Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Saling Berbagi untuk Mencari Solusi Terbaik Penanganan Gangguan Bipolar

    

Oleh Tarjum

Apa yang kita lakukan selama ini belum cukup membantu ODB mengatasi masalah mereka secara tuntas. Mengapa?

Sejak beberapa tahun yang lalu saya menulis artikel tentang bipolar di blog Curhatkita.

Beberapa orang teman juga menulis pengalaman dan pemahaman bipolarnya di blog ini. Bebeberapa teman yang lain ikut memberi kritik dan saran melalui kolom komentar.

Ada juga beberapa ODB (Orang Dengan Bipolar) yang curhat secara pribadi via email tentang gangguan bipolar yang mereka alami.

Beberapa orang ODB dan aktivis Keswa yang memiliki pemahaman memadai tentang bipolar berbagi pengetahuan mereka melalui blog pribadi atau melalui situs jejaring sosial.

Usaha-usaha tersebut dilakukan oleh ODB dan orang-orang yang peduli terhadap masalah gangguan bipolar baik secara individu maupun dalam grup-grup diskusi. Apa yang mereka lakukan cukup membantu memberikan pemahaman tentang bipolar kepada ODB dan masyarakat luas.

Namun semua usaha itu belum cukup membantu ODB mengatasi masalah mereka secara tuntas. Mengapa? Karena semua itu masih dilakukan sendiri-http://www.blogger.com/img/blank.gifsendiri atau dalam grup-grup kecil yang belum terorganisir dan terwadahi dengan baik.

Akan lebih baik kiranya, jika kita, anda, mereka dan orang-orang yang peduli terhadap masalah gangguan bipolar, duduk bersama untuk mencari solusi. Saling berbagi pengalaman, pemahaman dan pengetahuan seputar bipolar. Lalu bersama-sama meneliti, mencari, mengolah dan menemukan solusi terbaik untuk penanganan bipolar.

Siapa yang Harus Memulai Semua Ini?

Bukan “Dia” atau “Mereka”!

Tapi “Saya” dan “Anda” yang harus memulai!

Anda mungkin berpikir, “Saya tidak punya kapasitas untuk melakukan semua itu. Jangankan membantu orang lain, diri saya sendiri butuh bantuan.”

Siapa bilang?! Anda punya pengalaman dan pemahaman yang bisa anda bagi. Itu akan sangat bermanfaat untuk orang lain dan anda sendiri.

Maksudnya?

Ketika anda menceritakan pengalaman anda, orang lain bisa belajar dari pengalaman anda. Paling tidak mereka akan merasa tidak sendiri dalam kubangan problem psikologis. Pengalaman anda bermanfaat untuk orang lain. Ini berarti, secara langsung atau tak langsung, anda sudah membantu orang lain.

Untuk diri-sendiri apa manfaatnya?

Saat anda bisa berbuat sesuatu untuk orang lain, anda akan merasakan kebahagiaan tersendiri. Kebahagiaan yang anda rasakan akan membuat jiwa anda lebih sehat dan positif.

Ketika anda menuliskan pengalaman psikologis, anda membuka memori pikiran anda, mencari dan menggali cerita masa lalu anda. Lalu anda merangkai cerita-cerita itu menjadi sebaris kalimat, satu paragraf dan satu halaman cerita.

Satu, dua, tiga halaman demi halaman cerita itu anda tulis. Jadilah sebuah rangkaian cerita tentang diri anda. Lalu anda membacanya dengan seksama, mengoreksi dan menghapus kata yang salah dan menggantinya dengan kata yang lebih tepat. Anda membacanya lagi, lagi dan lagi.

Anda melihat diri anda dalam cerita itu. Anda mulai memahami problem psikologis anda. memahami gejalanya, penyebabnya dan langkah-langkah untuk mengatasinya.
Itu hanya beberapa manfaat saja jika anda mau berbagi pengalaman dan pemahaman psikologis anda dengan orang lain. Banyak manfaat lain yang bisa anda dan orang lain peroleh dari kesediaan untuk saling berbagi.

Berbagi untuk Mencari Solusi

Jika saya, anda dan orang-orang yang mengalami problem psikologis bersedia saling berbagi sesuai kapasitas pemahaman masing-masing, alangkah besarnya manfaat yang bisa kita peroleh.

Setelah saling berbagi dan saling belajar dari pengalaman pribadi dan orang lain, apa lagi yang bisa kita lakukan bersama?

Dari pengalaman masing-masing dalam mengatasi gangguan bipolar, kita bersama-sama bisa mengidentifikasi dan mendata jenis terapi apa yang paling cocok untuk tiap-tiap ODB. Pengalaman terapi itu kita pelajari dan kita olah untuk menentukan jenis terapi terbaik dan paling cocok untuk beberapa tipe gangguan. Selanjutnya mencoba menerapkan metode terapi tersebut kepada bebarapa ODB. Kita monitor pengaruh dan hasilnya dalam jangka waktu tertentu.

Dari hasil uji coba dan penelitian tersebut nanti bisa ditemukan jenis terapi paling cocok (walaupun mungkin bukan yang terbaik) untuk beberapa orang dengan tipe gangguan yang berbeda.

Inilah salah satu kontribusi yang bisa kita berikan untuk mencari solusi terbaik penanganan gangguan bipolar.

Apakah hanya sampai di situ usaha kita bersama? Tentu tidak!
Usaha-usaha ini akan terus dilanjutkan dan dikembangkan secara berkesinambungan sampai suatu saat ditemukan solusi terbaik untuk mengatasi gangguan bipolar secara menyeluruh dan tuntas.

Anda Bisa Menjadi Bagian dari Upaya-Upaya Ini

Apakah anda sekalian tertarik untuk menjadi bagian dari upaya-upaya bersama untuk mencari solusi terbaik penanganan gangguan bipolar?
Jika ya, saya mangundang anda untuk memulai langkah-langkah ini.
Anda bisa mengirimkan catatan pengalaman bipolar anda atau pengalaman orang-orang terdekat anda ke email : sivalintar@yahoo.com atau ke inbox facebook saya.

Cerita pengalaman bipolar dan informasi tentang bipolar yang anda kirim akan diolah dan diedit seperlunya, selanjutnya akan diposting di blog Curhatkita, di share di facebook dan twitter.

Jika anda tertarik untuk berdikusi, bertukar pikiran, pengalaman dan pengetahuan seputar gangguan bipolar silakan gabung di Forum Diskusi Solusi Bipolar.

Saya mengundang anda sekalian untuk memulai langkah-langkah mencari solusi terbaik penanganan gangguan bipolar. Sekarang juga, mari kita bersama-sama memulai langkah pertama. Mari kita mulai dari diri-sendiri dan orang-orang terdekat.

Jika menurut anda posting ini cukup menarik dan bermanfaat silakan share di twitter atau facebook. Jika mau berlangganan artikel blog ini melalui email, silakan subscribe disini.

Tarjum adalah pendiri dan editor Curhatkita, Forum Curhat, Grup Teman Curhat dan Solusi Bipolar Facebook. Penulis buku psikomemoar "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah". Anda bisa kenal lebih dekat dengan Tarjum di sini dan ikuti Tarjum di Facebook dan Twitter.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 1
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial