Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Ketegaran Seorang Istri

    

Oleh Budi Santosa

Cerita ini diceritakan seseorang pada saya. Tentang seseorang yang menghadapi salah satu anggota keluarga yang mengidap skizofrenia (ODS).

Ada salah satu keluarga sebut saja tinggal di kota T. Mereka sekarang telah hidup rukun setelah mereka melangsungkan suatu pernikahan yang cukup sederhana.

Ceritanya begini. Orang yang mengidap skizofrenia sebut saja Herman. Pengidap yang oleh kalangan awan disebut “gila” atau kurang waras atau ada yang menyebut lebih ekstrim lagi kurang ingatan. Herman termasuk anak cerdas disekolahnya, ia termasuk mendapat rengking atas atau malah sudah biasa dapat rengking satu di sekolahnya.

Pada mulanya Herman termasuk biasa saja, tidak terdapat keanehan dalam karakternya. Dia menempuh sekolah dari SD sampai perguruan tinggi tidak banyak menghadapi masalah. Dia dilahirkan di Yogyakarta. SD, SMP ditempuh di kota Yogyakarta. SMA dilanjutkan di kota T. Sedangkan kuliahnya di salah satu perguruan ternama di kota Yogyakarta. Herman termasuk pemuda yang aktif dalam kegiatan di kampungnya. Herman sekarang sudah bekerja di salah satu lembaga keuangan di kota tempat tinggalnya. Sedangkan istrinya bekerja di kantor notaris.

Gejala awal dari skizofrenia dimulai semenjak mereka pulang dari Jakarta. Ini dimulai sejak Herman memutuskan berhenti kerja di Jakarta dan menjalani kerja sebagai seorang wirausahawan. Dia bercerita sering mendengar suara suara yang aneh dan sering mengalami yang oleh psikiater dinamakan halusinasi. Dia berperilaku aneh; sering ngomong sendiri, dan selalu tidak bisa tidur. Dia hanya menghisap rokok dalam-dalam, kegiatan yang dilakukannya sehari hari.

Keluarganya sampai bingung. Keluarganya mencari berbagai pengobatan alternative berkeliling kesana-kemari. Ada yang dari dukun sampai dari kyai. Semuanya menyimpulkan Herman kena guna-guna, di salahi oleh orang lain. Sampai sutau saat keluarganya menyimpulkan bahwa Herman harus di bawa ke RSJ. Dia diopname selama satu minggu di RSJ Magelang.

Saya sangat terharu terhadap istrinya. Seorang istri yang sangat cantik, cerdas tetapi rela dipersunting oleh orang yang sedang mengidap skizofrenia. Pada awal perkenalan dan masa pacaran sang istri tidak tahu bahwa arjunanya akan mengalami benturan jiwa yang maha dasyat dan perlu kesabaran dalam proses mengasuhnya maupan dalam proses mencapai kesembuhannya. Dia bercerita waulupun suaminya masih mengidap skizofrenia tetapi dia sangat tulus dan ihklas dalam menerima kenyataan. Walaupun suaminya kadang berperilaku aneh, sering mara-marah tapi sang istri begitu dalam cintanya terhadap suaminya.

Bahkan dalam proses pernikahannya sang suami beberapa kali bahkan berpuluh-puluh kali dalam pengucapan ijab qobul di depan penghulu. Maklum pada waktu itu gejala sisa dari penyakitnya belum hilang. Keluarga besar dari istrinya sangat sabar dan ihklas, bahwa anak kesayangannya mendapatkan jodoh orang yang sedang mengidap skizofrenia. Sekarang mereka hidup rukun, saling mengasihi dan sebentar lagi mereka menantikan buah hati yang telah dikandung oleh istri cantiknya selama sembilan bulan.

Selamat menempuh hidup bahagia, semoga Allah selalu senantiasa memberkahi dan mengasihi. Dan semoga orang yang hidup dengan orang yang mengidap penyakit skizofrenia (ODS) dapat membentuk keluarga sakinah, mawadah dan rohmah. Amin.

Temanggung - Jateng, 31 Januari 2011

Jika menurut anda posting ini cukup menarik dan bermanfaat silakan share di twitter atau facebook. Jika mau berlangganan artikel blog ini melalui email, silakan subscribe disini.

Tentang Penulis Tamu
Posting ini ditulis oleh seorang penulis tamu (guest post). Jika Anda ingin menjadi penulis tamu untuk Curhatkita, silakan anda lihat caranya di halaman panduan posting tamu. Di sini anda bisa berbagi cerita, pengalaman, pemahaman dan pengetahuan tentang masalah psikologis dan masalah-masalah pribadi dengan pengunjung Curhatkita.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial