BUKU: 2 KUTUB

Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal gangguan bipolar, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah buku “2 KUTUB: Perjalanan Menantang Di Antara Dua Kutub”.

Info Buku >> KLIK DISINI

Story Tentang Pengalaman Menulisku

    

Cerita dibalik aktivitas menulis cerpenis Curhatkita, Veronica

Oleh Veronica

Beberapa hari yang lalu, saya tiba-tiba di kejutkan oleh sebuah mail di inbok fb saya. Ternyata dari mas Tarjum. Mas Tarjum menantang saya untuk menceritakan pengalaman saya menulis.

Sejak kecil, saya sudah suka menulis dan membaca. Saya punya teman yang setia waktu kecil yaitu sebuah buku harian. Saat awal mengalami depresi, saya sama sekali tidak pernah terlintas dalam pikiran untuk menulis. Apalagi menulis di internet sama sekali tidak! Pada awal mengalami semua ini, saya seolah kehilangan semangat.

Sekitar setahun yang lalu, saya mulai iseng menulis. Pada waktu itu, saya baru menjalani pengobatan dengan seorang psikiater. Saya mulai menulis cerpen dan saya kirim via sms ke psikiater yang merawat saya. Beliaulah orang pertama yang melihat bakat saya.

Setelah 5 bulan berlalu, 1 bulan saya tidak kontrol dan memutuskan untuk pindah ke psikiater yang baru sampai hari ini. Beliau dan juga seorang ibu yang sangat baik hati sampai hari ini masih tetap mendukung saya.

Mereka bertiga melihat kalau saya punya bakat menulis. Akhirnya, ya kalau di tanya ide-ide bisa di dapat dari mana? Ide-ide bisa datang dari mana saja. Dari pengalaman hidup, apa yang saya alami dan rasakan itu juga bisa jadi ide. Memperhatikan sekeliling kita itu juga penting, karena ide bisa datang dari sana juga.

Saya tidak perlu membawa laptop ke mana-mana untuk menulis. Saya lebih senang menulis di HP. Jadilah HP, teman setia yang selalu menemani ke manapun saya pergi.

Perasaan saat menulis bagaimana? Perasaan saat menulis, tergantung dari suasana hati saat itu. Tapi, yang pasti ada rasa puas dan senang ketika bisa menyelesaikan satu tulisan saja setiap harinya. Hmm...kalau di tanya nilai positif yang di dapat dari aktivitas menulis? Yang pasti bagus. Terutama untuk orang-orang seperti saya yang pendiam dan tertutup. Dengan menulis, tentunya saya bisa menyalurkan semua emosi yang saya rasakan. Sebagai penyaluran tentunya sangat berguna.

Lebih percaya diri ketika ada satu atau dua orang saja yang mengatakan 'Tulisanmu bagus' bisa lebih memberikan New Spirit untuk terus menulis. Tidak perlu banyak penghargaan karena saya bukan seorang penulis terkenal. Saya pun masih belajar. Melakukan aktivitas yang kita sukai sangat menyenangkan bagi saya pribadi. Pengaruh menulis bagi kondisi psikologis saya? Dengan menulis saya bisa mengisi waktu yang kosong untuk menulis sehingga menjaga pikiran saya untuk tetap fokus, tidak mengembara ke mana-mana.

Juga bisa membantu mengurangi kecemasan dan ketegangan yang saya alami. Jadi, waktu saya tidak terbuang percuma hanya untuk melamun dan berkubang dalam kesedihan dan depresi.

Sekian.

Thanks untuk mas Tarjum yang telah memberikan tantangan ini. Semoga bisa jadi inspirasi bagi banyak teman-teman yang juga mengalami masalah kejiwaan.

Jika menurut anda tulisan ini cukup menarik dan bermanfaat silakan share di twitter atau facebook. Jika mau berlangganan artikel blog ini melalui email, silakan subscribe disini.

Tentang penulis : Veronica, tinggal di Jakarta. Anda bisa berkenalan lebih dekat dengan perempuan yang hobi membaca dan menulis ini di akun facebooknya.


Tentang Penulis Tamu
Posting ini ditulis oleh seorang penulis tamu (guest post). Jika Anda ingin menjadi penulis tamu untuk Curhatkita, silakan anda lihat caranya di halaman panduan posting tamu. Di sini anda bisa berbagi cerita, pengalaman, pemahaman dan pengetahuan tentang masalah psikologis dan masalah-masalah pribadi dengan pengunjung Curhatkita.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 2 komentar ke “Story Tentang Pengalaman Menulisku
Tarjum Sahmad on Jumat, 11 Maret 2011 pukul 20.05.00 WIB mengatakan...

Salut atas keberanian Vera untuk membuka diri dan berbagi pengalaman psikologisnya.

Saat saya meminta Vera untuk mengirimkan foto untuk profil penulis, saya sebenarnya tak terlalu berharap Vera mau kirim foto wajahnya...lha di fb aja gak pernah nampilin foto wajahnya. Ternyata dia berani kirim foto untuk ditampilkan di profil penulis, salut.

Dan minggu ini vera berani menerima tantangan saya berikutnya untuk berbagi pengalaman menulisnya.

Terima kasih Vera, atas kesediaanya berbagi dan membuka diri. Derita psikologis bukan sesuatu yang memalukan untuk diceritakan.

Pengalaman Vera akan sangat bermanfaat untuk orang lain.

Semoga semakin banyak orang yang bersedia berbagi masalah-masalah pribadinya dengan orang lain.

anes on Sabtu, 12 Maret 2011 pukul 17.57.00 WIB mengatakan...

Tulisan yg scr tidak langsung membuka hati dan pikiran tiap orang, bahwa setiap orang memiliki bakan terpendam wlalupun kadang kala orang itu tidak mengetahuinya.
Thx bgt buat veronica..

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

Tiga Serangkai eBook Bipolar

3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.
eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial