BUKU: 2 KUTUB

Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal gangguan bipolar, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah buku “2 KUTUB: Perjalanan Menantang Di Antara Dua Kutub”.

Info Buku >> KLIK DISINI

Apa itu Hidup?

    

Seorang gadis remaja (14 tahun) curhat di Forum Curhat. Lain dari curhat biasanya, gadis belia ini menanyakan hal-hal yang mendalam soal “hidup” dan “takdir Tuhan”. Dia merasa pemikirannya berbeda dengan remaja seusianya. Silakan simak curhat lengkapnya.

Lost Myself

once again...
i'm keen of psychology
but now hard to me to find myself
a lot of things run out in my mind

when i talk to other people, they just say : u're maturer than u look. but we can answer ur question now. bcoz it's not ur time now. there's a time 4 everything, u'll finally find what u're looking for maybe in ur adult age.

But what if i wanna it now?
What if GOD doesn't give me longer time to get my adulthood?
I try to figure it out, find the answer of some question jump in my mind frequently.
Hmm, i'm a moslem, i trully believe in GOD


but life isn't as well as i thought
And i like filsafat
but i stuck on my mind
those are some of question :


Apa itu kebenaran?
Einstein mngatakan bahwa tdk ada atupun hal yg mutlak kecuali kcptn cahaya, dan semua hal itu relatif. Relatif adlh tdk sama pda setiap individu, karena styp org mmpnyai sdt pndng sndri.
Lalu bgmn qta thu qta bnr, sdngkan mngkn bgi org lain qta slh?
Bgmn qta dpt mnyesuaikan dri dgn pmkrn org lain, tnpa trpngrh?
Jka smua pola pkr org brbda, lalu ap kbrnrn mutlak yg dpt d jadikan acuan?
bgmn qta thu siapa yg bnr, qta atw org itu?

Smpt aq brpkr mngkn ad kbnrn umum.
tpi lingkungan styp org brbda bkn? nilai2 yg d anut, pengalaman, dll.
Lalu?

Apa itu hidup?
Knp Tuhan mmbri qta hdp, mnuliskan smw hal yg akan trjadi pda qta, d sisi lain mnyiapkan neraka? mngpa tak smw org d takdirkan msk surga? benarkah qta hny'a boneka tangan Tuhan, yg skenarionya d atur sedemikian rupa? ap qta brada d panggung sandiwara kehidupan, yg sbnr'a khdpn qta tlh d tentukan olehNya? bgmn jka sjk awal qta d tkdrkan jd org jahat?
Mngpa Tuhan lakukan itu? beri kebebasan tapi menuliskan keharusan?

Dan satu lagi :
Apa aku waras?
Aq tak mnemuakn remaja seumurku yg mmpu brpkr sjwh ini.
Aq cinta bdng psikologi, ilmu esak dan filsafat. Bbrpa dri mreka mhtku aneh. Aq d pndng tdk mnynangkan, trlalu angkuh dan ngawur klo d ajak bcra.

Hdp yg kulihat mmng hnya trbts pda konteks filsafat, bgmn lg? aq tak tahu kenyataan mcm ap yg hrz'a aq kondisikan dlm my statue of mind.

Apa aq aneh? tdk wajar?
Rsa'a sprti aq khlngn jati diri, duniaku, smw'a...
Hnya karena pkrnku tdk mw brhenti bkrja, trz mnruz menelurkan brbgai mcm prtnyaan yg bgi sbagian bsr org, trlalu konyol, tdk realistik dan menakutkan.

Mngkn ckp sekian dlu. Terimakasih.


Berikut jawaban saya di Forum :

Pertanyaan anda cukup berat, saya akan coba jawab semampu saya.

Soal kebenaran. Kebenaran mutlak hanya milik tuhan. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha mendekati kebenaran tuhan. Kita seperti berada dalam lingkaran titik-titik yang berusaha mencapai titik pusat kebenaran tuhan. Patokan kebenaran kita sebagai seorang muslim tentunya Al-Qur’an dan Hadits. Kita tak bisa memponis kita benar, orang lain salah karena kebenaran yang kita miliki relatif. Kita hanya bisa berusaha melakukan sesuatu yang benar menurut patokan yang kita pegang. Juga menurut akal dan nurani kita. Karena kalau kita melakukan sesuatu hal yang salah biasanya hati nurani kita menolak. Menurut saya kita bukan menyesuaikan diri dengan pemikiran orang lain tapi berusaha memehami pemikiran orang lain dan membandingkannya dengan pemikiran kita. Dari sana kita tidak menganggap pemikiran kita yang paling benar dan bisa menghargai pemikiran orang lain.

Soal takdir tuhan, hidup, mati, surga, neraka, itu semua merupakan hasil penafsiran kandungan Al-Qur’an dan Hadits dari para ulama terdahulu dan saat ini dengan dasar pemikiran dan argumentasi masing-masing. Kebenaran mutlak hanya milik Tuhan, penafsiran manusia mungkin hanya mendekati kebenaran. Mungkin penafsiran itu ada yang keliru bahkan salah. Soal sekenario dan takdir tuhan untuk manusia itu juga hasil penafsiran. Sebagian ulama memang ada yang menafsirkan bahwa segalanya sudah ditentukan tuhan dan manusia tak punya kuasa apa-apa. Tapi sebagian yang lain menafsirkan sebaliknya, bahwa manusia punya kebebasan untuk memilih jalan hidupnya. Para ahli filsafat punya penafsiran yang lain lagi. Terserah kita mau mengikuti penafsiran yang mana yang menurut kita benar.

Anda Waras! Pemikiran-pemikiran anda luar biasa, kritis dan mendalam. Menurut saya anda memiliki kecerdasan spiritual. Anda harus mengembangkan dan mengolah kemampuan yang anda miliki. Untuk itu tentunya anda membutuhkan seorang pembimbing atau guru yang bisa mengarahkan anda mendapatkan jawaban-jawaban atas pertanyaan kritis anda, menemukan kebenaran. Selanjutnya anda berbagi jawaban dengan orang-orang yang mungkin mempertanyakan hal yang sama.

Tapi, untuk memastikan apakah pemikiran-pemikiran anda memang wajar dan normal, sebaiknya anda konsultasi dengan ahlinya, psikolog/psikiater. Saya bukan menganggap anda tak normal, hanya untuk memastikan saja. Soalnya saya pernah mengalami, pikiran saya dipenuhi keyakinan-keyakinan yang mirip dengan yang anda pikirkan saat ini. Itu terjadi saat saya berusia 15 tahun, waktu itu saya duduk di bangku kelas 2 SMP. Saya memikirkan tentang takdir, dosa, surga, neraka, hari kiamat bahkan saya permah mempertanyakan tentang keberadaan tuhan. Pikiran-pikiran itu sangat mengganggu aktivitas saya waktu itu. Awalnya saya menganggap semua itu normal dan wajar saja. Belakangan saya tahu, bahwa saya ternyata mengalami gangguan psikologis, gangguan bipolar namanya, disebut juga manik depresif. Pemikiran-pemikiran aneh dan tak rasional itu merupakan efek dari kondisi psikologis saya yang terganggu. Setelah kondisi psikologis saya mulai pulih, pikiran-pikiran aneh itu pun perlahan hilang dengan sendirinya.

Silakan anda baca dua artikel berikut ini :
Gangguan Bipolar dan Depresi Terselubung.

Anda juga bisa baca kisah langkap saya disini

Coba anda baca 3 buah buku berikut ini. Dari buku-buku bermutu ini mungkin anda bisa menemukan jawaban-jawaban yang lebih memuaskan dari pertanyaan-pertanyaan anda saat ini. Paling tidak anda bisa menemukan titik terang yang bisa mengantarkan anda menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan anda.

Awareness (Antony De Melo, SJ)
Sejarah Tuhan / The History of God (Karen Amstrong)
Muhammad Sang Nabi (Karen Amstrong)

Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.
Sekian, terima kasih.

Anda punya jawaban lain untuk pertanyaan di atas yang mungkin akan lebih memuaskan si penanya? Silakan tuliskan jawaban anda di kolom komentar atau di Forum Curhat.



Image by : majalahsekolah.wordpress.com

Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Apa itu Hidup?”

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

Tiga Serangkai eBook Bipolar

3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.
eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial