Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Sebuah Harapan dari Seorang Mantan Penderita Bipolar

    

Oleh : Tarjum

Saya punya sebuah keinginan, harapan atau mungkin bisa disebut tujuan jangka panjang, “Saya berharap suatu saat nanti orang tak malu lagi jika mengalami gangguan kejiwaan”. Suatu saat nanti orang tak malu lagi mengakui jika dirinya, keluarganya atau orang-orang terdekatnya mengalami gangguan kejiwaan. Karena saya pernah merasakan betul setigma negatif itu. Sampai saat ini pun setigma negatif terhadap penderita gangguan jiwa itu masih sangat kuat.

Saya pernah mengutarakan hal ini saat presentasi di hadapan Prof. Sarlito Wirawan Sarwono (psikolog), Tika Bisono (psikolog), Maria Hartiningsih (wartawan senior Kompas). Waktu itu saya menjadi finalis “Mandom Resolution Award 2004” di Jakarta. Beliau bertiga menjadi dewan juri pada ajang itu. Resolusi saya waktu itu berjudul, “Memiliki Website Psikologi dengan Tampilan Menarik dan Profesional serta Content yang Berbobot Lengkap dan Variatif” Silakan kalau mau mengunjungi situsnya di www.sivalintar.com. Ternyata beliau-beliau sangat menghargai dan mendukung harapan saya itu. Saya sadar, hal itu tak mudah. Namun paling tidak saya bisa melakukan yang saya mampu untuk mewujudkan harapan itu, walaupun hanya dengan langkah-langkah kecil, salah satunya dengan menyebarkan informsi melalui internet.

Salah satu bagian dari upaya mewujudkan harapan itu adalah ‘mengkampanyekan’ (bukan kampanye pilpres ya,..he..he..) “Jangan Malu ke Psikiater dan Psikolog”. Mereka yang mengalami problem kejiwaan enggan ke psikiater/psikolog mungkin karena ketidak-tahuan mereka atau pemahaman yang keliru terhadap profesi psikiater/psikolog. Dalam setiap konsultasi atau saat memberi saran (via email atau telepon) kepada mereka yang curhat, saya selalu menganjurkan agar mereka konsultasi kepada psikiater atau psikolog, terutama kepada mereka yang problem psikologisnya saya anggap berat. Saya sendiri hanya sekedar memberi masukan atau saran-saran yang sifatnya umum dan non-medis, yang lebih bersifat motivasi.

Karena itu, melalui media blog ini, saya ingin menyebarkan informasi yang lebih jelas dan akurat soal profesi psikiater dan psikolog. Misalnya layanan yang diberikan, tempat dan prosedur konsultasi, biaya konsultasi dan hal-hal lain yang terkait dengan layanan psikiater/psikolog. Informasi itu tentunya saya harapkan datang dari para ahli dan orang-orang yang kompeten dibidangnya seperti, psikiater/psikolog, komunitas, perhimpunan, organisasi profesi dan institusi yang terkait dengan bidang kesehatan mental. Saya sangat mengharapkan sumbangan tulisan, pemikiran dan informasi dari orang-orang yang kompeten di bidang ini. Saya akan sangat senang jika psikiater/psikolog, praktisi kesehatan mental dan orang-orang yang peduli terhadap masalah-masalah kesehatan mental berkenan berbagi informasi di blog ini.

Demikian keinginan dan harapan saya sebagai orang yang pernah mengalami pedihnya derita jiwa. Mungkin harapan saya ini juga mewakili harapan orang-orang yang sedang mengalami problem kejiwaan yang membutuhkan dukungan dan bantuan dari para ahli di bidangnya.

Jika anda sekalian memiliki informasi berikut ini :

Nama dan alamat lengkap psikolog/psikiater
Nama dan alamat Panti rehabilitasi mental dan sejenisnya
Nama dan alamat Ahli pengobatan alternatif gangguan mental
Informasi tentang Suplemen, obat-obatan untuk pengobatan gangguan mental
Informasi tentang Perhimpunan/organisasi atau group-group bantuan untuk penderita gangguan mental
Informasi tentang metode terapi pengobatan gangguan mental
Informasi terkini hasil riset/penelitian para ahli gangguan mental
Pengalaman pribadi dalam mengatasi problem-problem kejiwaan
Informasi lain yang terkait dengan problem-problem kejiwaan


Silakan kirim ke blog ini, langsung disini atau via email sivalintar@yahoo.com
Informasi yang anda berikan mungkin akan sangat bermanfaat bagi seseorang yang sedang mengalami masalah kejiwaan dan membutuhkan bantuan.
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan anda. Semoga Tuhan membalas budi baik anda sekalian.

Artikel Terkait :

Apa itu Gangguan Bipolar (Manik Depresif)?
Ke Manakah Berkonsultasi, ke Psikiater atau ke Psikolog Klinis?
Ke Psikiater Belum Tentu Sakit Jiwa
Jangan Malu jika Mengalamai Masalah Kejiwaan



Image by : http://www.republika.co.id/images/news/2009/04/20090413142357.jpg



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 2 komentar ke “Sebuah Harapan dari Seorang Mantan Penderita Bipolar”
Mas Wiro on Rabu, 17 Juni 2009 19.40.00 WIB mengatakan...

Wah Bagus artikelnya
Di lanjutkan terus mas, jarang ada blog spt ini

Tarjum on Rabu, 17 Juni 2009 19.44.00 WIB mengatakan...

Makasih Mas Wiro atas komentarnya, mohon dukunganya agar blog ini bisa terus eksis dan bisa berbagi dengan sesama.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial