Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Terkaman “Singa” Anxiety

    

Oleh Nugie Nugroho Stine

Pagi hari muncul kembali, “singa” itu menerkamku lagi dan perasaan takut berkecamuk lagi.

Ketika aku terbangun di pagi hari, seringkali dadaku terasa tak begitu nyaman.

Perasaan tidak tenang tiba-tiba saja menyergapku! Menyusup perlahan-lahan di sini, di dadaku. Seolah-olah ia akan mulai menghembuskan kedukaan, kesusahan, dan tak berpengharapan.

Ia menunjukkan kepadaku gambaran-gambaran apa yang akan terjadi kelak. Semuanya suram. Aku akan gagal. Aku akan kalah. Aku akan mendapatkan celaka. Aku akan… Kuingat-ingat lagi, padahal kemarin malam sebelum aku tertidur, aku bisa tersenyum, mengucap: “Terima kasih, Tuhan!” dan terbuai tidur.

Pagi ini juga begitu. Seolah-olah seperti ada singa besar yang baru saja menyerbuku dan merobek-robek dadaku dengan hebat. Setelah itu ia pergi begitu saja lalu meninggalkan kehampaan. Hatiku seperti kehilangan sesuatu.

Siang hari perasaan itu kutinggalkan. Perasaan itu lenyap entah kemana. Kesibukkan pekerjaanku menolong dadaku yang hampa, sedikit terhibur. Punya harapan dan kepastian.

Namun ketika pagi hari mendatangiku lagi, Singa yang sama itu datang lagi. Ia mencakar-cakarku. Getir lagi… Lemah lagi. Pagi hari muncul kembali, dan Singa itu menerkamku lagi dan perasaan takut berkecamuk lagi… Matahari pagi bersinar kembali, aku membuka mataku lagi dan perasaanku tercabik-cabik lagi…
Selalu saja begini!

Setiap kubuka mataku yang terpejam di pagi hari, tidak ada damai dari dalam hatiku.
Semakin hari “Singa Anxiety” menganiayaku!


Seperti sebuah batu besar yang dibebankan dan ditanggungkan ke atas bahuku, demikian semakin hari, setiap pagi Singa itu memberikan beban yang bertambah. Bahuku tak mampu lagi, punggungku terbungkuk, dan mungkin saja dalam waktu yang tak beberapa lama dari sekarang ini aku akan tergeletak.

Cerita di atas tentang apa yang dialami oleh “si aku” adalah cerita tentang “Singa Anxiety”, atau cerita tentang kecemasan. Kecemasan (Anxiety) sebenarnya hampir dialami oleh semua orang. Tetapi ada orang-orang tertentu yang mengalami hal tersebut dengan lebih parah dari yang lainnya.

Kecemasan bersifat mengancam gairah, semangat serta kemauan. Kecemasan biasanya diikuti dengan perasaan kekuatiran, kegelisahan, serta ketakutan. Dan kecemasan yang akut bisa jadi diikuti dengan gejala-gejala fisik yang membingungkan, yaitu seperti:

Jantung berdebar-debar sedemikian kencang, seperti derap sepatu-sepatu tentara yang hendak pergi berperang.
Dada terasa eneg atau mual, dan bernafas pendek-pendek.
Telapak tangan berkeringat.

Solusi:

Kecemasan hanya bisa kita lawan dengan keteguhan hati, doa, dan sikap optimistis dari diri kita sendiri. Ajaklah diri Anda untuk selalu bergembira. Katakanlah kepada diri Anda sendiri, bahwa gambaran-gambaran yang terpampang dalam angan-angan yang di’iklan’kan oleh kecemasan adalah salah besar. Hal-hal itu banyak kali bersifat menipu.

Tujuan kecemasan hadir hanyalah untuk menghambat laju perjalanan hidup Anda. Kecemasan begitu cerdas, ia sungguh tahu di mana letak kelemahan-kelemahan Anda, dan dari kelemahan-kelemahan itulah ia akan bertindak memutar-mutarkan Anda seperti gangsing di area tak berdaya Anda.

Apa yang dikatakan oleh kecemasan memang seolah-olah benar, karena tak salah lagi ia memang telah benar-benar mempelajari bagaimana Anda. Ia tahu Anda. Kecemasan akan mempermainkan Anda untuk selalu murung, pendiam, dan untuk selalu menghakimi diri sendiri dengan begitu rendahnya, bahkan kecemasan akan berusaha melawan sifat humoris Anda.

Anda itu benar-benar luar biasa, mengapa Anda masih saja bersedia dipermainkan oleh Singa Anxiety? Lawanlah dan bertindaklah sungguh-sungguh untuk terbebas. Perbaiki rasa percaya diri Anda dan lanjutkan kehidupan dengan kegembiraan!

Anda punya pengalaman atau pemahaman tentang anxiety atau kecemasan? Silakan berbagi di komentar.

Jika menurut anda posting ini cukup menarik dan bermanfaat silakan share di twitter atau facebook dengan mengklik tombol share di bawah atau di atas posting ini. Jika mau berlangganan artikel blog ini melalui email, silakan subscribe disini.
Tentang penulis : Nugie Nugroho Stine, berasal dari kota Wonosobo. Senang belajar Psikologi. Aktif menulis untuk Renungan YOUTH, terbitan Krista Media, Surabaya. Menulis juga untuk Renungan Anak Muda, terbitan Yayasan Andi, Jogjakarta. Anda bisa berteman dengannya di akun facebooknya.


Tentang Penulis Tamu
Posting ini ditulis oleh seorang penulis tamu (guest post). Jika Anda ingin menjadi penulis tamu untuk Curhatkita, silakan anda lihat caranya di halaman panduan posting tamu. Di sini anda bisa berbagi cerita, pengalaman, pemahaman dan pengetahuan tentang masalah psikologis dan masalah-masalah pribadi dengan pengunjung Curhatkita.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Terkaman “Singa” Anxiety

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial