Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Curhat di Facebook atau Forum Curhat?

    

Oleh : Tarjum

Teman-teman sekalian, adakah diantara anda yang punya masalah pribadi dan membebani pikiran? Ingin sharing atau curhat tapi bingung curhat kepada siapa dan di media apa? Curhat online di internet bisa menjadi solusi alternatif. Saya pernah menulis tema tentang curhat online di blog ini beberapa waktu yang lalu.

Kelebihan curhat online via internet selain lebih mudah, praktis dan cepat, dari segi biaya juga lebih murah. Dalam hitungan menit bahkan detik anda bisa menulis dan mengirim curhat anda via email, forum atau jejaring sosial. Anda bisa curhat via email, blog, microblogging atau via situs jejaring sosial seperti facebook, twitter atau friendster.

Curhat online juga sifatnya interaktif. Anda bisa berkomunikasi langsung dengan teman curhat anda via chating misalnya. Dengan curhat online, anda bisa mendapatkan respon balik yang cepat dari nara sumber atau teman curhat anda. Selain itu, enaknya curhat online, anda bisa menyembunyikan identitas anda atau menggunakan identitas samaran.

Curhat di Facebook

Saat ini, facebook merupakan situs jejaring sosial paling populer khususnya di Indonesia bahkan di belahan dunia lain. Di facebook kita bisa bertemu teman lama dan teman baru. Kapan saja bisa saling menyapa dan saling berbagi cerita, dari masalah keluarga, pekerjaan, karier sampai masalah-masalah besar bangsa dan negara. Pendek kata, di facebook anda bisa membicarakan masalah apa saja dengan teman-teman anda dari seluruh pelosok negeri sampai di belahan dunia lain.

Di facebook, anda juga bisa sharing dan curhat tentang persoalan-persoalan pribadi dengan teman-teman anda. Tentu saja soal ini anda tak akan berbagi dengan semua teman anda, mungkin hanya dengan beberapa orang teman dekat yang benar-benar anda percaya. Di mana dan dengan siapa anda bisa curhat tentang masalah-masalah pribadi anda? Soal curhat di facebook inilah yang akan saya bahas dalam tulisan ini.

Ada 3 pilihan media curhat di facebook :

  1. Curhat terbuka di status facebook. Dengan curhat terbuka di status facebook, berarti curhat anda akan dibaca oleh semua teman-teman anda tanpa kecuali. Keuntungan curhat terbuka seperti ini, anda bisa mendapat lebih banyak masukan dari teman-teman anda. Artinya anda mempunyai lebih banyak pilihan solusi yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah anda. kerugiaanya, anda mungkin akan mendapat respon yang tidak sesuai dengan harapan anda. Bbahkan bukan tak mungkin anda akan mendapatkan respon negatif dari salah satu atau beberapa orang teman anda. 
  2. Curhat melalui pesan pacebook. Curhat lewat pesan facebook ini sifatnya lebih tertutup. Melalui pesan anda curhat hanya kepda seseorang atau bebarapa orang teman yang anda kehendaki dan anda percaya bisa memberi solusi atas masalah anda.
  3. Curhat dalam sebuah grup facebook. Saat ini banyak bermunculan grup-grup dan komunitas di facebook dengan topik-topik tertentu. Dalam grup seperti ini anda bisa membicarakan hal-hal sesuai topik grup yang bersangkutan. Anda bisa menjadi anggota dari salah satu grup yang sesuai dengan minat dan topik yang anda kehendaki. Di grup inilah nantinya anda bisa curhat tentang masalah-masalah anda dengan orang-orang yang punya minat dan masalah yang sama dengan anda. Artinya, anda akan mendapat masukan dan solusi yang lebih mengena dari teman-teman anda yang cukup memahami masalah anda.
Itulah tiga pilihan media curhat di facebook yang bisa anda gunakan, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mana yang akan anda pilih sebagai media curhat? Pilihan sepenuhnya ada di tangan anda. Anda lebih tahu mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Salah satu Grup facebook yang bisa anda jadikan tempat curhat adalah “Grup Taman Curhat”. Grup ini saya buat dan saya kelola dengan beberapa orang teman online yang punya kepedulian tinggi dalam membantu orang lain. Sampai hari ini (Senin, 19 April 2010) anggotanya sudah mencapai 650 orang, dari beragam kalangan dan tingkatan usia. Belum terlalu banyak memang, tapi jika 10% saja dari total anggotanya aktif saling berbagi, saling memberi solusi dan menasihati, saya yakin banyak masalah pribadi yang bisa diselesaikan. Di grup ini anda bisa curhat tentang masalah-masalah pribadi anda. Selain curhat di sini anda juga bisa memberi nasihat atau solusi untuk anggota teman curhat yang lain. Jadi di Grup teman curhat anda bisa curhat sekaligus memberi nasihat.
Anda mau gabung di grup “Teman Curhat”? silakan klik di sini.

Curhat di Forum

Selain di facebook, di media mana lagi anda bisa curhat online? Di dalam sebuah forum. Forum sebenarnya tak jauh beda dengan grup facebook. Dalam sebuah forum tergabung orang-orang dengan minat yang sama, membicarakan beragam hal yang sesuai dengan tema forum yang bersangkutan. Di forum, anda bisa sharing dan curhat tentang masalah pribadi anda, selanjutnya anda akan mendapat tanggapan dan masukan dari anggota forum yang lain. Salah satu forum yang bisa menjadi tempat curhat online adalah “Forum Curhat” yang saya kelola. Anda dan siapa saja bisa menjadi member forum ini, dan bebas curhat tentang problem-problem pribadi anda.

Selain di kedua media online yang saya jelaskan di atas, di mana lagi anda bisa curhat? Di Blog Curhatkita yang sedang anda kunjungi ini tentunya. Bagaimana cara curhatnya? Silakan simak tulisan berikutnya di blog ini.

Salam sejahtera



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Curhat di Facebook atau Forum Curhat?”

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial