Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Penderita Gangguan Jiwa Dipasung Selama 3 Bulan

    

Seorang gadis, curhat via email. Dia cerita tentang perlakuan terhadap saudara sepupunya yang mengalami gangguan jiwa. Berikut curhatnya.

Entahlah apa namanya karena saya belum melihatnya tapi dari gejalanya saya kira saudara sepupu saya itu mengalami gangguan bipolar. Orang tuanya mengirimkan dia ke panti rehabilitasi milik seorang kyai di perkampungan. Saudara saya ternyata disana dirawat dalam kamar seperti sel, dikasih makan hanya sekali dalam sehari, bertelanjang dada dan hanya mengenakan celana pendek dan tidur beralaskan dipan papan. Yang paling menyakitkan saudara saya dipasung kakinya. Dan disana ada 18 orang yang mengalami hal yang serupa.

Entahlah apakah ada alasan untuk itu semua, hingga batin dan otaknya menjadi sakit parah. Akhirnya nenek saya membawanya pulang setelah di pasung di sana selama tiga bulan. Saya sangat kesal dan kecewa mendengar praktek rehabilitasi yang seperti itu.
Apakah praktek pemasungan masih diperbolehkan?

Saya sangat tidak setuju dengan praktik seperti itu. Secara psikis dia sudah menderita, pemasungan akan menambah derita psikis dan fisiknya sekaligus. Semua itu mungkin karena stigma negatif terhadap penderita gangguan jiwa. Mungkin juga karena salah persepsi dari pihak keluarga dan panti rehabilitasi. Penderita gangguan jiwa butuh perhatian, cinta dan kasih sayang lebih dari keluarga dan orang-orang terdekatnya. Mengasingkan dan mengurungnya bukan jalan terbaik untuk penyembuhan jiwanya, malah sebaliknya akan memperburuk kondisi jiwanya. Tulisan menarik tentang praktik pemasungan terhadap penderita gangguan jiwa bisa dibaca di sini.

Ada seseorang yang menulis pengalamannya di blog ini, bercerita tentang bagaimana ayahnya yang menderita skizofrenia, kondisinya membaik setelah dipertemukan dengan cucunya. silakan baca kisahnya di sini. Kisah lainnya tentang seorang penderita sakit jiwa yang sembuh setelah dirawat seorang kyai di pondoknya, silakan lihat di sini.
Admin Curhatkita


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Penderita Gangguan Jiwa Dipasung Selama 3 Bulan”

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial