BUKU: 2 KUTUB

Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal gangguan bipolar, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah buku “2 KUTUB: Perjalanan Menantang Di Antara Dua Kutub”.

Info Buku >> KLIK DISINI

Ibuku, Tak Pernah Membentak Apalagi Memukulku

    

Oleh Tarjum

Aku ingat betul, ibu tak penah sekalipun memukulku dengan tangannya atau dengan apa pun.

Lalu aku coba mengingat-ingat, pernahkah ibu membentakku? Aku coba mengingat lebih keras, tapi aku tak bisa mengingat kalau ibu pernah membantakku. Jadi, aku juga yakin ibu tak pernah membentakku.

Pada artikel sebelumnya aku menulis tentang peran ayah sebagai sahabat, teman curhat dan penasihatku. Ayah yang sabar, gigih dan tak kenal lelah membantu mengatasi problem psikis yang menderaku.

Tak adil rasanya jika aku tak menceritakan peran ibu dalam salah satu episode kehidupanku itu.




Cinta Kasih Ibu

Hanya sedikit yang bisa aku ceritakan tentang ibu, tapi jauh lebih banyak yang bisa aku rasakan dan resapi. Apa yang akan aku ceritakan di artikel ini hanya sebagian kecil dari kenangan indah yang tersimpan di memori pikiranku.

Satu hal yang tak aku ragukan, cinta kasih ibu tiada duanya. Tak salah jika dikatakan "Surga berada di bawah telapakkaki ibu". Aku bersyukur punya seorang ibu yang sangat menyayangiku.

Dalam diamnya ibu memberi teladan dan mengajariku tentang makna cinta dan ketulusan. Senyumnya memberiku kedamaian. Pelukan hangatnya memberiku kenyamanan. Pelukan yang tulus dengan limpahan cinta dan kasih sayang.


Tangisan Ibu

Kalau kelewat kesal dengan ulahku, ibu lebih suka menumpahkan kekesalannya dengan menangis ketimbang memarahiku.

Aku masih ingat, waktu itu aku belum sekolah. Aku ngambek ingin membeli mobil-mobilan. Sementara ibu tak punya cukup uang untuk membeli mainan yang harganya cukup mahal itu. Akhirnya ibu menjual seekor ayam miliknya, lalu membawaku ke pasar dan membelikanku mobil mainan seperti yang kuminta.

Ibu kadang cekcok dengan ayah karena membelaku dan gak rela ayah memarahiku. Sepertinya, apa pun akan ibu lakukan untuk melindungi dan membahagiakanku. Karenanya aku senang jika berada di dekatnya.

Ketika ibu sedang masak di dapur, aku suka mengambil potongan arang kayu bakar untuk menggambar di pintu atau bilik dapur. Ibu tak memahariku walaupun aku mengotori pintu dan bilik rumah dengan arang.

Ibu suka nyuruh aku mengambil air di belakang rumah dan dengan senang hati aku membantunya. Sebagai imbalannya Ibu akan memasakan makanan kesukaanku.


Kekhawatiran Ibu

Jika terjadi sesuatu padaku, orang yang paling khawatir adalah ibu. Ketika tengah malam aku merintih sakit, dia segera bangun untuk menenangkan dan mengobatiku.

Bahkan ketika aku sudah beranjak dewasa, ibu masih saja menangis karena mengkhawatirkanku. Seperti yang terjadi ketika aku dan 3 orang teman tertinggal dari rombongan Study Tour SMA ke Gunung Tangkuban Perahu. Cerita selengkapnya bisa dibaca di posting ini "Kenangan Indah di Tangkuban Perahu".

Ketika aku sampai di rumah, aku mendapati ibu sedang menangis karena mengkhawatirkanku. Ketika melihatku, ibu langsung berlari memelukku, "Kemana aja sih kamu, temen-temen kamu udah pada pulang kamu belum pulang."

Ketika aku didera derita psikis, walaupun tak mengerti dengan apa yang terjadi padaku, ibu berusaha memahami keadaanku. Ibu memang lebih banyak diam dan tak banyak bertanya tentang apa yang terjadi denganku. Namun aku yakin dalam diamnya, ibu berdo'a untuk kesembuhanku.


Perhatian Ibu

Jika aku sakit--sakit fisik atau sakit karena tekanan psikis-- ibu lah yang selalu memperhatikan aku. Dia akan selalu tanya, aku sudah makan apa belum, sudah minum obat apa belum dan hal-hal remeh lain tak luput dari perhatiannya.

Berbeda dengan ayah yang tegas, ibu sangat memanjakan aku. Saking sayangnya dia padaku, sepertinya apa pun yang aku minta, klo dia mampu akan dia berikan. seandainya ayah tak mendidiku dengan tegas dan disiplin, bukan tak mungkin aku akan jadi anak manja.

Cinta kasih seorang ibu kepada anaknya memang tiada duanya. Cinta yang tulus tanpa pamrih dan tak pernah lekang oleh waktu, memang benar adanya. Walaupun aku sudah berkeluarga dan punya anak, cinta kasih dan perhatian ibu tak berubah.


Kebahagiaan Ibu


Kalau aku dengan istri dan anakku main ke rumah ibu, apa pun yang dia punya akan dia tawarkan padaku dan anakku. Dia tampak sumringah kalau makanan yang ada di rumahnya dinikmati oleh anak-anak dan cucunya.

Seperti juga aku, anak-anakku pun betah main di rumah neneknya. Si kecil bahkan suka merengek-rengek minta dianter main ke rumah neneknya. Karena anak-anakku pun bisa merasakan kasih sayang tulus neneknya.

Ibu; perhatian, cinta, kasih sayang dan kelembutanmu telah menjadi bagian dari diriku. Mewarnai pikiran dan perasaanku serta membentuk karakter dan kepribadianku.

Tak ada seorangpun yang mencintai dan menyayangiku seperti ibu. Aku tak akan bisa membalas budi baikmu. Aku tahu ibu tak pernah mengharapkan balasan apa pun dariku. Aku hanya bisa berdo'a semoga Tuhan membalas budi baikmu dengan balasan yang berlipat.

Cerita lebih lengkap dan detail tentang peran ayah dan ibu dalam proses pemulihan gangguan jiwaku bisa anda baca di buku psikomemoarku "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah".

Anda bisa membaca buku ini sambil santai layaknya membaca novel. Buku tentang kisah pengalamanku selama bergumul dengan gangguan bipolar dari awal gajala sampai pulih. Disajikan dalam format cerita yang enak dibaca dan mudah difahami. Anda bisa mendapatkan buku ini di jaringan toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.



Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 7 komentar ke “Ibuku, Tak Pernah Membentak Apalagi Memukulku
Warlan on Kamis, 06 September 2012 pukul 16.39.00 WIB mengatakan...

begitu menyentuh mang :(
bagus tulisannya :p

Tarjum on Jumat, 07 September 2012 pukul 20.07.00 WIB mengatakan...

Makasih kang Warlan udah mampir :), Saya hanya coba menulis dengan hati, tulisan ini kan sebenarnya curahan hati :)

Anonim mengatakan...

sebenarnya judul pak tarjum itu sngt menghawatirkan,. seorang ibu bila tak pernah membentak atau memukul anaknya bukanlah hal yg baik, hidup didunia nyata seperti zaman ini membutuhkan kekuatan mental dan fisik yg prima, tahan banting, tak cengeng dan selalu punya adaptasi yg tinggi,..
sering ada ungkapan saya tak pernah dibentak ibu saya lha kok sampeyan (bisa guru atau atasan) berani2nya membentak saya,... coba renungkan ini

Tarjum on Kamis, 20 September 2012 pukul 09.31.00 WIB mengatakan...

Anonim makasih udah baca artikelnya juga koreksinya :)
Apa yang saya ceritakan memang demikian adanya. Seperti yang saya ceritakan di artikel ini bahwa ibu memang memanjakan saya. Saya juga jelaskan "seandainya ayah tak mendidiku dengan tegas dan disiplin, bukan tak mungkin aku akan jadi anak manja." Arinya, ayah menjadi penyeimbang dari kelembutan ibu dalam mengasuh saya. Silakan baca artikel tentang peran ayah yang saya tulis sebelumnya.

Menurut seorang ulama idealnya dalam sebuah keluarga, salah satu dari dua orang tua kita harus tegas dalam mendidik anak. Klo ibunya yang lemah lembut, ayahnya yang harus tegas atau sebaliknya. Klo dua-duanya keras kurang baik, begitu pula klo keduanya lemah juga kurang baik. Jadi harus ada keseimbangan di sini. Demikian penjelasan saya semoga bisa difahami.

ARIANI DI MEDAN mengatakan...

Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link














Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link

















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link













Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link
















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link















Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link














Demi ALLAH saya benar-benar yakin dan percaya angka gaib EYANG ajisoko telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet atas petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lgi dan meminta angka juga sama EYANG, 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko pakaian dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih EYANG soko jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti silahkan hbgi EYANG ajisoko di no +6_2_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4, ATAU { KLIK} [[link

akisoleh on Selasa, 30 September 2014 pukul 10.09.00 WIB mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
PAK IBRAHIM DI MALAYSIA on Sabtu, 27 Desember 2014 pukul 20.48.00 WIB mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

Tiga Serangkai eBook Bipolar

3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.
eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial