Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

EBook tentang Gangguan Bipolar akan Rilis Januari 2012

    

Oleh Tarjum

Ebook ini saya beri judul “Berdamai Dengan Bipolar”

Untuk apa saya membuat ebook tentang gangguan bipolar?

Berikut 2 alasan utamanya :

1. Jawaban untuk Pertanyaan Teman-Teman ODB

Banyak teman ODB atau keluarganya yang bertanya tentang gangguan bipolar. Mereka biasanya bertanya via telepon, sms, email dan facebook (pesan, chat, status dan komentar).

Yang mereka tanyakan seputar gangguan bipolar yang pernah saya alami. Apa penyebabnya, bagaimana gejalanya, bagaimana cara saya mengatasinya, terapi apa yang saya jalani, obat apa yang pernah saya minum.

Saya jelaskan kepada mereka bahwa saya bukan psikiater, psikolog atau professional keswa. Saya hanya orang yang pernah mengalami gangguan bipolar dan ingin berbagi pengalaman dan pemahaman tentang bipolar.

Saya berusaha menjawab pertanyaan mereka semampu saya. Apa yang saya tahu dan saya fahami tentang bipolar. Namun tentu saja jawaban saya hanya pokok-pokoknya saja, tidak mendetail dan mendalam.

Selain jawaban langsung, biasanya si penanya saya arahkan ke salah satu artikel bipolar di blog.

Namun, saya merasa apa yang saya sampaikan kepada mereka belum memadai, hanya penjelasan sepotong-sepotong. Kadang saya khawatir mereka tidak memahami apa yang saya maksud.

2. Kesulitan Mendapatkan Buku Cetak

Kepada teman-teman ODB atau keluarganya yang ingin mendapatkan penjelasan lebih lengkap tentang bipolar, biasanya saya sarankan untuk membeli buku saya “Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”.

Namun bagi mereka yang tinggal di daerah, mengalami kesulitan untuk membeli buku tersebut. Karena bukunya hanya tersedia di TB. Gramedia dan toko-toko buku terkemuka yang ada di kota-kota besar.

Ada juga beberapa orang teman yang belum bisa membeli buku tersebut karena stok buku di TB. Gramedia terdekat sudah habis. Mau tak mau dia harus mencari di tempat lain.

Itulah 2 alasan utama, mengapa saya membuat ebook tentang gangguan bipolar.

Kelebihan Ebook dari Buku Cetak

Salah satu kelebihan ebook dibanding buku cetak adalah proses distribusinya yang mudah. Bisa dikirim langsung via email atau didownload di member area (jika dipasarkan dengan sistem affiliasi). Ebook bisa dikirim langsung kepada pembeli kapanpun dan dimanapun dia berada asal ada koneksi internet.

Proses transaksinya lebih mudah dan cepat. Proses pemesanan, pembayaran sampai pengiriman ebook bisa dilakukan secara online. si pembeli dan si penjual bahkan tak harus beranjak dari depan komputer.

Jadi, ketika ada teman ODB, keluarga atau seseorang yang bertanya tentang bipolar, saya bisa mengarahkannya untuk membaca ebook ini. Sehingga mereka bisa mendapatkan penjelasan yang cukup lengkap dan memadai tentang gangguan bipolar. Saya pun tidak khawatir mereka salah faham dengan penjelasan yang hanya sepotong-sepotong.

Tim Editor

Untuk mengoreksi naskah ebook ini dari segi isi maupun redaksional, saya meminta bantuan kepada 6 orang yang memiliki pengalaman, pemahaman, pengetahuan dan wawasan yang luas tentang gangguan bipolar. Saya banyak belajar tentang bipolar dari 6 sahabat online yang saya hormati ini. Mereka adalah :

1. Prof. Dr. Ling Tan, Professor of Psychiatry di Pennsylvania Psychiatric Institute & Pennsylvania State University
2. Yeni Rosa Damayanti, Ketua Umum PJS (Perhimpunan Jiwa Sehat)
3. Bagus Utomo, Ketua Umum KPSI (Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia)
4. dr. Tika Prasetiawati, Aktivis Keswa
5. Arie Dabo (Arie Qurniawan), Penyandang Bipolar yang Tak Pandai Menyerah
6. Aniek Wijaya, Teman Dekat Bipolar

Kata Pengantar

Pengantar ahli untuk ebook ini ditulis oleh seorang psikiater yang sangat aktif menulis di berbagai media (online maupun offline). Dr. Andri, SpKJ, Penanggung Jawab Klinik Psikosomatik RS OMNI, Alam Sutera.

Teman Facebooker dan blogger di Ebook Bipolar


Ebook ini bukan hanya tulisan saya, ada beberapa teman facebooker dan blogger yang tulisannya menjadi bagian dari ebook ini. Diantara mereka adalah : Juminten Larasati, Inilah Diriku, Dian Nugraha, Dee Wardani, Veronica, Robi Krucil, Arie Dabo, Aniek Wijaya, Heri Pureness, Islandria Gobed, Kristi Swastiani dan Elma Marviani.

Konten EBook

Materi ebook ini merupakan 46 artikel pilihan di blog Curhatkita yang saya tulis selama 3 tahun (Oktober 2008 – Oktober 2011).

Segala hal yang saya alami, ketahui, pikirkan dan fahami tentang gangguan bipolar saya tuangkan dalam ebook.

Ada juga curhat dan artikel tentang bipolar dari beberapa teman ODB dan aktivis keswa yang menjadi bagian dari ebook ini.

Apa saja materi yang dibahas dalam ebook?

Ebook ini terdiri dari 5 bagian. Setiap bagian terdiri dari beberapa sub bagian tulisan dengan topik yang berbeda namun saling terkait. Dari mulai definisi, opini, curhat saya, curhat beberapa teman ODB dan keluarga ODB. Bagian akhir dari ebook ini menjelaskan beberapa solusi penanganan bipolar, baik solusi medis maupun alternatif.

Tentu saja ebook ini tidak menjelaskan segala hal dari A sampai Z tentang gangguan bipolar. Tidak juga bisa menjawab semua pertanyaan atau memberi solusi atas semua permasalahan tentang bipolar. Tak ada satu pun buku atau ebook yang bisa melakukan semua itu.

Tapi, paling tidak ebook ini bisa memberi sumbangan pemikiran dan pemahaman yang proporsional tentang apa dan bagaimana sebenarnya gangguan bipolar.

Anda mungkin tidak sependapat dengan apa yang saya paparkan dalam ebook ini. Itu wajar, karena gangguan bipolar baik penyebab, gejala, tipe dan karakteristik gangguannya sangat personal, kompleks dan multi faktor.

Gangguan bipolar yang saya alami mungkin berbeda dengan yang anda alami, baik penyebab, gejala maupun cara penanganannya. Terapi yang cocok untuk saya, belum tentu cocok untuk anda.

Tapi, dari perbedaan itulah kita bisa saling belajar, membandingkan dan akhirnya bersama-sama mencari solusi terbaik penanganan bipolar. Dari pembelajaran itu kita bisa berbagi dengan yang lain tentang segala hal yang terkait dengan bipolar.

Tema dan Format Tulisan yang Beragam

Artikel-artikel dalam ebook ini ditulis dengan bahasa keseharian yang sederhana dan mudah difahami oleh siapa saja.

Tema dan format tulisannya beragam. Selain membahas teori-teori tentang bipolar, juga menampilkan cerita pengalaman pribadi, cerita teman-teman ODB, cerita inspiratif, cerita cinta sampai catatan dan obrolan di facebook.

Salah satunya adalah cerita empat orang perempuan bipolar dengan latar belakang yang berbeda. Mereka menceritakan pengalaman bipolar dengan gaya bahasa masing-masing yang unik dan inspiratif.

Tak kalah menarik, pernyataan seorang bipolar tentang cinta :
“Mencintai seorang bipolar harus siap untuk memberi memberi dan memberi. Tidak ada take and give. Dan selalu bersiap mengoreksi hati. Saya Robi, dan saya Bipolar... :)))”

Ebook ini juga bukan hanya berisi deretan teks, tapi disertai ilustrasi-ilustrasi (gambar, lukisan, foto) yang menarik dan relevan.

Demikian sekilas mengenai ebook “Berdamai dengan Bipolar” yang akan segera rilis.

Bagaimana pendapat anda tentang ebook ini? Apakah anda berminat untuk memiliki ebook ini? Terima kasih jika anda berkenan menyampaikannya di komentar.

Jika menurut anda artikel ini cukup menarik dan bermanfaat silakan share di twitter atau facebook. Jika mau berlangganan artikel blog ini melalui email, silakan subscribe disini.

Tarjum adalah pendiri dan editor Curhatkita, Forum Curhat, Grup Teman Curhat dan Solusi Bipolar Facebook. Penulis buku psikomemoar "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah". Anda bisa kenal lebih dekat dengan Tarjum di sini dan ikuti Tarjum di Facebook dan Twitter.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 2 komentar ke “EBook tentang Gangguan Bipolar akan Rilis Januari 2012
Aditya Eka Prawira on Rabu, 21 Desember 2011 05.53.00 WIB mengatakan...

pengen ebook jadinya

Tarjum on Rabu, 21 Desember 2011 07.51.00 WIB mengatakan...

Aditya,
Ebooknya insya Allah akan rilis 2 Januari 2012.
Pemberitahuannya akan diposting di blog ini. Atau silakan tuliskan alamat email anda, nanti saat rilis ebooknya saya beritahu via email anda. :)

Poskan Komentar

Dengan menulis komentar, berarti jejak anda tersimpan di blog ini.

Buku & eBook: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook 4: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

Terpopuler Bulan Ini

 
 © Copyright 2008-2014 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial