, berharap dan berlindung disaat segala hal tampak buruk dan rapuh, disaat keputusasaan menyelinap di lubuk hati.

Jika anda punya masalah pribadi, kepada siapa biasanya anda curhat? Curhat kepada seseorang secara langsung atau curhat secara online?

Jika anda berkenan, blog Curhatkita menyediakan beberapa pilihan media curhat online. Anda bisa curhat terbuka langsung di blog ini, di Grup Teman Curhat Facebook atau di Forum Curhat. Bisa juga curhat secara pribadi (tertutup) via email saya : sivalintar@yahoo.com.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 2 komentar ke ““Saya juga Suka Curhat””
Anonim mengatakan...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

Tarjum on Senin, 31 Mei 2010 pukul 20.19.00 WIB mengatakan...

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, Hapi!

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

Tiga Serangkai eBook Bipolar

3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.
eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial