Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Dari Hobi Menjadi Ahli

    

“Internet Sehat Bikin Hebat”

Oleh Tarjum

Internet yang saat ini sedang booming bisa menjadi media untuk mewujudkan keinginan atau impian anda. Melalui media internet, anda bisa menjadi seorang ahli atau pakar di bidang yang anda sukai. Sudah banyak orang-orang yang sangat sukses di dunia maya. Sebagian besar bahkan kaum muda dengan beragam latar belakang pendidikan. Anda juga bisa sukses seperti mereka. Benarkah? Gak percaya? Silakan dicoba! Eh, baca dulu artikelnya sampai tuntas ya.

“Banyak jalan menuju Roma”, demikian kata pepatah. Banyak cara untuk sukses di dunia maya. Namun satu hal yang harus jadi pegangan, anda harus manjalani aktivitas ngenet yang sehat dan positif, memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Sebaliknya, tidak tergoda untuk melakukan aktivitas di internet yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Di internet orang bisa melakukan apa saja, susuatu yang positif maupun negatif. Karena tak ada yang mengawasi apa yang anda lakukan. Diri anda sendirilah yang mengawasi aktivitas anda di dunia maya yang lintas batas ini. Kalau nggak ada kontrol dari diri-sendiri, anda bisa kebablasan, melakukan hal-hal yang negatif dan tidak sehat di internet.

Salah satu cara berinternet sehat adalah dengan berbagi pengalaman dan informasi lewat blog atau situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Nggak harus sharing hal-hal luar biasa, sharing pengalaman pribadi atau seputar hobi anda yang bermanfaat untuk orang lain, sudah cukup bagus. Yang penting anda melakukannya dengan konsisten dan kontinyu. Jika anda menekuni dan mengembangkan apa yang anda sukai di internet, suatu saat nanti anda bisa menjadi spesialis di bidang yang anda sukai dan tekuni tersebut.

Di dunia virtual anda bisa memasarkan karya, produk atau jasa anda sendiri. Bisa juga memasarkan produk atau jasa orang lain, menjadi konsultan bisnis online, menjadi nara sumber di forum atau komunitas online, menulis berita dan artikel untuk media online, dan banyak lagi yang lainnya. Banyak hal positif dan bermanfaat untuk diri-sendiri dan orang lain yang bisa anda lakukan di internet.

Sekedar contoh, umpamanya anda hobi jalan-jalan atau nongkrong di mall. Sepertinya hobi ini kurang bermanfaat dan hanya buang-buang waktu. Benarkah? Melalui internet anda bisa membuat hobi anda bermanfaat untuk anda dan orang lain. Caranya? Buatlah blog tentang aktivitas anda dan para pengunjung mall, misalnya.

Di blog tersebut anda bisa posting tentang apa yang biasa mereka lakukan saat berkunjung ke mall, barang apa yang biasa mereka beli, dengan siapa mereka biasa datang ke mall, makanan atau minuman apa yang paling disukai di mall. Bisa juga cerita tentang tingkah aneh atau lucu para pengunjung mall disertai foto-foto dan video lucu hasil jepretan kamera HP anda, yang bisa membuat orang tersenyum dan tertawa. Anda juga bisa cerita tantang segala hal yang berkaitan dengan mall.

Selanjutnya, blog ‘mall’ anda akan banyak dikunjungi para remaja dan kawula muda yang sehobi dengan anda. Blog anda mulai dikenal, semakin banyak dikunjungi orang, lalu jadi blog yang populer. Karena popularitas blog anda, bukan tidak mungkin akan ada pengelola mall yang tertarik untuk pasang banner di blog anda. Artinya, dari awalnya sekedar hobi, anda mulai menjadi ahli dan bisa menghasilkan uang dari blog anda. Bukankah ini salah satu manfaat dari aktivitas anda di internet. Ini hanya salah satu contoh dari aktivitas ngenet yang sehat dan bermanfaat.

Semudah itukah meraih sukses di internet? Ya, tentu saja tidak! Butuh ketekunan dan kegigihan untuk meraih sebuah kesuksesan di dunia maya maupun di dunia nyata. Tapi, bukankah jika apa yang anda lakukan adalah sesuatu yang anda sukai, anda akan melakukannya dengan senang hati dan tak merasa terbebani? Anda melakukan apa yang anda sukai, sekaligus mendapat manfaat dan bisa memberi manfaat kepada orang lain.

Jangan sekali-kali tergoda atau mencoba untuk melakukan hal-hal negatif di internet. Karena sekali anda tergoda, anda ulangi, lalu anda menyukainya, maka anda akan kecanduan dan sulit melepaskan diri darinya. Aktivitas yang tak sehat di internet bukan hanya akan merugikan diri sendiri tapi bisa merugikan orang lain.

Saya tak bermaksud menggurui apalagi sok tahu, saya hanya ingin berbagi. Saya juga masih terus belajar bagaimana menjalani aktivitas berinternet yang sehat.
Bagaimana menurut anda? Silakan sampaikan pendapat anda di kolom komentar.




Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 9 komentar ke “Dari Hobi Menjadi Ahli
Social Worker on Selasa, 23 November 2010 14.34.00 WIB mengatakan...

Blog Curhatkita
berawal dari hunting untuk melengkapi materi pelayanan rehabilitasi kepada ODS kemudian nyangkut di blog curhatkita yang banyak mengupas pengalaman masalah keseharian kesehatan jiwa berdasarkan orang yang langsung mengalaminya, jadi deh referensi untuk menambah pengetahuan dan motivasi dalam terlibat proses pemberian pelayanan kepada mereka yang memerlukan pendampingan dari kami...trims ya blog curhatkita...

Tarjum on Selasa, 23 November 2010 16.13.00 WIB mengatakan...

@Sama-sama, terima kasih juga atas kunjungan dan apresiasi positifnya. Syukurlah kalau tulisan-tulisan di Curhatkita, bermanfaat untuk banyak orang.

Muhammad Ali on Selasa, 23 November 2010 23.14.00 WIB mengatakan...

alangkah indahnya bila semua hal dari kemajuan teknologi disikapi dengan positiv dan pemikiran serta tingkah laku yang positiv.
teruskah berkarya untuk sebuah cita yang luhur, dan katakan pada dunia bahwa anak bangsa tak hanya bisa merusak apa lagi mengambil sisi negativ dari yang positiv.. ____www.woapik.com___

Lalu Abdul Aziz Mhd on Rabu, 24 November 2010 13.45.00 WIB mengatakan...

Ada apa sie dengan internet. Kok orang rame-rame bicara internet sehat. Apakah internet sedang "sakit"? Oooo...ternyata pada lagi ngikutin kontes SEO to...bagi saya, internet sehat adalah aktivitas berinternet dengan tidak menyia-nyiakan waktu untuk aktivitas yang tidak perlu di internet. Lakukanlah kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain lewat internet.

Tarjum on Rabu, 24 November 2010 18.34.00 WIB mengatakan...

@Ali,
Internet hanya media, tergantung kita menggunakannya, untuk hal-hal positif atau negatif. Siapa menabur benih dia yang akan menuai hasilnya.

Tarjum on Rabu, 24 November 2010 18.38.00 WIB mengatakan...

@Lalu Abdul Aziz,
Makasih atas komentnya. Ya sambil ikut membantu mengkampanyekan berinternet yang sehat, siapa tahu menang, gak masalah kan? klo gak menang juga gak masalah.
Ini bukan kontes seo, tapi kontes konten. Bobot artikel yang dinilai. Lha wong saya bukan jagoan seo kok..he..he..

Salam Internet Sehat!

Nur Rahmat, Nur Hidayat on Jumat, 10 Desember 2010 23.53.00 WIB mengatakan...

Nice post

salam kenal, ditunggu kunjungannya
http://kangrahmat.blogdetik.com/index.php/2010/11/15/sukes-berat-dengan-internet-sehat-tanpa-perlu-tirakat/#comments

phyqhie on Minggu, 12 Desember 2010 10.37.00 WIB mengatakan...

wow, postingannya kereenn..

salam kenal, ditunggu kunjungannya di
http://phyqhie.blogdetik.com/2010/12/08/mulai-berinternet-sehat-untuk-jadi-onliners-hebat/

Tarjum on Senin, 13 Desember 2010 17.24.00 WIB mengatakan...

@Nur Rahmat, @Phyqhie,
Makasih atas kunjungan dan komentarnya. Mari kita sama-sama kampanyekan ngenet dan ngeblog yang sehat dan bermanfaat.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial