Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Inspirasi dari Tony Crhistiansen untuk Orang Dengan Bipolar

    

Oleh Tarjum

Toni Christiansen, Pria yang kehilangan kedua kakinya karena kecelakaan.

Tapi, dia tak mengeluhkan kekurangan fisiknya. Dia bangkit! Fokus untuk melatih bagian tubuhnya yang lain agar bisa melakukan aktivitas seperti orang-orang normal.

Keterampilan fisiknya bahkan melampaui keterampilan fisik orang-orang yang normal.

Walaupun tanpa kaki, dia jago renang dan menjadi petugas penjaga pantai. Jago karete penyandang sabuk hitam. Dia juga menjadi motivator dan pembicara publik kelas dunia. Dan banyak keahlian lain yang dia kuasai melebihi kemampuan orang bertubuh normal. Luar biasa!

Anda bisa mengenal lebih dekat Tony di web pribadinya http://tonychristiansen.com.


Keterbatasan Fisik Menjadi Motivasi untuk Berprestasi

Inspirasi dan pelajaran apa yang bisa kita petik dari seorang Tony Christiansen, Terutama untuk orang yang mengalami gangguan bipolar (ODB)?

Tony, tidak fokus pada apa yang tak dia miliki (kedua kakinya), tapi dia fokus pada apa yang dia miliki. Dia gali dan kembangkan potensi yang dia miliki sampai batas maksimal.

Keterbatasan fisik tak menghalanginya untuk mengasah dan mengembangkan potensi dirinya. Sebaliknya malah mendorongnya untuk meraih prestasi tinggi dalam hidupnya.


Lebih Fokus Mengembangkan Potensi Diri

Seperti kita tahu, salah satu kemungkinan penyebab gangguan bipolar adalah ketidakseimbangan bio kimiawi dalam otak. Ada masalah di satu titik bagian otak ODB. Berarti bagian yang lain dari otak ODB bekerja normal dan tak bermasalah.

Selama ini sepertinya ODB terlalu fokus mempermasalahkan satu titik di bagian otaknya yang bermasalah. Dan mengabaikan bagian lain otak yang bekerja normal.

Sekarang, coba anda lebih fokus memaksimalkan kemampuan bagian otak yang tak bermasalah untuk melakukan hal-hal positif dan kreatif. Ini tidak berarti mengabaikan bagian otak yang bermasalah. Sambil anda berusaha mengatasi satu titik bagian otak yang bermasalah, anda fokus untuk lebih memberdayakan bagian otak yang tak bermasalah.

Seperti Tony, pria tanpa kaki, jangan biarkan kelemahan fisik atau psikis menghalangi ODB untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki. Jadikan kelemahan diri sebagai motivasi untuk melakukan sesuatu yang luar biasa dalam kehidupan anda.

Bukan tak mungkin ODB bisa melakukan sesuatu yang melampaui kemampuan orang-orang yang normal. Sangat mungkin ODB dengan kemampuannya bisa menghasilkan karya kreatif bernilai tinggi.


Sisi Positif dari Dua Kutub Suasana Hati

ODB, mengalami dua kutub suasana hati yang ekstrem antara fase manik/hypomanik dan depresi.

Selama ini, mungkin anda terlalu fokus pada hal-hal negatif dari dua fase perubahan mood tersebut. Padahal ada hal-hal positif dari kedua kutub suasana hati itu.

Saat manic, ODB mengalami perasaan melambung dan luapan semangat melebihi batas normal. Mengapa anda tidak berusaha fokus pada hal-hal positif dari fase manik ini? Misalnya, melakukan aktivitas-aktivitas kreatif yang bisa menghasilkan sebuah karya bernilai tinggi, seperti menulis, melukis, memahat dan yang lainnya.

Sekedar contoh, saya hobi melukis dan mematung. Saat fase manik/hypomanik datang, saya suka menyalurkan luapan emosi dan energi kreatif dengan melukis atau membuat patung. Dalam kondisi manik, saya bisa sangat semangat, imajinatif dan fokus ketika membuat sebuah karya lukis atau patung. Sehingga saya bisa membuat sebuah lukisan atau patung yang cukup bagus.

Ada kebahagiaan, kebanggaan dan kepuasan batin tersendiri ketika saya berhasil membuat sebuah lukisan atau patung. Kebahagiaan dan kebanggaan diri tersebut bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Kebahagiaan, kebanggaan, kepuasan batin dan meningkatnya kepercayaan diri pada akhirnya bisa membuat suasana hati yang positif bagi ODB. Ini berarti, aktivitas positif dan kreatif saat fase manik, menjadi terapi yang bisa membantu pemulihan kondisi psikologis ODB.]

Anda punya pengalaman unik bagaimana mengatasi gangguan bipolar atau gangguan psikis lainnya? silakan berbagi di komentar.

Jika menurut anda posting ini cukup menarik dan bermanfaat silakan share di twitter atau facebook. Jika mau berlangganan artikel blog ini melalui email, silakan subscribe disini.

Tarjum adalah pendiri dan editor Curhatkita, Forum Curhat, Grup Teman Curhat dan Solusi Bipolar Facebook. Penulis buku psikomemoar "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah". Anda bisa kenal lebih dekat dengan Tarjum di sini dan ikuti Tarjum di Facebook dan Twitter.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 3 komentar ke “Inspirasi dari Tony Crhistiansen untuk Orang Dengan Bipolar
Yudi Darmawan on Senin, 02 Mei 2011 12.08.00 WIB mengatakan...

salut buat si Toni itu, saya jadi instropeksi: saya yang gak cacat aja sering kalah duluan sebelum bertarung.. belum mulai udah mikirin alasan ini itu lah, padahal intinya fokus dengan apa yang kita punya..

Anonim mengatakan...

saya sudah pernah melihat dan bertemu dengan Toni yang cacat fisik tapi semangat antusias tinggi. motivator hebat. membuat saya harus semangat dan berbesar hati.. harus mencapai tujuan hidup

Tarjum on Senin, 02 April 2012 20.22.00 WIB mengatakan...

Anonim, klo udah melihat langsung sosoknya mungkin akan lebih berkesan dan merasakan auranya, semangat juangnya, antusiasmenya, kepercayaan dirinya dan sikap positifnya....tanpa berbicara pun pribadinya sudah memotivasi. Tony, pria tanpa kaki yang luar biasa.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial