Tiga Serangkai eBook Bipolar
3 eBook Bipolar ini ditulis berdasarkan pengalaman nyata penulisnya. Mengupas secara detail dan sistematis dari gejala awal, saat berada di puncak manik dan depresi, sampai langkah-langkah pemulihannya. Inilah ebooknya : "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah”, “Berdamai dengan Bipolar” dan “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”.

Gangguan Bipolar dan Skizofrenia Bisa 'Sembuh Total'!

    

Oleh Tarjum

Judul artikel di atas mungkin akan mengundang kontroversi.

Ada yang setuju, ada yang tidak setuju!

Mungkin lebih banyak yang tidak setuju. Mengapa?

Sampai saat ini masih diyakini bahwa Gangguan Bipolar dan Skizofrenia belum bisa disembuhkan namun bisa dikontrol.

Lalu apa dasarnya saya menulis judul yang kontroversial di atas?
Apakah hanya untuk menarik perhatian pembaca?
Ataukah hanya untuk mengundang polemik dan perdebatan?

Bukan! Bukan itu maksud saya!

Mohon dibaca artikel ini sampai selesai agar tidak salah faham. Begini maksud saya.

Banyak pencapaian ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita nikmati saat ini, beberapa dekade yang lalu dianggap hal yang mustahil.

Demikian pula kemajuan dan penemuan-penemuan baru di dunia medis, menunjukan pencapaian yang luar biasa.

Berpikri Positif dan Optimis

Jika saat ini kita masih menganggap bahwa Gangguan Bipolar dan Skizofrenia belum bisa disembuhkan dan hanya bisa dikontrol, bagaimana kalau kita berpikir positif dan optimis bahwa beberapa tahun ke depan, kedua jenis gangguan jiwa yang tergolong kronis ini bisa disembuhkan atau dipulihkan secara total.

Bukan mustahil beberapa tahun ke depan para ahli, praktisi, aktivis, professional dan pakar kesehatan jiwa yang sekarang sedang bekerja keras mengadakan penelitian, akan menemukan obat terbaik dan metode terapi paling efektif yang bisa menyembuhkan kedua jenis gangguan jiwa ini.

Tujuan yang Jelas dan Spesifik

Para motivator dan pelatih sukses mengatakan, jika kita ingin sukses di bidang apa pun, pertama-tama kita harus punya tujuan yang jelas dan spesifik.

Setelah tujuan ditetapkan dan jalan dipetakan, selanjutnya kita harus melangkah ke arah tujuan itu. Fokus pada tujuan yang sudah kita tetapkan melalui jalan yang sudah kita petakan.

Dalam kaitanya dengan usaha-usaha mencari dan menemukan metode terapi dan pengobatan terbaik untuk pemulihan Bipolar dan Skizofrenia, kita juga harus punya tujuan yang jelas dan spesifik.

Misalnya, bagaimana kalau kita tetapkan tujuan : Penyembuhan Total Gangguan Bipolar dan Skizofrenia.

Setelah kita tetapkan tujuan, selanjutnya kita mulai fokus melangkah ke arah tujuan itu. Kita melangkah bersama, saling mendukung, saling mengisi dan bahu-membahu mencari, meneliti dan menemukan obat, metode pengobatan dan metode terapi terbaik untuk menangani Bipolar dan Skizofrenia.

Bukan Sesuatu yang Mustahil

Apakah tujuan ini terlalu berlebihan, muluk-muluk atau bahkan sesuatu yang mustahil?

Mungkin ya! Jika tolok ukurnya adalah situasi dan kondisi penanganan gangguan jiwa saat ini.

Tapi, seperti yang saya jelaskan di atas, banyak hal yang dulu dianggap mustahil, saat ini sudah terwujud menjadi kenyataan.

Nah, begitu pula dengan upaya-upaya pengobatan Bipolar dan Skizofrenia, sangat mungkin apa yang saat ini dianggap mustahil, suatu saat nanti bisa diwujudkan menjadi kenyataan.

Seperti judul tulisan ini, sangat mungkin beberapa tahun ke depan “Gangguan Bipolar dan Skizofrenia Bisa Sembuh atau pulih Total”.

Dunia yang Gelap Tanpa ‘Lampu Pijar’

Ibaratnya, saat ini kita sedang berada di jaman kegelapan karena lampu pijar belum ditemukan. Saat Thomas Alva Edison masih berjibaku dengan ribuan kegagalanya menemukan formula paling tepat untuk menciptakan bola lampu pijarnya.

Ketika bola lampu itu berhasil diciptakan, bukan hanya bisa mengubah dunia yang gelap gulita menjadi terang benderang, namun memicu penemuan-penemuan besar lainnya yang mengubah dunia.

Mungkin usaha-usaha kita saat ini banyak menemui kegagalan. Kita belum berhasil menemukan formula paling tepat untuk pengobatan Bipolar dan Skizofrenia.

Jika suatu saat formula itu ditemukan, kita berharap bukan hanya dunia kesehatan jiwa yang akan menjadi terang benderang, namun akan memicu penemuan-penemuan besar lain yang akan mengubah dunia.

Karena yang sedang kita pelajari dan kita teliti saat ini bukan sebuah alat atau benda. Tetapi sesuatu yang tak ternilai, yaitu jiwa manusia, inti dari kehidupan di dunia ini.

Jadi, jangan pernah berhenti berharap dan berusaha untuk menemukan formula terbaik penyembuhan Bipolar dan Skizofrenia.

Yakinkah anda bahwa suatu saat nanti Gangguan Bipolar dan Skizofrenia bisa sembuh atau pulih total? Silakan sampaikan di komentar.

Jika menurut anda artikel ini cukup menarik dan bermanfaat silakan share di twitter atau facebook. Jika mau berlangganan artikel blog ini melalui email, silakan subscribe disini.

Tarjum adalah pendiri dan editor Curhatkita, Forum Curhat, Grup Teman Curhat dan Solusi Bipolar Facebook. Penulis buku psikomemoar "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah". Anda bisa kenal lebih dekat dengan Tarjum di sini dan ikuti Tarjum di Facebook dan Twitter.


Bookmark and Promote!



Artikel Terkait:

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.

Komentar :

ada 10 komentar ke “Gangguan Bipolar dan Skizofrenia Bisa 'Sembuh Total'!
Chandra B. on Senin, 10 Oktober 2011 11.30.00 WIB mengatakan...

nice post mas tarjum. kalo ditanya mungkinkah bisa sembuh total, mungkin bisa dengan biaya yang memadai. misalnya dengan operasi syaraf atau prosedur apapun yang nanti ditemukan dalam dunia medis.

tapi psikiater saya (dan mungkin semua psikiater lainnya) selalu meyakinkan pasiennya bakal bisa sembuh. waktu saya telat konsul dan kehabisan obat, dan melewati waktu-waktu yang bagai mimpi buruk tanpa bisa istirahat, dokter sangat baik mau melayani saya walaupun hari itu hari libur. dia bilang, "kau bukan ketergantungan obat, tapi itu berarti kau belum sembuh!" hehe. dokter saya emang orangnya blak-blakan. selalu memberi semangat. dan itulah yang terpenting: semangat untuk sembuh. =]

Tarjum on Senin, 10 Oktober 2011 12.00.00 WIB mengatakan...

@Chandra B,
Tak ada yang tak mungkin di dunia ini. Kita berharap ke depan akan ditemukan obat atau metode terapi terbaik untuk penyembuhan Bipolar dan Skizofrenia.

Seperti kata anda, semangat untuk sembuh itu penting. Semangat akan menuntun kita untuk menemukan jalan atau solusi penyembuhan.

Psikiater dan profesional keswa harus menjadi sahabat para ODMK, karena mereka memahami kondisi kita, bahkan dibanding diri kita sendiri.

karya guna ALOEMNI on Selasa, 11 Oktober 2011 14.59.00 WIB mengatakan...

ass wr wb Salam, kenal yach kunjungi blog saya tentang kisah guru yang skizofrenia di www.mavproduction26.blogspot.com

raiza faisal on Senin, 12 Desember 2011 17.48.00 WIB mengatakan...

boleh saya copy ke blog saya?

Tarjum on Senin, 12 Desember 2011 17.53.00 WIB mengatakan...

Silakan Raiza, asal dicantumkan sumbernya :)

Anonim mengatakan...

Allah menurunkan penyakit dengan obatnya sekaligus, tugas manusia mencari obat itu pastinya harus halal&ilmiah
Sebagian ada yg sudah diketahui dan tentu saja yg belum diketahui lebih banyak
Yg jelas:..... “Dan apabila aku sakit, DIA-lah Yang menyembuhkan aku.” (QS. As-Syu’araa, 26 : 80) :-)

putra.GUMALA on Kamis, 01 Maret 2012 08.05.00 WIB mengatakan...

bagus sekali, karakter optimis dan keyakinan akan pertolongan Allah membuat segalanya jadi mungkin. bukankah allah telah berfirman yg artinya :
" Aku adalah bagamana sangkaan hambaKu kepada Ku "

maka bersangka baiklah kepada allah semoga allah memberikan hidayah dan pertolongannya kepada kita semua

Tarjum on Kamis, 01 Maret 2012 18.52.00 WIB mengatakan...

@putra Gumala,
Saya suka sekali dengan pernyataan ini, "Jangan pernah berburuk sangka kapada-Nya" Karena Allah bagaimana sangkaan kita pada-Nya. Artinya dalam segala hal kita harus berpikir positif dan optimis. karena tak ada yang tak mungkin jika allah berkehendak.

Anonim mengatakan...

Chandra B.
Maaf sebelumnya, kamu penderita penyakit tersebut diatas.. Bgmana ciri dari penyakit tersebut diatas dan bgmanb cara anda dapat sembuh total dari penyakit itu. Tks

Anonim mengatakan...

Saya terharu dan bersyukur... masih ada masyarakat yang optimis terhadap kesembuhan Schizofrenia. lebih 10 tahun kami berdoa dan berusaha untuk salah satu anggota keluarga, kami menjadi merasa tidak sendiri dalam berjuang. Terimakasih pak Tarjum. Memang jatuh bangun dalam usaha yang amat keras dalam mendampinginya. sampai saat ini masih terpohonkan agar ada peneliti yang terus bekerja tekun seperti Thomas alfa eddyson, dengan harapan sebelum tertutup mata ini bisa melihat kesembuhan total bagi penderita schizifrenia/bipolar. semoga Tuhan terus menggerakkan hati para dokter dan peneliti serta memberkati perjuangan mereka tuk upaya besar ini, sehingga harapan baru menjadi nyata.

Posting Komentar

Sampaikan komentar terbaik anda di kolom komentar :)

eBook 1: "Mengubah Mimpi Buruk Menjadi Mimpi Indah"

Buku psikomoar ini bercerita tentang pergumulan saya selama bertahun-tahun dengan gangguan jiwa yang tidak saya fahami dan membuat saya bertanya-tanya, “Apa yang terjadi dengan diri saya? Penyakit apa yang saya alami? Bagaimana cara mengatasinya?” Ironisnya, saya baru tahu apa yang terjadi dengan diri saya, 8 tahun setelah saya pulih, bahwa saya mengalami Gangguan Bipolar. [Selengkapnya]




eBook 2: "Berdamai Dengan Bipolar"

Bagaimana mengenali dan mengatasi Gangguan Bipolar?
Bagaimana menanggapi sikap negatif orang-orang di sekitar anda?
Bagaimana mendampingi orang yang mengalami Gangguan Bipolar? eBook ini memberi jawaban dan solusi alternatif penanganan Bipolar. [Selengkapnya]



eBook 3: “7 Langkah Alternatif Pemulihan Bipolar”

eBook ini merupakan inti dari pengalaman dan pemahaman bipolar saya. Inti dari tulisan-tulisan saya di buku, ebook, blog, facebook, twitter dan media lainnya. eBook ini bukan teori-teori tentang gangguan bipolar! Bukan formula ajaib untuk mengatasi gangguan bipolar! eBook ini tentang tindakan, langkah-langkah penanganan bipolar. [Selengkapnya]


eBook Novel: “Pengorbanan Cinta”

Novel ini bukan sekedar kisah cinta yang romantis dengan segala macam konflik di dalamnya. Saya berani menyebut novel ini sebagai “Buku Pelajaran Cinta”. Beda dengan buku pelajaran pada umumnya, Buku Pelajaran Cinta ini tak membosankan, malah sangat mengasyikan dibaca. Setelah mulai membaca, jamin Anda tak ingin berhenti dan ingin terus membacanya sampai akhir cerita. [Selengkapnya]



eBook Panduan: “7 Langkah Mudah Menyusun & Memasarkan eBook”

Jika dikemas dengan desain cover yang apik dan diberi judul yang manarik, kumpulan posting blog atau catatan facebook anda bisa disusun menjadi sebuah ebook yang akan memikat pembaca di ranah maya. Selanjutnya ebook anda tinggal dipasarkan secara online.
[Selengkapnya]

 
 © Copyright 2016 Curhatkita Media  template by Blogspottutorial