Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

2 Pertanyaan tentang Bipolar yang Belum Terjawab Tuntas

    

Oleh Tarjum

Ketika sesuatu yang tak anda fahami terjadi pada diri anda, apakah anda bertanya-tanya pada diri-sendiri? “Apa yang terjadi dengan diri saya? Mengapa ini terjadi pada saya? Apa penyebab semua ini?”

Itu pula yang terjadi pada saya beberapa tahun yang lalu, ketika gangguan jiwa mulai saya rasakan. Saya bertanya-tanya pada diri-sendiri. Beberapa pertanyaan terjawab, beberapa yang lainnya belum terjawab tuntas.

Semakin saya pelajari dan gali tentang gangguan bipolar, ternyata semakin banyak yang tidak saya ketahui. Terjawab satu pertanyaan, muncul lebih banyak pertanyaan yang lain. Beberapa pertanyaan terjawab, namun masih rancu dan mengambang karena belum ada bukti kuat yang mendukungnya.

Beberapa jawaban masih dalam penelitian kebenaran ilmiahnya. Sebagian lainnya belum ditemukan jawabannya.

Ada dua pertanyaan tentang gangguan bipolar yang sampai saat ini belum terjawab tuntas.


1. Apa sebenarnya penyebab gangguan bipolar? 


Sampai saat ini saya belum menemukan jawaban yang pasti, jelas, dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya secara ilmiah.

Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa factor genetic adalah salah satu penyebab gangguan bipolar. Adakah pembuktian ilmiahnya?

Penelitian yang lain menyebutkan factor ketidak seimbangan bio kimiawi dalam otak yang menjadi penyebab gangguan bipolar. Benarkah dan adakah pembuktian ilmiahnya?


2.Terapi apa yang paling tepat untuk mengatasi gangguan bipolar?

Apakah terapi parmakologi lebih efektif ketimbang psikoterapi atau psikososial? Ataukah gabungan dari jenis-jenis terapi tersebut akan lebih efektif mengatasi gangguan bipolar?

Dari pengalaman saya, terapi fisik cukup efektif mengatasi gangguan bipolar yang saya alami. Tapi terapi yang cocok untuk saya belum tentu cocok untuk orang lain. Dan apa yang saya alami belum saya temukan penjelasan ilmiah yang mendukungnya.

Anda punya jawaban atas pertanyaan di atas? Atau anda juga punya pertanyaan yang belum terjawab? Silakan sharing di kolom komentar.

Curhatkita versi mobile, masukan URL ini: http://mippin.com/curhatkita atau http://buzzcity.mobi/curhatkita di browser ponsel anda.




Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 2 komentar ke “2 Pertanyaan tentang Bipolar yang Belum Terjawab Tuntas
Anonim mengatakan...

sya orangnya juga gemar olah fisik mas,terutama fitnes...tetapi kenapa msih ada efek bipolar yang begitu besar bagi saya?bgaimana cara mengatasinya?

Tarjum on Jumat, 25 Maret 2011 19.27.00 WIB mengatakan...

Bagusnya aktivitas fisik yang melibatkan banyak orang, seperti olah raga permainan. Dalam permainan bukan hanya oleh fisik, ada olah mental dan interaksi sosial. Saya sudah menjelaskan hal ini dengan detail di buku saya "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah".

Silakan baca bukunya ya.. :)

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial