Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Puasa dan Penyembuhan Problem Psikologis

    

Oleh : Tarjum

Menyambung tulisan sebelumnya berdujul Puasa dan Terapi Psikis, saya ingin menjelaskan lebih lanjut tentang manfaat puasa terhadap penyembuhan problem psikis. Sebelaumnya saya ingin menjelaskan tentang esensi puasa. Menurut para ulama dan ahli fiqih, ada tiga tingkatan orang yang berpuasaa, yaitu: puasa umum, puasa khusus dan puasa khususil khusus. Saya yakin anda sekalian sudah faham betul soal ini. Saya hanya ingin menjalaskan sekilas saja karena ada kaitannya dengan proses penyembuhan derita jiwa.

Puasa umum, puasa yang hanya menahan haus dan lapar saja. Sesuai namanya puasa inilah yang dijalankan oleh sebagian besar orang.

Puasa Khusus, puasa ini selain menahan lapar dan haus, juga menahan segenap panca indera (ucapan, pendengaran, penciuman, penglihatan dan peraba) dari hal-hal yang dilarang syariat agama. Puasa ini dilakukan oleh sedikit orang.

Puasa khususil khusus, puasa ini selain menahan lapar, haus dan menahan panca indera dari segala hal yang negatif, pikiran dan hatinya hanya tertuju kehaddirat-Nya. Pikiran dan hatinya terjaga dari hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai agama. Jadi orang yang mampu menjalankan puasa khususil khusus ini, jasad, panca indera, pikiran dan hatinya benar-benar berpuasa. Lebih sedikit lagi orang yang benar-benar mampu melakukan puasa ini.

Maaf, teman-teman saya bukan mau berceramah tentang ibadah puasa, karena memang saya bukan ustadz atau kyai yang memiliki pemahaman mendalam soal hukum-hukum agama. Saya hanya berusaha mencoba memahami sejauh mana pengaruh puasa terhadap pemulihan kondisi psikologis seseorang.

Jadi, jika kita mampu menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini dengan baik dan benar sesuai syariat islam (bukan sekedar menjalankan kewajiban ritual agama), saya yakin pengaruhnya akan sangat positif bagi penyembuhan derita jiwa. Saat berpuasa, tubuh, pikiran dan hati kita benar-benar hening dan jernih, hanya memikirkan hal-hal yang positif saja. Tak ada kesombongan, kebencian, dendam, iri, dengki, dan penyakit-penyakit hati lainnya yang tanpa disadari sering mengganggu ketenteraman jiwa.

Saat berpuasa kita melatih diri untuk berpikir, berkata, dan bertindak positif. Suasana bulan Ramadhan juga sangat mendukung, karena setiap orang berusaha untuk lebih banyak melakukan perbuatan (amalan) yang positif dan menghindari perbuatan negatif. Alangkah tenangnya jiwa kita jika mampu membebaskan diri dari segala jenis pikiran negatif, baik kepada diri sendiri, kepada orang lain dan yang terpenting kepada Tuhan. Kita hanya berpikir, berkata dan melakukan hal-hal yang positif dan selaras dengan nilai-nilai kebenaran.

Bagi teman-teman (muslim) yang sedang dalam proses penyembuhan derita psikis atau sedang menjalani terapi, jadikan puasa Ramadhan untuk menyempurnakan ikhtiar penyembuhan. Jalankan ibadah puasa dengan sepenuh hati segenap jiwa. Iringi dengan do’a yang tulus dan ikhlas. Lalu bertawakallah, serahkan dan kembalikan semuanya kepada Allah yang maha kuasa. Jika Allah berkehendak tak ada apa pun yang bisa menghalangi. Semoga Allah memberikan kesembuhan untuk anda sekalian, amin.

Artikel terkait :

Puasa dan Terapi Psikis

Terapi Alamiah Penanggulangan Manic Depressive/Gangguan Bipolar (1)

Terapi Farmakologi untuk Gangguan Bipolar

Terapi Fisik Mempercepat Proses Penyembuhan Bipolar

Blogging sebagai Alternatif Terapi Psikis





Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 0 komentar ke “Puasa dan Penyembuhan Problem Psikologis”

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial