Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Berbagi Pengalaman di Dunia Maya

    

Oleh : Tarjum

Tulisan ini masih berkaitan dengan dua tulisan sebelumnya, “Saya Sudah Tak Kuat Lagi!” Benarkah? Bagian 1 dan Bagian 2. Berikut akan aku ceritakan contoh nyata cerita penglamanku sendiri, tentang bagaimana melewati suatu titik saat kita merasa akan menyerah. Namun, ketika kita bertahan dan terus berusaha kita bisa melewati titik kritis tersebut dan meraih kemenangan. Silakan simak ceritanya. Jangan bosan ya, baca ceritaku!

Sejak bisa mengakses internet, aku mulai belajar membuat email dan menjelajahi situs-situs di internet. Aku membeli buku-buku tentang cara membuat dan menggunakan email juga buku tentang internet secara umum. Setelah menjelajahi situs-situs di internet aku mulai tertarik dan muncul keinginan untuk membuat website. Waktu itu aku berpikir, “Mengapa tidak aku menuliskan pengalamanku dan menampilkannya dalam sebuah website pribadi agar nantinya bisa dibaca orang?” Bagiku ini mungkin akan menjadi ‘jalan memutar’ yang akan mengantarkan aku mewujudkan impianku, menerbitkan kisah pengalamanku ke dalam sebuah buku. Tapi, bagaimana caranya membuat website, aku belum tahu. Waktu itu aku menganggap, membuat website itu rumit dan harus menguasai bahasa pemrograman. “Bisa nggak ya aku?” Sejak itu, Aku punya impian lain, ingin bisa membuat situs pribadi, agar kisah pengalamanku bisa dibaca orang di dunia maya.

Meski waktu itu aku baru kenal internet dan sama sekali tak tahu apa-apa soal pemrograman web, namun aku sangat ingin bisa membuat website psikologi. Aku bertekad, sesulit apa pun akan aku pelajari caranya. Ketika itu aku belum mengenal yang namanya blog karena istilah blogging sendiri belum sepopuler seperti sekarang. Aku mencari informasi di internet tentang cara membuat situs. Selain itu aku juga mencari buku-buku tentang internet dan pembuatan web. Akhirnya di sebuah toko buku di kota Subang, aku menemukan buku tentang cara membuat website dengan kode-kode HTML. Dari buku itu pula aku mendapat informasi tentang software gratisan untuk membuat script-script HTML. Nama software-nya CuteHTML. Software berikut contoh-contoh script, gambar, tombol dan icon sudah dikemas dalam dua buah CD. CD itu aku beli dari pengarang buku tersebut seharga 20.000 rupiah dan dikirim via pos.

Singkat cerita mulailah aku belajar membuat kode-kode html dan langsung praktik. Sekitar tiga bulan aku belajar membuat halaman-halaman situs dengan puluhan bahkan mungkin ratusan kali kesalahan membuat kode. Anehnya aku tak pernah merasa capek atau bosan melakukanya, sebaliknya aku sangat senang melakukannya. Semua itu aku lakukan saat istirahat kerja atau sepulang kerja, sore atau malam hari. Usaha kerasku membuahkan hasil, beberapa halaman situs yang masih “3S” (Sangat Sederhana Sekali) sudah jadi berikut link antar halamanya.

Langkah selanjutnya, untuk mengupload file-file situs yang sudah kubuat tersebut, tentunya aku butuh hosting dan domain, agar situsku bisa diakses di jaringan internet. Sesuai petunjuk dan langkah-langkah upload file dari buku itu juga, aku menggunakan hosting dan domain di Tripod (http://tripod.lycos.com). Nama domain situsku waktu itu adalah http://sivalintar.tripod.com. Nama sivalintar merupakan gabungan dari nama anakku, istriku dan namaku sendiri. Sivalintar adalah singkatan dari Siti Vania (nama anakku), Linda Mulyanah (nama istriku) dan Tarjum (namaku). Selanjutnya nama situsnya menjadi www.sivalintar.com (saat ini tak bisa diakses karena ada masalah di hostingnya).

Makna dari nama sivalintar adalah: aku menggabungkan nama anakku, istriku dan namaku karena dalam menjalankan misiku ini aku butuh dukungan penuh dari keluargaku. Aku menempatkan nama anakku di depan, artinya di masa depan anakkulah yang akan mewujudkan visi dan misiku, meneruskan usaha-usahaku membantu orang-orang yang mangalami masalah kejiwaan.

Bahagia sekali rasanya ketika aku berhasil mengupload beberapa file situs yang kubuat ke hosting tripod dan situsku untuk pertama kalinya muncul di internet. Kebahagiaan dan kebanggaan yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Hari bersejarah itu aku catat di buku harian. Upload file tanggal 22 Agustus 2003, dari jam 15.35 – 16.38. loading perdana situs pada jam 16.40 hari itu juga.

Sambil belajar lebih lanjut, sedikit demi sedikit aku perbaiki kode-kode HTML-nya. Kadang untuk memperbaiki satu file saja, bisa puluhan kali bongkar pasang script sampai tampilan halamanya sesuai keinginan.

“Musibah” yang Hampir Membuatku Menyerah

Pada suatu hari datanglah ‘musibah’ yang sangat tidak diinginkan, bahkan oleh semua pengguna internet, serangan virus. File-file web yang sudah aku buat dengan susah payah terinfeksi virus yang cukup bandel, nama virusnya “VB Terosist”. Ada script-skript aneh dan tak beraturan yang nempel di file HTML. Virus ganas itu tak bisa dihapus denngan anti virus yang ada di komputer. Bisa dihapus secara manual, tapi ketika filenya dibuka script aneh itu muncul lagi. Jadilah aku pusing tujuh keliling! Yang paling membuatku bingung, ada file yang tiba-tiba hilang dari folder. Mau tak mau aku harus menyusun ulang file-file yang sudah kubuat dengan susah payah tersebut.

File-file yang masih terinveksi virus tersebut aku coba upload ke server hosting. Tapi saat di klik di browser, ternyata halaman file tersebut tak muncul, ahirnyanya file-file tersebut aku hapus lagi dari server.

Aku coba cara lain, mengupdate anti virus di computer. Saat scan file, anti virus merekomendasikan untuk menghapus file, karena file tak bisa di perbaiki, aku coba klik “Yes” ternyata file tersebut dihapus, hilang dari folder dan tak bisa dikemabalikan lagi, mati aku! Untungnya aku baru menghapus satu file untuk percobaan. Kalau anti virus meminta untuk menghapus file yang terinveksi, berarti hampir sebagian besar file harus di hapus.
Keadaan ini benar-benar hampir membuatku putus asa. Saat itu aku berpikir, “Mungkin proyek website impianku hanya sampai di sini…….dan aku harus melupakan impianku.”

Tapi, aku belum mau manyerah karena aku terlalu menyukai apa yang aku lakukan ini. Aku coba satu cara lagi, antivirusnya aku non-aktifkan, lalu file-file yang terinveksi virus aku bersihkan secara manual (script-script aneh dan tak beraturan yang nempel di file aku hapus satu persatu). Setelah semua file dibersihkan, antivirusnya diaktifkan lagi. Hasilnya? Alhamdulillah…., virus-virus yang menjengkelkan dan membuatku pusing itu tak muncul lagi dan sang antivirus yang baik hati tak meminta untuk menghapus file-file situsku lagi.
Huh! Plong rasanya, masalah sudah teratasi dan masa kritis yang melelahkan dan hampir membuatku menyerah sudah terlewati.

Kisah ini merupakan bagian dari kisahku selama bergumul dengan gangguan bipoalar yang aku susun menjadi sebuah e-book (buku elektronik) sepanjang 174 halaman, berjudul “Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah (Membumi)”.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Berbagi Pengalaman di Dunia Maya”

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial