Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Rekaman Suasana Hati di bulan Ramadhan

    

Diary Ramadhan (1)

Oleh : Tarjum

Catatan harian di bawah ini dan beberapa posting berikutnya, aku tulis beberapa tahun yang lalu saat aku masih berada dalam belenggu manic depressive sampai kondisi kejiwaanku manuju kesembuhan.

Sebenarnya aku tidak terlalu rajin menulis catatan harian, hanya pada saat-saat tertentu saja—yang aku anggap penting—biasanya aku menulis catatan harian. Beberapa catatan harian di bawah ini aku tulis saat aku sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan atau saat malam menjelang hari raya Idul Fitri.

Sebagian catatan harian ini menggambarkan suasana hatiku saat atau sesudah aku menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh, salah satu kewajibanku sebagai seorang muslim. Saat itu aku merasakan betul pengaruh positif ibadah puasa terhadap kondisi kejiwaanku. Puasa bagiku menjadi semacam terapi penyembuhan derita jiwa yang cukup ampuh.

Hikmah Puasa Ramadhan

Kebahagiaan yang tak dapat diukur dengan materi sebesar apa pun. Mungkin inilah yang namanya hikmah dan berkah ibadah puasa Rhamadhan. Mungkin juga inilah buah dari usaha kerasku selama bertahun-tahun. Tapi yang pasti semua ini merupakan kehendak Allah, yang telah mengabulkan doa-doaku serta do’a ayah dan ibuku.

Rasa percaya diri bagi orang lain mungkin bukan suatu yang istimewa, karena mereka tidak pernah kehilangannya. Tapi bagiku rasa percaya diri sungguh sangat berarti bahkan bernilai tinggi, bagian dari diriku yang sangat berharga.

Saat ini aku merasa seperti telah menemukan kembali diriku yang sekian lama hilang, tertimbun lumpur derita batin yang begitu dalam. Keyakinan dan rasa percaya diri mulai tumbuh subur, seperti pohon yang tersiram air hujan dan ditaburi pupuk. Jiwaku terasa lebih tenteram, tenang dan bahagia. Pikiranku lebih jernih dan terbuka dalam menyikapi beragam realitas kehidupan. Emosiku lebih terkendali. Harapan dan optimisme untuk mewujudkan cita-cita seakan terbuka lebar.

Meski demikian aku akui, aku belum sepenuhnya mampu mengendalikan pikiran, sikap dan tindakanku sendiri. Tapi aku yakin aku bisa mengatasinya. Aku berharap, semua ini merupakan modal untuk menjalani hidup yang lebih baik, mewujudkan harapan, cita-cita dan impian yang terputus di tengah jalan.


Subang, 11 Maret 1997


Artikel Terkait :

Puasa dan Penyembuhan Problem Psikologis

Puasa dan Terapi Psikis

Terapi Alamiah Penanggulangan Manic Depressive/Gangguan Bipolar (1)

Terapi Fisik Mempercepat Proses Penyembuhan Bipolar

Terapi Farmakologi untuk Gangguan Bipolar


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 3 komentar ke “Rekaman Suasana Hati di bulan Ramadhan”
harto on Selasa, 25 Agustus 2009 18.45.00 WIB mengatakan...

Jiwa di bina lewat Shaum, sholat, tilawah & sedekah, mendorong seseorang untuk senantiasa berada dalam kebaikan.

Selamat menunaikan ibadah shaum, mohon maaf lahir & bathin

Tarjum on Selasa, 25 Agustus 2009 19.38.00 WIB mengatakan...

Setuju Mas Harto, selamat shaum.

CerpenBaguzss on Kamis, 27 Agustus 2009 14.50.00 WIB mengatakan...

Catatan harian. Sukarno, Kuntowijoyo, Gur Dur, Jalaludin Rahmat, dan sederet nama orang-orang besar, memiliki diary. Sedikit banyak, Aku pun mulia mencontek dari mereka. Setelah 11 tahun perjalanan diaryku, kini aku berubah menjadi sebuah blog. Ditambah cinta yang mengiris relung hati. Kuharap ini menjadi bara semangat, untuk pujaanku, teman, keluarga, dan semua yang bicara. Kalau ada seseorang yang bilang semangatnya kini telah hilang, pantaslah untuknya takbir empat kali. Dari sekian banyak postingan dalam blog, tema yang ini paling menggugah. Salam kenal. Tetap berkarya!

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial