Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Inpirasi dari Piala Dunia 2010, Apa Rahasia Kemenangan Jerman atas Argentina?

    

Oleh : Tarjum

Mungkin sebagian teman-teman pengunjung blog ini bertanya-tanya, “Lho, blog curhat kok ngebahas sepakbola? Penulis blognya juga tiba-tiba jadi komentator sepak bola? Apa sudah ganti tema atau pengelola blognya yang ngawur dan ketularan demam sepak bola???
Enggak juga teman-teman, tulisan saya yang kedua tentang sepak bola ini masih ada kaitannya dengan masalah mental dan kejiwaan. Seperti judul tulisan ini, banyak inpirasi yang bisa kita petik dari ajang perhelatan Piala Dunia Sepak Bola 2010 di Afrika Selatan yang masih berlangsung sampai saat ini.

Oke, langsung saja ya, akan saya jelaskan dari sudut pandang psikologis tentang apa sebenarnya rahasia kemenangan besar Jerman atas raksasa sepak bola Amerika Latin, Argentina, pada pertandingan babak perempat final hari Sabtu (3/7/2010) yang lalu. Saya menyaksikan pertandingan tersebut lewat layar televisi, diantara anda mungkin juga ada yang menyaksikan jalanya pertandingan tersebut.

Rahasia kemengangan tim Jerman menurut pengamatan saya terutama ada dua faktor :
Pertama, pertahanan tim Jerman sangat kokoh. Ketika ada serangan dari tim Argentina, sekitar 6-10 pemain Jerman berada di daerah pertahanan, dengan penuh disiplin menutup ruang gerak pemain Argentina, seperti benteng yang sangat kokoh dan tak mudah ditembus gempuran tim tango yang secara individual memiliki skill dan teknik tinggi. Hal ini membuat para penyerang Argentina tak berkutik saat berada di daerah pertahanan Jerman. Alhasil tak satu pun penyerang Argentina yang mampu membobol gawang Jerman.

Kedua, serangan tim Jerman fokus dan tajam. Saat menyerang baik dari daerah pertahanan maupun serangan balik, para pemain jerman dengan cepat langsung menusuk ke jantung pertahanan Argentina, tidak melebar ke samping atau memutar. Dengan taktik menyerang yang cepat dan tajam seperti ini, tentu saja membuat barisan pertahanan Argentina keteteran dan kalang kabut. Tim Jerman juga lebih menonjol dalam hal kerjasama tim dan tidak terlalu menonjolkan permainan individu. Itulah menurut saya rahasia kemengan Jerman atas Argentina. Jika Jerman konsisten dengan taktik permainannya, bukan tidak mungkin Jerman akan keluar sebagai juara dunia di perhelatan piala dunia kali ini, kita lihat saja nanti.

Lalu, di mana kaitan cerita di atas dengan tema blog ini? Silakan baca terus tulisan ini sampai selesai.

Taktik tim Jerman bisa diterapkan dalam arena ‘permainan’ kehidupan yang sedang kita jalani saat ini. Jika kita sudah punya goal dan tujuan hidup yang jelas, pasti dan terukur, untuk mewujudkannya kita harus melakukan tindakan-tindakan yang focus mengarah ke goal kita, jangan melebar dan memutar-mutar tanpa arah yang jelas, atau malah mundur dan menjauh dari goal kita. Tapi jangan lupa, kita juga harus punya pertahanan yang kokoh untuk menahan setiap serangan fisik dan mental yang akan menggempur kita dari segala arah. Serangan paling berbahaya justru sering datang dari dalam diri kita sendiri. Salah satu penyerang yang berbahaya dan mematikan adalah pikiran negatif yang kadang tak kita sadari karena sering menyamar sebagai penasihat yang bijak.

Jika kita punya pertahanan yang kokoh dan bisa bergerak cepat menyerang dengan menggunakan teknik-teknik terbaik yang kita miliki, lalu focus menuju ke arah goal kita, niscaya kita bisa menwujudkan goal kita dan tampil sebagai pemenang dalam arena permainan kehidupan. Kita bisa keluar dari arena permainan dengan kepala tegak dan senyum lebar penuh kepuasan. Bukan sebaliknya keluar dari arena permainan sebagai pecundang dengan menunduk lesu dan tangis kekecewaan.

Teman-teman, saya tak bermaksud mengajari tentang kehidupan kepada anda sekalian atau mengajari tentang sepak bola, sama sekali tidak! Saya hanya ingin berbagi inspirasi dari gegap-gempitanya perhelatan Piala Dunia Sepak Bola 2010, karena saya salah seorang penggemar sepak bola. Tapi mohon maaf jika ulasan tentang sepak bolanya nggak nyambung, lha wong saya bukan pengamat sepak bola kok, saya hanya penonton, dari layar kaca lagi…he…he…he…

Semoga tulisan tentang sepak bola ini bermanfaat bukan hanya bagi para penggemar sepak bola tapi bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Ngomong-ngomong soal sepak bola, menurut anda tim mana yang akan keluar sebagai pemenang di piala dunia kali ini? Saya menjagokan Jerman sebagai Juara.



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 3 komentar ke “Inpirasi dari Piala Dunia 2010, Apa Rahasia Kemenangan Jerman atas Argentina?”
port8080 on Selasa, 06 Juli 2010 14.37.00 WIB mengatakan...

nice post

Priska mengatakan...

Yups.... jangan keluar dari arena yang mesti kita jalani n janganpernah mau dilemahkan oleh INTIMIDASI yang menghancurkan, sekalipun itu datangnya dri pikiran kita sendiri. Tidak mudah bro n sis tapi kita hrs berjuang....

Tarjum on Selasa, 06 Juli 2010 19.34.00 WIB mengatakan...

@port8080, thank koment positifnya.
@Priska, anda benar, hidup memang harus diperjuangkan agar harapan dan impian bisa kita raih. Ditunggu tulisan dan koment2 lainya.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial