Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Mimpi Buruk Bukan Alasan Tuk Terpuruk

    

Testimoni buku yang menyentuh dari seorang sahabat yang juga rekan kerja

Oleh Nur Purnama

Jumat, 8 April 2011- 00.15. Begitu ku tutup buku “Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah" (by Tarjum - Elex Media) ini aku tergugu. Entah terharu, terenyuh atau sedih.

Buku ini membuatku semalaman susah tidur. Kadang ingat penulisnya, diriku sendiri dan lebih-lebih teringat seseorang yang karib yang sangat ku sayangi…

“Pak Tarjum, maaf. Saya Nur. Boleh minta tolong disiapkan data JPK (Jaminan Pemeliharaan Kesehatan) selama 3 bulan, Pak?” Itu sekilas perkenalanku dengan Pak Tarjum --penulis buku hebat ini-- rekan kerjaku di sister company tempat aku bekerja sekarang.

Lelaki itu sangat pendiam. Bahkan kalimat pembukaku tadi hanya dijawabnya “Baik, Bu”. Tidak ada pernyataan apapun, kecuali setumpuk dokumen JPK siap untuk diperiksa. Setelah itu senyap. Tak ada lagi basa-basi, sapaan, candaan apalagi diskusi.

Tak mengira jika sosok sangat teramat sangat pendiam itu menyimpan rahasia diri yang pilu, menyimpan energi luar biasa dan bahkan ide besar yang nyaris siapapun tak kan bisa membayangkannya.

Dan buku ini lahir dari tangan dan kepalanya. Bukan buku biasa. Bukan novel romantika cinta, bukan antologi kisah lucu-lucuan, bukan pula buku puisi yang menghanyutkan. Ini buku memoar. Pun bukan memoar biasa tentang profesi, gaya hidup, travelling atau hobi. Tapi memoar psikologi, yang dengan sangat berani mampu membuka kekelaman masa lalu sebagai pengidap masalah kejiwaan bipolar (manic depresif) yaitu suatu siklus kejiwaan yang bergantian antara periode depresi dan mania. Bagaimana ia berjuang membebaskan diri dari cengkeraman deritanya dan mengubahnya menjadi mimpi yang sangat indah.

Saat tengah membaca buku ini, aku sempat terdiam lama…mengingat…mengumpulkan kenangan masa lalu. Mungkin aku kecil juga pernah menyimpan benih-benih bipolar. Mungkin… Entahlah, yang kuingat aku kecil sempat dihantui ketakutan luar biasa tentang hari kiamat. Aku selalu bangun pagi dan membuka jendela kamar lebar-lebar untuk memastikan matahari tidak terbit dari punggung gunung Lawu, tempat di mana saban harinya sang surya tenggelam…

Tapi dari sekian gejala yang dirasakan Tarjum kecil, hanya mengenai ‘matahari terbit di barat’ yang sama kurasakan di waktu kecil dulu. Selebihnya aku baik-baik saja, Alhamdulillah.

Selesai membaca buku ini, aku terdiam lama dan menangis pelan-pelan. Perasaan sangat bersalah dan berdosa seperti mencambuki hatiku. Sepertinya seorang yang sangat dekat denganku, saat ini tengah menderita sakit bipolar ini. Hanya aku tak menyadarinya, tak mengerti dirinya.

Tingkahnya yang menarik diri dari dunia luar, mengurung diri dalam kesedihan, dalam beberapa hari tertentu saat ‘sakit’nya kambuh dia lemah lunglai, mengeluh sakit kepala tiada terkira, mengurung diri dalam kamar hingga berhari-hari… Aku keras menduga, keadaannya ini terpicu dari sebuah kekecewaan pada diri sendiri yang sulit termaafkan. Inikah manic depresif seperti digamblangkan oleh buku ini?

Sungguh, buku ini akhirnya membukakan mata hatiku tentang penderitaannya, menyadarkanku akan kelalaianku mengerti akan dirinya. Buku ini akan segera ku kirimkan padanya, teriring permintaan maafku telah mengabaikan dan tak bisa mengerti penderitaannya serta doa dan semangat semoga dia terinspirasi untuk sembuh setelah membaca dan berkenalan dengan penulis buku ini. Amiin...

Jika menurut anda posting ini cukup menarik dan bermanfaat silakan share di twitter atau facebook. Jika mau berlangganan artikel blog ini melalui email, silakan subscribe disini.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Mimpi Buruk Bukan Alasan Tuk Terpuruk

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial