BUKU: 2 KUTUB

Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal gangguan bipolar, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah buku “2 KUTUB: Perjalanan Menantang Di Antara Dua Kutub”.

Info Buku >> KLIK DISINI

Telah Terbit Buku “Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”!!

    

Oleh Tarjum


“Alhamdulillah... Puji syukur aku panjatkan ke hadiratmu ya Allah…..atas karunia tak terhingga yang telah Engkau berikan padaku saat ini.”

Buku psikomemoar impian saya telah terbit kemarin, hari Rabu, tanggal 2 Maret 2011.

Penantian panjang dan daya-upaya yang cukup melelahkan untuk menerbitkan pengalaman psikologis saya menjadi sebuah buku, sudah berakhir.

Naskah buku yang pertama kali dikirim ke penerbit 5 tahun lalu ini dan ditolak 4 penerbit besar, kini telah terbit.

Harapan saya, semoga buku karya dan kisah anak desa penggembala domba ini bermanfaat untuk banyak orang. Bisa memberi sumbangan pemikiran untuk penanganan problem-problem psikologis di masyarakat.

Saya juga berharap buku psikomemoar ini dan buku-buku sejenis lainnya bisa memberi pembelajaran dan pemahaman, agar publik memiliki pandangan dan pemahaman yang benar dan proporsional terhadap penderita gangguan jiwa (ODMK, ODS, ODB dll.). Sehingga pandangan negatif terhadap ODMK bisa dikikis dan akhirnya bisa dihapus.

Agar teman-teman sekalian memiliki gambaran cerita dari buku ini, berikut sinopsis “Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”

Mungkin banyak orang tak mengira, seorang anak petani yang tinggal di sebuah desa yang sunyi, tenang, dan jauh dari keramaian kota mengalami penderitaan psikologis, bukan fisik. Anak desa yang sepulang sekolah menggembala domba dan menyabit rumput harus menghadapi kenyataan pahit, menderita gangguan jiwa kronis. Penyakit yang sama sekali tak dia pahami. Kian hari penyakit itu kian ganas mengoyak pikiran dan perasaannya.

Saat gejolak batin makin tak terkendali, dia hanya bisa menangis. Dengan kesadaran dan akal sehat yang masih tersisa, dia berusaha mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi. Dari informasi-informasi seadannya yang dibaca dari buku, majalah, dan surat kabar, dia mulai bisa mengidentifikasi derita jiwanya.

Sudut pandangnya terhadap kehidupan semakin terbuka dan realistis, tidak lagi memandang kehidupan sebagai hitam putih. Setelah berhasil bangkit dari mimpi buruk derita jiwanya, dia mencoba menggali lagi impian-impiannya yang terkubur dan nyaris terlupakan.


Selain bertutur dengan rangkaian kata-kata, buku ini juga bertutur dengan rangkaian foto. Buku ini dilengkapi dengan foto-foto dokumentasi pribadi yang belum pernah dipublikasikan. Foto-foto yang mewakili seribu kata, menggambarkan kondisi psikologisku sebelum, saat dan sesudah saya pulih dari problem psikologis.




Foto di atas adalah dua dari beberapa foto yang ditampilkan dalam buku psikomoar saya. Foto ini diambil saat saya masih berada dalam belenggu bipolar, saat saya duduk di bangku kelas satu SMA.

Kata pengantar buku ini ditulis oleh dua orang yang sangat saya hormati, seorang psikolog senior dan seorang psikiater.

Kata pengantar dari Prof. DR. Sarlito Wirawan Sarwono

Tidak mudah untuk menjadi seorang penyandang Bipolar dengan tipe kepribadian introvert untuk mengatasi masalahnya, karena gangguan emosi memerlukan kemampuan utk berbagi emosi dengan orang lain, padahal Tarjum tidak punya kemampuan itu. Hanya dengan ayahnya ia dapat sedikit berbagi, sementara sebagai petani yang sederhana sang ayahpun tidak bisa ikut membantu.

Namun justru di sinilah hikmah yang terkandung dalam kondisi psikologinya Tarjum. Dia jadinya belajar sendiri dari buku-buku, intrernet dan sumber-sumber lain, sehingga akhirnya dia bisa memahami "penyakit"nya sendiri, bahkan dia bisa membantu orang lain layaknya psikolog yang profesional.


Kata pengantar dari dr. Albert Maramis Sp.KJ(K)


Saudara Tarjum dengan beraninya membuka diri dan berbagi kisah hidupnya menggeluti salah satu jenis penyakit jiwa atau gangguan jiwa (mental) yang dikenal dengan gangguan bipolar.

Dengan mengikuti penuturannya, kita dapat memahami apa yang dialami, bagaimana perjalanan hidupnya, bagaimana pengaruh penyakit tersebut akan diri Saudara Tarjum, bagaimana dia mengatasi hal tersebut.


Detail Buku

Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah
Penulis : Tarjum
No. Id. Elex : 188110256
ISBN / EAN : 9789792793543 / 9789792793543
Jumlah Halaman : 232
Berat Buku : 250 gram
Dimensi( pxl ) : 200 mm x 135 mm
Published Date : Rabu, 2 Maret 2011
Harga: Rp 42.800





Teman-teman yang berminat bisa membeli buku ini di toko buku Gramedia, Gunung Agung, Karisma, dan Tri Media.

Teman-teman juga bisa membeli buku ini secara online di GramediaShop.com.
.
Untuk membeli buku ini secara online tinggal klik tombol "beli buku ini” di halaman detail bukunya. Tata cara belanja buku online di GramediaShop, silakan lihat di sini.

Demikian pemberitahuannya.

Beli dan baca dulu bukunya ya, teman-teman!
Saya tunggu testimoninya.

Semoga bukunya bermanfaat.


Jika menurut anda informasi tentang buku psikomemoar saya ini cukup menarik dan bermanfaat silakan share di twitter atau facebook. Jika mau berlangganan artikel blog ini melalui email, silakan subscribe disini.
Tentang Penulis : Tarjum, pendiri dan editor Curhatkita. Anda bisa kenal lebih dekat dengan Tarjum di Facebook dan Twitter.



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 15 komentar ke “Telah Terbit Buku “Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”!!
Inilah Diriku on Selasa, 08 Maret 2011 pukul 22.45.00 WIB mengatakan...

Selamat ya.. Saya sudah membeli dan membacanya Mas Tarjum. Pembahasannya saya masukin di blog saya "hypomaniadepression.blogspot.com"

Buku yang bagus. Saya mengerti benar isi buku ini karena saya pun merasakannya.. : )

Tarjum on Jumat, 11 Maret 2011 pukul 20.23.00 WIB mengatakan...

Makasih ya dah beli bukunya, baca bukunya... eh ditambah lagi dipromokan lagi di blog....sekali lagi terima kasih sebanyak-banyaknya.. :)

Anonim mengatakan...

hatku kacau...

Tarjum on Jumat, 30 Maret 2012 pukul 13.34.00 WIB mengatakan...

Anonim, kenapa?
Kalau ada masalah yang membebani pikiran, silakan curhat di sini, tulis aja di komentar, siapa tahu kami bisa bantu.

Unknown on Rabu, 06 Juni 2012 pukul 22.09.00 WIB mengatakan...

apa beda bipolar dengan psycosomatis.
bagaimana menyikapi diri dan kedaan, jika menyadari bahwa diri kita mengidap gangguan kejiwaan.

Tarjum on Kamis, 07 Juni 2012 pukul 13.57.00 WIB mengatakan...

Walker, salam kenal :)
Psikosomatis atau somatisasi adalah gangguan psikis yang tampil dalam bentuk gejala-gejala fisik. Atau penyakit fisik yang disebabkan oleh program pikiran negatif dan /atau masalah emosi seperti stress, depresi, kecewa, kecemasan, rasa berdosa, dan emosi negatif lainnya.

Sedangkan gangguan bipolar adalah sudah termasuk gangguan jiwa kronis yang ditandai dengan adanya perubahan mood yang ekstrem antara perasaan tertekan yang mendalam dgn perasaan senang dan luapan emosi yang berlebihan.

Jika anda merasa merasakan adanya gejala gangguan kejiwaan, fahami jenis gangguannya atau konsultasi dengan ahlinya (psikiater) untuk mengetahui jenis gangguannya secara akurat, agar penanganannya lebih tepat, akurat dan terarah.

Unknown on Kamis, 07 Juni 2012 pukul 19.27.00 WIB mengatakan...

kadang sulit menerima kenyataan bahwa kita memiliki ganguan kejiwaan. ada rasa was-was, rendah diri, khawatir, dan rasa ragu apakah kita sanggup tuk melanjutkan hidup. kadang pikiran lelah, karena tiada hentinya mencari jalan keluar. sementara waktu terus berjalan. sulit sekali untuk menerima dan menyikapi kenyataan. sebenar nya diri ini tak mau jadi beban bagi siapa pun, apalagi orang-orang yang kita sayangi. puyeng kang tarjum. hal yang biasa kita nikmati sekarang terasa hambar, hampa dan ngambang.
biasa nya, dalam keadaan normal saya bersemangat dan selalu punya planing kedepan.

sekarang terasa gelap, terjebak diantara hari kemarin dan hari esok yang terasa suram.

minta sarannya kang..

IBU DEVI KENDARI mengatakan...

Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link

















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link




















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link
















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link
















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link




















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link






















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link

Dyta Asnasary on Rabu, 16 Januari 2013 pukul 15.46.00 WIB mengatakan...

Ass. Hy kak Tarjum. Sy jg slh satu penderita bipolar dan sedang menjalani proses penyembuhan. Saya punya keyakinan akan dapat mengatasi bipolar sy seperti Anda, walau sy br membaca sinopsis dari buku Anda. Sy berencana akan membeli buku terbitan Anda. Mudah2an ada hal positif yg bs sy ambil dari tulisan Anda.

Tarjum on Rabu, 16 Januari 2013 pukul 18.44.00 WIB mengatakan...

Dyta, salam kenal. Saya setuju dengan anda. "Keyakinan" itu penting. klo anda yakin bisa pulih, isya allah anda akan pulih. Buku itu berisi pengalaman saya selama bergelut dengan bipolar, pahit manid dan jatuh bangunya berjibaku dengan bipolar.

Anonim mengatakan...

salam kenal..saya ibu rumah tangga dengan 2 putri2 yang manis...setelah menelusuri keadaan emosi saya selama ini saya merasakan bahwa saya penderita bipolar...bisa jadi ini karena ada faktor gen dari ibu saya...saya ingin sembuh karena ketika mood saya sdg tidak baik anak2 seringkali menjadi obyek kemarahan saya..saya takut dengan kondisi saya ini...pasangan saya tdk sepenuhnya mengerti bgmn keadaan saya...dia cenderung mengambil sikap pasif dan membiarkan saya....

Tarjum on Rabu, 23 Oktober 2013 pukul 18.33.00 WIB mengatakan...

Ibu yang baik, makasih udah baca artikel ini. Saya ikut prihatin dengan dengan yang anda hadapi saat ini. Pasangan kita adalah orang terdekat dan paling sering disamping kita. Harus dia orang yang paling faham tentang kondisi anda dibanding siapa pun. Beri dia pengertian tentang kondisi anda dan minta dia dukung dan bantu anda mentasi masalah anda bersama-sama. Butuh waktu memang agar dia faham dan lebih peduli kondisi anda. ya walaupun tak harus membebankan semua masalah anda pada pasangan. intinya saling memahami dan saling peduli satu sama lain untuk mengatasi masalah anda bersama-sama.

Anonim mengatakan...

Pa, saya sudah baca Buku nya, Terima kasih memberi harapan baru bahwa penderita bipolar bisa disembuhkan bahkan tanpa obat, kalau dilihat kecenderungan Bapak gangguan depresi. Gimana kalau kecenderungannya justru Manic. karena saat itu susah u dikendalikan, mengganggu lingkungan sekitar, melakukan hal hal abnormal. Memang ada juga sesi depresi tapi saat ini keadaan masih normal, y biasanya terjadi sebelum sesi manic, Gimana caranya mengendalikannya agar sesi manic tidak muncul. Gimana juga menyadarkan penderita akan gangguan bipolar y diderita sehingga dia mau melakukan terapi untuk mengendalikannya. Terima Kasih

Tarjum on Senin, 25 November 2013 pukul 15.30.00 WIB mengatakan...

Seperti yang saya jelaskan di buku, luapan emosi saat menik bisa disalurkan melalui aktivitas fisik atau aktivitas lain sesuai hoby si penderita, misalnya olaharga permainan, melukis, menari dll. tapi harus sesuai dengan minatnya, agar dia tak merasa terpaksa melakukannya. Meditasi, atau lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan Dzikir, do'a dan aktivitas ibadah lainnya juga bisa meredam dan mengendalikan gejolak emosi baik saat manik maupun saat depresi. Puasa, juga sangat efektif meredam gejolak emosi.

Soal menyadarkan, ini yang penting. Pengobatan gak akan efektif jika yang bersangkutan tidak menyadari atau tidak merasa dirinya bipolar. Ajak dia kontultasi ke psikiater atau kepada sesama penderita, agar dia sadar akan kondisi psikisnya.

Sya on Kamis, 31 Maret 2016 pukul 08.12.00 WIB mengatakan...

http://syahidnoor.blogspot.co.id/?m=1

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

Tiga Serangkai eBook Bipolar

3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.
eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial