BUKU: 2 KUTUB

Buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal gangguan bipolar, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah buku “2 KUTUB: Perjalanan Menantang Di Antara Dua Kutub”.

Info Buku >> KLIK DISINI

Bagaimana Caranya Agar Ikhlas Menerima Ketetapan Tuhan?

    

Oleh Tarjum

Ada seorang teman bipolar yang bertanya, ”Bagaimana caranya supaya ihklas bahwa apa yang terjadi dengan kita adalah ketetapan dari yang di atas?”

Untuk ikhlas menerima ketetapan Tuhan, bagi manusia biasa seperti kita memang berat. Kalaupun ikhlas, kadar keikhlasan kita mungkin sangat tipis. Tapi kita bisa berusaha untuk menjadi orang yang ikhlas menerima ketetapan Tuhan. Karena apa pun yang terjadi pada kita adalah atas kehendaknya.

Saya juga tidak ikhlas ketika bipolar mendera saya. Namun saya berkeyakinan, pasti ada maksud Tuhan yang belum saya fahami. Pasti ada hikmah dibalik derita psikis yang saya alami. Tuhan tidak mungkin menimpakan kemalangan atau keberuntungan kepada hambanya tanpa hikmah dibaliknya. Saya selalu ingat pesan seorang kyai, “Jangan pernah berburuk sangka kepada-Nya, Berbaik sangkalah kepada-Nya.”

Jangan berpikir, “Saya sudah berusaha maksimal dan sudah berdo’a setiap saat, tapi Tuhan tidak juga mengabulkan do’a saya, tidak juga menyembuhkan penyakit saya, Tuhan tidak adil dan tidak sayang pada saya.”

Itu hanya prasangka buruk anda kepada Tuhan kerena ketidaktahuan anda akan rencana-Nya. Kalau do’a anda belum juga dikabulkan, bukan berarti Tuhan tak mendengar, tapi mungkin belum saatnya do’a anda dikabulkan. Tuhan maha tahu apa yang terbaik untuk hambanya.

Namun anda tak bisa hanya berdiam diri menunggu keadaan berubah, anda yang harus berusaha maksimal mengubah kondisi psikis anda, dengan segala daya yang telah Tuhan berikan, dengan segala kemampuan dan fasilitas yang anda miliki. Yakinkan diri bahwa Tuhan akan menolong anda. Tentu saja pertolongan Tuhan tak akan turun begitu saja dari langit, tapi harus ada jalannya, yaitu ikhtiar anda. Apakah ikhtiar anda sudah maksimal? Kalau belum tingkatkan ikhtiarnya. Kalau merasa sudah maksimal, berserah diri dan bertawakallah kepada-Nya.

Mengontrol perubahan mood memang tak mudah. Tapi anda bisa berusaha menstabilkan mood itu secara bertahap melalui terapi dan pengobatan. Semua terapi harus dijalankan serampak dan saling mendukung satu sama lain. Misalnya : anda minum obat moodstab sesuai petunjuk psikiater secara teratur, melakukan aktivitas fisik (olah raga) rutin dan disiplin, membaca buku-buku yang mendukung, tidak menutup diri dari lingkungan pergaulan, lalu disaat hening anda menghadap kepada-Nya memncurahkan isi hati dan memohon pertolongannya. Disiplin diri yang tinggi sangat penting di sini.

Semua aktivitas itu harus anda jalani dengan tekun, sabar, disiplin dan antusias. Dengan tujuan yang jelas dan terukur, anda ingin merubah keadaan, memperbaiki diri dan meraih kesembuhan.

Jangan berpikir terlalu jauh atau merasa psimis, “Sampai kapan saya harus menjalani kondisi psikis seperti ini? Berapa lama saya bisa sembuh?”

Jalani saja prosesnya setahap demi setahap dan monitor hasilnya. Syukuri jika ada perubahan positif yang anda rasakan, sekecil apa pun itu. Tuhan berjanji jika kita mensyukuri nikamat-Nya, Tuhan akan menambah nikmat-Nya untuk kita.

Disaat-saat tertentu mungkin anda merasa seakan berjalan ditempat atau melangkah mundur bahkan terjatuh. Tak usah kecil hati, itu hal yang wajar dalam perjalanan mencapai sebuah tujuan. Jangan berhenti, bangkitlah! Teruslah melangkah dan lanjutkan perjuangan anda! Lanjutkan hidup anda dan jangan pernah menyerah!

Tuhan melihat usaha anda dan mendengar suara hati anda.
Semoga Tuhan menunjukan jalan terbaik dan memberi kekuatan kepada anda.

Apakah anda punya pengalaman menarik dalam mengatasi problem psikologis? Silakan berbagi di komentar.

Jika menurut anda artikel ini cukup menarik dan bermanfaat silakan share di twitter atau facebook. Jika mau berlangganan artikel blog ini melalui email, silakan subscribe disini.

Tarjum adalah pendiri dan editor Curhatkita, Forum Curhat, Grup Teman Curhat dan Solusi Bipolar Facebook. Penulis buku psikomemoar "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah". Anda bisa kenal lebih dekat dengan Tarjum di sini dan ikuti Tarjum di Facebook dan Twitter.

Gambar Ilustrasi oleh Anto Sg


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 3 komentar ke “Bagaimana Caranya Agar Ikhlas Menerima Ketetapan Tuhan?
awani on Jumat, 29 Juli 2011 pukul 21.06.00 WIB mengatakan...

ikhlas ini susah susah gampang namun kita harus dapat melaksanakannya dengan ikhlas nah lo

Unknown on Rabu, 21 Oktober 2015 pukul 14.18.00 WIB mengatakan...

Saya salut sama mas tarjum, saya juga menderita bipolar. Tapi entah dengan diagnose para psikiater. saya gak tahu apa memang bipolar, atau skizofren dlsb. Kakak saya tertua saya perempuan juga telah lama mengidap ini, sejak saya masuk sma. Sampai sekarang saya belum juga bisa menghadapi ini semua. berulangkali saya masuk atau 'dijebloskan' ke rsj atau panti, itu semua malah membuat dendam kepada semuanya. saya gak tau menyikapi ini semua. sering saya putus asa, sedih mendalam di rumah kala kakak saya 'kumat' mengoceh dan membuat kesal orang serumah. salam kenal mas tarjum, saya juga menghadiri acara ultah bci, dan kadang main ke kpsi. sebagai penderita juga mungkin caregiver kakak saya, atau apalah terkadang keadaan terasa nol kosong kembali, entah mau gimana dgn hidup ini....

Tarjum Sahmad on Rabu, 21 Oktober 2015 pukul 18.32.00 WIB mengatakan...

Mas Fairuz, proses penyembuhan gangguan psikis memang tak mudah dan butuh kesabaran. Namun, kita hanya bisa ikhtiar semampu kita, selebihnya kembalikan segala urusan kepada-Nya. Karena apa pun yang terjadi kepada kita adalah atas kehendaknya. ada hikmah dibalik semua yang kita alami.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

Tiga Serangkai eBook Bipolar

3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.
eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial